Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Rekomendasi Pantai Instagramable di Tulungagung, Ada yang Memiliki Laguna

Wisata Pantai Tulungagung memiliki keindahan dan panorama yang cantik. Deburan ombak dan batu karangnya begitu mengagumkan. Seolah seperti surga yang tersembunyi.

Daftar wisata Pantai Tulungagung ini bisa menjadi refrensi Anda ketika ingin berlibur. Karena, tak hanya indah, ada pantai instagramable di Tulungagung yang cocok dijadikan tempat mengambil foto untuk diupload di sosial media.

Kabupaten Tulungagung memiliki wisata pantai yang cukup banyak. Lokasinya yang berada di kawasan pesisir selatan Jawa menjadikan pantainya eksotis dengan deburan ombaknya.

Kawasan pantai selatan Pulau Jawa terkenal eksotis dan indah. Kebanyakan masih alami dan belum terjamah industri yang menyebabkan polusi air dan udara.

Kendati demikian, tidak direkomendasikan berenang di pantai kawasan selatan Pulau Jawa. Alasannya ombaknya besar dan beberapa pantai memiliki anak palung yang membahayakan keselamatan.

Anda tetap bisa menikmati keindahannya tanpa harus berenang. Bisa sekedar berjalan menyusuri pantai dan sesekali merendam kaki di bibir pantai dangkal untuk merasakan deburan ombak.

Daftar Wisata Pantai Tulungagung

1. Pantai Kedung Tumpang

[caption id="attachment_26597" align=alignnone width=1080] Pantai Kedung Tumpang/Foto: @gavinahsa (Instagram)[/caption]

Pantai Kedung Tumpang terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban. Pantai ini dikenal dengan salah satu pantai dengan adanya karang-karang dan tebing yang terjal yang dapat menjadi keuntukan tersendiri yang menarik perhatian wisatawan.

Biasanya, pengunjung mengambil foto dengan latar belakang pantai dan batu karangnya yang megah.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat lagunan (cekungan seperti kolam) yang berada di tengah bebatuan karang. Karena tak terlalu dalam dan terpisah dari laut lepas, pengunjung bisa berenang di lagunan ini. Namun disarankan tetap berhati-hati.

Penduduk setempat menyebut lagunan ini sebagai kedung, sebutan dalam bahasa jawa cekungan yang terisi air cukup banyak.

Di pantai ini, pengunjung juga bisa membuat kemah di pinggiran pantai. Di sekitaran tempat parkir terdapat tanah yang cukup lapang.

Saat berkemah di Pantai Kedung Tumpang, Anda akan merasakan nuansa alam yang begitu terasa. Tempatnya yang masih asri membuat pengalaman kemah Anda begitu menyenangkan.

2. Pantai Sanggar

[caption id="attachment_26598" align=alignnone width=1080] Pantai Sanggar/Foto: @ntanputrii_28 (Instagram)[/caption]

Pantai Sanggar berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung. Pantai ini berada di balik pegunungan dan hutan-hutan. Pantainya berbentuk teluk yang indah.

Suasana eksotis begitu terasa di Pantai Sanggar. Pasirnya yang berwarna putih dan di sekelilingnya dipenuhi rimbunnya hutan-hutan membuat pantai ini seperti surga yang tersembunyi.

Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat tebing yang tak terlalu tinggi. Seolah-olah ketika masuk di area pantai Anda terasa masuk ke dunia fiksi.

Pantainya masih asri dan ekosistem baharinya masih terjaga. Hal itu dapat diketahui dari banyaknya binatang laut Bulu Babi yang banyak hidup di perairannya.

Di sana juga telah tersedia tempat untuk mendirikan tenda. Anda bisa menikmati pantai yang eksotis dan suasana yang menenangkan dengan berkemah. Jika cuaca sedang cerah, bintang-bintang akan menemani malam Anda di pantai ini.

Selain itu, Anda bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset. Menjadikan suasana kemah yang menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan.

Untuk masuk ke Pantai Sanggar pengunjung belum ditarik tiket masuk. Jadi, Anda saat berkunjung ke sini hanya perlu menyiapkan ongkos perjalanan. Sama bawa bekal sendiri karena di pantai ini belum terlalu banyak penjual makanan.

3. Pantai Sine

[caption id="attachment_26599" align=alignnone width=1063] Pantai Sine/Foto: @retnopratiw (Instagram)[/caption]

Pantai Sine merupakan salah satu pantai yang terkenal dan instagramable di Tulungagung. Karena, pantai ini memiliki pemandangan yang mempesona dan telah dikelola dengan baik.

Lokasinya berada di Dusun Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir. Untuk menikmati keindahan pantai ini, pengunjung hanya dimintai tiket masuk sebesar Rp. 10.000.

