TRENDING

Manfaat Pohon Sukun, Ternyata Akarnya Bisa Mencegah Tanah Longsor

Terbit:

Kabar Trenggalek Peristiwa bencana tanah longsor terus terjadi di Trenggalek beberapa hari terakhir ini. Tanah longsor, banjir, maupun bencana lainnya terjadi saat memasuki musim penghujan.

Potensi kerusakannya juga sangat besar, jika melihat kondisi geografis Trenggalek yang berada di kawasan pegunungan. Terlebih, banyak penduduk yang bertempat tinggal dikawasan lereng.

advertisement

Tentunya, kita tidak ingin bencana tanah longsor terus terjadi. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi potensi tanah longsor dan dampaknya. Salah satunya adalah menanami kawasan lereng yang gundul.

Ada beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di kawasan lereng yang rawan tanah longsor, salah satunya adalah pohon sukun.

Pohon sukun mempunyai batang tunggal, dan ketika sudah tumbuh hingga empat meter akan mempunyai cabang yang tumbuh secara horisontal. Alhasil akan menjadi kawasan disekitarnya menjadi rindang.

Baca: Bencana Lagi: Hujan Deras, 16 Rumah di Botoputih Bendungan di Terjang Longsor

Berdasarkan Badan Penanggulan Bencana Nasional (BPBN), manfaat pohon sukun sangat beragam. Salah satu manfaat akar pohon sukun yaitu dapat tumbuh melebar hingga 20 meter. Akar tersebut mampu menahan tanah dari longsor. Serta akar tunggaknya yang kokoh dan juga tumbuh secara horisontal menjadi nilai tambah untuk mencegah potensi tanah longsor.

Selain itu, kemampuan pohon sukun dalam menyerap air sangat bisa di andalkan ketika musim penghujan. Pasalnya, tanah longsor disebabkan oleh ketidakmampuan tanah miring dalam menahan bobotnya saat menyerap air yang berlebihan.

Akar pohon sukun dapat membantu tanah dalam menyerap air hujan yang berlebihan dan mengurangi bobot tanah karena kelebihan air.

advertisement

Tak hanya itu, manfaat pohon sukun adalah saat usianya sudah 30 tahun akan ada sumber mata air disekitarnya. Hal ini bisa menjadi salah satu upaya dalam mengurangi dampak kekeringan saat musim kemarau.

Baca: Waktunya Enak-Enak Tidur, Tanah Longsor Terjang Halaman Rumah Warga Dukuh Watulimo

Buah sukun bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Karena buah sukun memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Ternyata tak hanya dapat bermanfaat untuk mencegah potensi tanah longsor, pohon sukun juga mempunyai manfaat lain seperti buahnya yang dapat dikonsumsi.

Dengan hanya menanam pohon sukun di lahan rawan tanah longsor, bukan berarti potensi bencana tersebut menjadi tidak ada. Melainkan, kita juga perlu tetap waspada terhadap potensi-potensi bencana.

Namun, dengan menanami lahan rawan tanah longsor dengan pohon sukun bisa dikatakan sebagai upaya kita dalam mencegah tanah longsor. Dan juga upaya kita untuk melestarikan dan merawat alam.

advertisement

TERBARU

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

Viral Sekelompok Orang Copot Papan Nama Gereja Reformed Injili Indonesia di Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kabar Trenggalek - Bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyisakan duka...

TOPIK TERKAIT