Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

5 Jenis Pohon Bambu yang Rekomended untuk Ditanam agar Rumah Semakin Indah

Arena Parfum

Kabar Trenggalek - Demi membuat rumah cantik akan melakukan banyak usaha, termasuk ditanami pohon bambu di sekitar rumah. Memilih pohon bambu sendiri sebagai tanaman hias rumah bukan pilihan salah. Karena bambu akan membawa kesan alami dan segar.

Pohon bambu memiliki banyak jenis. Namun, ada lima pohon bambu yang paling sering dipakai untuk hiasan rumah. Jenis-jenis ini bisa populer bukan hanya karena keindahannya, namun juga karena ukuran pohonnya yang relatif sedang bahkan ada yang kecil.

Baca: Hati-Hati, 5 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Berbahaya bagi Kucing

Lima jenis tanaman bambu ini dijamin membuat rumah menjadi indah dan udara semakin sejuk. Jenis apa saja itu? Simak di bawah ini:

1. Bambu Hias Jepang

[caption id="attachment_24191" align=alignnone width=658] Bambu Jepang//Foto: Pixabay[/caption]

Sesuai namanya, jenis bambu ini berasal dari Negara Jepang. Pohon ini dapat tumbuh hingga 5 meter dengan diameter 3 cm. Untuk jarak antar ruas rata-rata panjangnya 30 cm.

Pohon bambu ini memiliki daun yang indah dan halus. Sementara batangnya tegak dengan warna hijau.

Jenis bambu ini sangat cocok dijadikan tanaman pagar. Nuansa alami dan asri akaj begitu terasa ketika memasuki halaman rumah.

2. Bambu Kuning

[caption id="attachment_24193" align=alignnone width=640] Bambu kuning/Foto: Pixabay[/caption]

Berbeda dari bambu lainnya yang berwarna hijau, jenis bambu ini memiliki batang yang kuning. Meski memiliki batang berwarna kuning, warna daunnya tetap berwarna hijau.

Bambu kuning akan sangat cocok ditanam pada halaman yang luas dan kosong. Karena tingginya dapat mencapai 9 meter dengan diameter 5 cm.

Warna kuning yang keemasan akan menghiasi sudut halaman yang kosong. Sehingga bambu kuning cocok ditanam untuk menghiasi halaman rumah.

Baca: Manfaat Pohon Sukun, Ternyata Akarnya Bisa Mencegah Tanah Longsor

3. Bambu Siam

[caption id="attachment_24192" align=alignnone width=1080] Bambu Siam/Foto: Tokopedia[/caption]

Bambu siam berasal dari Negara Thailand. Jika diperhatikan sekilas mirip dengan bambu Jepang.

Pohon bambu siam ini akan tumbuh bergerombol dengan rapat. Sehingga jika ditanam pada lahan sempit tidak terlalu memakan tempat.

Keindahan pohon bambu ini terdapat pada tajuknya yang seperti payung jika sudah tua. Kemudian batangnya berwarna hijau muda yang tumbuh secara tegak dan ramping menambah kecantikan. Meski batangnya tumbuh dengan tegak, pada pucuknya akan melengkung ke bawah.

Untuk ukuran pohon ini dapat tumbuh hingga sekitar limat meter dengan diameter tiga sampai empat centi meter.

4. Bambu Gendang

[caption id="attachment_24189" align=alignnone width=640] Bambu gendang/Foto: Trailor Farms[/caption]

Sesuai namanya, jenis bambu ini memiliki batang dekat akar yang mengembung seperti kendang. Sementara semakin ke atas batangnya mulai ramping.

Bambu kendang dibeberapa wilayah ada yang menyebutnya dengan Buddha's Belly.

Tanaman ini cocok sekali ditanam pada halam rumah yang sempit. Karena secara maksimal hanya dapat tumbuh hingga dua meter. Alhasil, tak hanya dapat ditanam di luar ruangan, jenis bambu ini bisa ditanam di dalam ruangan.

5. Bambu Hias Pagar

[caption id="attachment_24190" align=alignnone width=640] Bambu pagar/Foto: Planter and Forester[/caption]

Bambu jenis ini juga sering disebut bambu China. Kenapa disebut bambu pagar? Karena pada habitat aslinya hidup berkelompok dengan berjejer yang menyerupai pagar.

Karena sifat tumbuhnya seperti pagar, alhasil pohon bambu jenis ini sering dipakai orang ditanam sebagai pagar. Tak hanya itu, kekuatan pohon bambu ini juga menjadi alasan tersendiri.

Itulah 5 jenis pohon bambu yang Kabar Trenggalek rekomendasikan untuk ditanam di rumah.

Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.