Pengunjung dapat betah berada di pantai ini. Karena, selain pemandangannya yang indah, di pantai ini juga terdapat fasilitas umum yang memadai. Tak ayal banyak pengunjung setiap musim liburan.

Pantai Sine dikelilingi oleh tebing-tebing dan hutan lindung yang asri. Hijaunya pepohonan membuat pemandangan di pantai ini semakin eksotis. Serta, pasirnya yang lembut membuat Anda betah untuk berjalan-jalan di pantai ini.

Pantai ini juga salah satu spot untuk melihat sunrise. Keindahan saat sunrise membuat pantai ini hits dikalangan remaja, terutama penggemar foto landscape.

4. Pantai Coro

[caption id="attachment_26600" align=alignnone width=1080] Pantai Coro/Foto: @Indry_P Sari (Instagram)[/caption]

Pantai Coro merupakan salah satu pantai yang menyuguhkan keindahan terumbu karang di Tulungagung. Lokasinya berada di Dusun Reco Sewu, Desa Besole, Kecamatan Besuki.

Pantai ini memiliki spot foto yang instagramable. Megahnya batu karang dan deburan ombak sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Kindahan pantai yang diselimuti semilir angin yang lembut membuat suasan di Pantai Coro begitu nyaman. Rasanya betah berlama-lama di pantai ini.

Sembari menikmati keindahan pantai, Anda bisa berjalan-jalan di atas pasir dan merasakan lembutnya pasir menyentuh kaki Anda.

Untuk tiket masuknya hanya dibandrol harga Rp. 5000 saja. Serta biaya parkir Rp. 5000 untuk roda dua dan Rp. 10.000 untuk roda empat.

5. Pantai Molang

[caption id="attachment_26602" align=alignnone width=1032] Pantai Molang/Foto: @melyaamaharani[/caption]

Pantai Molang merupakan destinasi wisata baru di Tulunggagung dan masih jarang dikunjungi. Sehungga, pantainya masih bersih dan alami belum terlalu dijamah oleh manusia.

Selain itu, jika Anda suka berpetualang dan ingin merasakan suasana pantai yang alami bisa berkunjung ke pantai ini. Karena, Pantai Molang berada di balik kawasan perkebunan, dan pegunungan Pucang Laban.

Perjalanan ke pantai ini cukup sulit dan menguras tenaga. Beberapa jalannya sangat curam. Sehingga Anda harus berhati-hati dan menyiapkan kondisi kendaraan serta fisik yang prima.

Saat sudah sampai di pantai, rasa capek di perjalanan terbayar lunas. Begitu sudah sampai di pantai, Anda akan di sambut dengan air laut yang bening dimana memberi efek warna hijau kebiruan.

Belum lagi dengan pasir putih dan tebing yang membuat tempat ini begitu indah dan mempesona. Pantai ini seperti surga yang tersembunyi.

Selain itu, di tempat ini banyak spot foto yang instagramable. Jadi, sembari menikmati keindahan pantai ini, Anda bisa berfoto-foto ria untuk mengabadikan momen liburan bersama orang tercinta.

Yang paling menarik, untun menikmati keindahan pantai Anda tidak perlu membayar tiket masuk.

Anda bisa memasukan Pantai Molang di daftar wisata pantai Tulungagung yang akan dikunjungi. Ajak keluarga atau orang tercinta untuk bersama-sama menikmati keindahannya.

6. Pantai Gemah

[caption id="attachment_26603" align=alignnone width=1080] Pantai Gemah/Foto: Imelda Imel (Instagram)[/caption]

Pantai Gemah terletak di sekitar Jalur Lintas Selatan, Desa Soreng, Kecamatan Besuki, Tulungagung.

Pantai ini menjadi salah satu wisata yang ramai dibicarakan oleh para wisatawan san pecinta alam karena keindahan dan kemegahannya.

Selain itu, pantai yang berada di Tulunggagung ini menyuguhkan panorama laut biru yang dipadukan dengan jernihnya air.

Pantai Gemah bisa dikatakan salah satu wisata pantai yang belum lama dibuka di Tulungagung. Sehingga, pantainya masih asri dan bersih karena belum lama dijamah manusia.

Tidak hanya suguhkan panorama dengan paduan yang sesuai saja, tetapi Anda juga dapat bermain pasir putih sepuasnya.

Pantai ini juga memiliku spot foto yang instagramable dan cantik. Serta, menjadi tempat yang bagus untuk melihat sunrise dan sunset.

Tiket masuknya juga sangat ramah di kantong. Cukup membayar Rp. 5000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai.

7. Pantai Popoh

[caption id="attachment_26604" align=alignnone width=1080] Pantai Popoh/Foto: @Mysayfudin[/caption]

Wisata Pantai di Tulungagung selanjutnya yaitu Pantai Popoh. Pantai Popoh terletak di Jln. Raya Pantai Prigi, Dusun Watulimo, Desa Popoh, Kecamatan Besuki, Tulungangung.

