Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Keutamaan Sholat Tarawih Malam Kedelapan, Setara Anugerah Nabi Ibrahim

Arena Parfum

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang hanya bisa dilakukan di bulan Ramadan. Hukum sholat tarawih di bulan Ramadan berdasarkan penjelasan ulama adalah sunnah muakkad.

Meski ibadah sunnah, banyak umat muslim yang berlomba-lomba dalam menunaikan ibadah sholat tarawih untuk mendapatkan pahala. Bahkan, setiap malamnya sholat tarawih memiliki keutamaan masing-masing, termasuk keutamaan sholat tarawih malam kedelapan.

Sebagaimana yang kita ketahui, ibadah sunnah adalah amalan yang dilaksakan akan mendapatkan pahala dan jika tidak dilaksanakan maka tidak akan mendapatkan dosa.

Baik pelaksanaannya secara jamaah juga disunnahkan, sesuai pendapat Imam Nawawi di dalam kitabnya Al-Majmu’ mengutip penulis kitab Asy-Syamil yang berbunyi, “Berkata Abul-Abbas dan Abu Ishaq, “Sholat tarawih dengan berjamaah itu lebih afdhal daripada sholat tarawih sendirian, karena sudah disepakati oleh sahabat dan para ulama.”

Keutamaan sholat tarawih malam kedelapan

وَفِى اللَّيْلَةِ الثَّامِنَةِ اَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى مَا اَعْطَى اِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ

Artinya: Pada malam kedelapan, Allah memberi anugerah sebagaimana anugerah yang telah diberikan kepada Nabi Ibrahim.

Perlu diketahui, anugerah yang diberikan kepada Nabi Ibrahim A.S. begitu besarnya. Anugerah mukjizat yang datang dari Allah SWT.

Salah satunya adalah yang diabadikan dalam ayat suci Al-Qur'an. Mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim adalah tubuh dan pakaian yang masih utuh karena tidak mempan terbakar oleh api yang membara.

قُلْنَا يَا نَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ

Qulnā yā nāru kụnī bardaw wa salāman 'alā ibrāhīm

Artinya: “Kami (Allah) berfirman, ‘Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!” (QS. Al-Anbiya' ayat 69)

Selain itu, ada mukjizat lain yang diberikan kepada Nabi Ibrahim A.S. berupa kemampuan dapat menghidupkan burung yang telah mati.

Al-qur’an surat Al-baqoroh ayat 260 Allah SWT Berfirman :

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِيْ كَيْفَ تُحْيِ الْمَوْتٰىۗ قَالَ اَوَلَمْ تُؤْمِنْ ۗقَالَ بَلٰى وَلٰكِنْ لِّيَطْمَىِٕنَّ قَلْبِيْ ۗقَالَ فَخُذْ اَرْبَعَةً مِّنَ الطَّيْرِفَصُرْهُنَّ اِلَيْكَ ثُمَّ اجْعَلْ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنْهُنَّ جُزْءًا ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِيْنَكَ سَعْيًا ۗوَاعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌحَكِيْمٌ ࣖ

Artinya : “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati.” Allah berfirman, “Apakah kamu tidak beriman?” Ibrahim menjawab, “Tentu saja, tetapi aku memohon agar hatiku menjadi tenang.” Allah berfirman, “Maka ambillah empat burung, kemudian potong-potonglah mereka, campurkanlah dan letakkanlah pada setiap puncak gunung, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang dengan segera kepadamu dengan berlomba-lomba. Dan ketahuilah, sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Demikian keutamaan sholat tarawih malam kedelapan. Semoga bermanfaat.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.