Keindahan Pantai Popoh tidak hanya dikenal wisatawan lokal saja, melainkan hingga wisatawan mancanegara.

Biaya tiket masuk wisata sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 3.000 hingga Rp. 10.000 saja.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan tebing yang indah. Dengan deburan ombak yang bisa membuat kagum siapapun.

Saat yang tepat untuk berkunjung di pantai ini pada menjelang matahari tenggelam. Warna senja disore hari menghiasi langit.
Cahayanya yang memantul di air seolah-olah sedang berada di lautan emas. Kilaunya begitu indah dan membuat betah berlama-lama menikmati langit senja.

Jika Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan ritual tradisional yang dilakukan pada hari-hari tertentu.

Wisatawan diperbolehkan untuk melihat secara langsung tanpa biaya tambahan. Wisatawan juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi kawasan perairan Pantai Popoh.

8. Pantai Lumbung

[caption id="attachment_26605" align=alignnone width=1080] Pantai Lumbung/Foto: @Lailanur_s (Instagram)[/caption]

Pantai Lumbung menjadi rekomendasi wisata pantai di Tulungagung yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Karena, tempatnya yang indah dan cocok sebagai tempat berlibur.

Wisata pantai ini berada di Desa Pucanglaban Kecamatan Pucanglaban.

Saat sampai di lokasi, Anda akan disambut deburan ombak dengan hembusan angin semilir. Dengan warna pasir kecoklatan dengan bentangan tebing yang indah.

9. Pantai Dlodo

[caption id="attachment_26606" align=alignnone width=1080] Pantai Dlodo/Foto: @Lefi_irdhiy (Instagram)[/caption]

Pantai Dlodo merupakan salah satu pantai di Tulungagung yang terkenal akan ciri khas air payaunya. Salah satu daya tarik yang membedakan pantai ini dengan lainnya yaitu adanya aliran sungai air payau yang membuat semakin indah dan khas.

Di pantai ini terdapat padang pasir yang begitu terkenal. Terhampar pasir putih kekuningan yang indah mempesona.

Padang pasir ini yang menjadi daya tarik karena begitu luas, kurang lebih membentang sepanjang 2000 meter. Tempatnya instagramable dan cocok dijadikan latar foto dan video. Beberapa kali padang pasir ini dijadikan tempat foto pre-wedding.

Di pantai ini juga terdapat Gumum Pasir (Sand Dune), yang merupakan sebuah sebuah fenomena alam karena proses angin yang biasanya disebut bentang alam eolean atau Eolean Morpology.

Hembusan angin membawa pasir dan mengumpulkannya menjadi satu. Sehingga akan membentuk berbagai macam tipe dan bentuk dari gumuk pasir. Memang gumuk pasir di Pantai Dlodo menjadi ciri khas yang jarang sekali dimiliki oleh pantai-pantai lainnya.

Yang membuat pantai ini eksotis letaknya di balik perpukitan dan hutan-hutan. Seperti surga yang tersembunyi.

Jika Anda tertarik untuk berlibur di pantai ini ada di Desa Panggungkalak Kecamatan Pucang Laban.

10. Pantai Dadap

[caption id="attachment_26607" align=alignnone width=1080] Pantai Dadap/Foto: @Im_Widodo (Instagram)[/caption]

Satu lagi pantai di Tulungagung yang masih terbilang baru dan belum banyak terjamah oleh para wisatawan adalah pantai Dadap.

Pantai Dadap merupakan sebuah pantai yang berlokasi si Desa Gerbo Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung.

Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah pemandangan alam yang masih sangat asri dan segar.

Pantai Dadap juga tergolong wisata pantai yang baru dibuka. Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhkan pemandangan indah bebatuan yang dikelilingi hamparan pasir.

11. Pantai Sidem

[caption id="attachment_26608" align=alignnone width=1080] Pantai Sidem/Foto: @anggun_khusnul (Instagram)[/caption]

Pantai Sidem berada di Desa Besole Kecamatan Basuki. Di pantai ini banyak ditemui pohon kelapa di pinggirannya.

Suasana pantai tropis begitu terasa di pantai ini. Dedaunan pohon kelapa yang bergoyang-goyang diterpa semilir angin membuat suasana yang menenangkan. Sesekali suara deburan ombak mengiringi liburan Anda di pantai ini.

Selain itu, terdapat gugusan batu karang yang terhampar luasnya. Tempat ini menjadi rekomendasi foto instagramable di Pantai Sidem.

Pantai ini cukup ikonik di kalangan wisatawan regional. Namanya cukup terkenal dan ramai dikunjungi saat musim liburan.

Di pantai Sidem juga terdapat spot foto instagramable. Pemandangan pantai yang indah membuat Anda betah untuk mengeksplore pantai ini.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *