Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Trending Lagu Mangku Purel, Apa Arti kata Mangku Purel sebenarnya? Baca Biar Nggak Kebablasan

Kubah Migunani
Kabar Trenggalek - Apa Arti kata Mangku Purel? Lagu Mangku Purel yang dibawakan oleh artis youtube Woko Chanel sukses menduduki trending video YouTube ke #3. Video tersebut sudah ditonton sebanyak 4.5 juta kali dalam kurun waktu 2 Minggu, (20/11/2022).Pakde Kabul dan Mukidi begitu menghayati setiap bait lirik yang ditulis oleh Nur Bayan tersebut. Selain mereka berdua sudah familier bagi masyarakat Jawa Timur atas video-video lucunya di akun Woko Channel, nyatanya masyarakat juga tidak kalah familier dengan ungkapan kata 'purel' dalam lagu tersebut. Dua kelebihan ini sukses mengundang perhatian para penonton.Namun sebenarnya jika merujuk pada lirik-lirik lagu berjudul mangku purel, kata purel lebih mengarah pada konotasi negatif. Misalnya dalam bait "Mangku purel neng karaokean" Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti: merelakan pemandu karaoke duduk di paha seseorang di tempat karaoke.Mangku dalam KBBI: menaruh sesuatu di atas paha antara pangkal paha dan lutut atau di atas lengan antara lengan atas dan siku dipatahkan (hampir seperti memeluk). Sedangkan purel dikonotasikan sebagai orang yang menjadi pemandu. Lalu, karaoke adalah tempat hiburan bernyanyi.BACA: Lirik Lagu dan Kunci Gitar ‘Mangku Purel’, Trending 1 di YouTube MusikLebih lanjut dalam lirik berikutnya ditulis "Ndemek pupu sampai munggah neng semeru" Yang berarti "memegang paha (pemandu karaoke) sampai naik ke semeru (gunung, kata kiasan untuk menggambarkan area sensitif wanita). Apabila semua diterjemahkan secara rinci, dapat dipahami bahwa maksud dari sepenggal lirik tersebut sebagai ungkapan atas aktivitas tak senonoh.

Arti Kata Mangku Purel itu Apa Sih?

Menurut Nasrul Nasrulloh, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, dalam karya tulis berjudul PR, Purel atau Humas? Yang diunggah di academiaed.edu menjelaskan detail arti sebenarnya purel."Istilah ‘Purel’ sering dikonstruksi (oleh masyarakat) sebagai pekerjaan melayani tamu, baik tamu dalam arti yang sesungguhnya maupun ‘tamu’ untuk dirinya sendiri yang sedang ‘berjualan’. Istilah ini akrab terdengar di kalangan kafe-kafe, tempat hiburan malam (nite-club) maupun lokalisasi," tulisnya.Menurut Nahrul, pemaknaan seperti itu sangat sempit bahkan menyesatkan dan dapat merusak citra kata sebenarnya. Baik PR Purel atau Humas adalah merujuk pada istilah yang sama, Public Relations. Namun, meski asal generiknya sama, ternyata makna sosialnya bisa berbeda.Merujuk pada pengertian yang khusus yang diungkapkan oleh Maria, seorang pakar public relation, mengatakan bahwa Public Relation merupakan fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik (Maria, 2002).Jadi sebenarnya, PR atau Purel awal-awalnya tidak dimaknai sebagai hal negatif, bahkan cenderung mengarah ke hal positif.

Jadi Lagu Mangku Purel Apakah Buruk?

Sejauh analisa kabartrenggalek.com justru lagu ini mengajak pendengar untuk meninggalkan hal-hal yang bisa merugikan masa depan. Misalnya mendatangi tempat-tempat karaoke dan melakukan hal-hal negatif di luar konteks mencari hiburan yang sebenarnya. Di bait terakhir, Mukidi dan Pakde Kabul menyanyikan lirik ini:Mangku purel dudu penggawean..Luweh penting mikiro masa depanmu..Yang artinya, mangku purel bukan pekerjaan, lebih penting pikirkanlah masa depanmu.

Lirik Lengkap Lagu Mangku Purel

Kowe wes lali omahOra Uli UlianSenengane Dolan Neng KaraokeanNgandengi PenyanyiOra Cukup SijiCekelane BotolPolahe Koyo Wong TololNdang Balio Neng OmahBojomu Wes NgenteniOra popo ora bakal di SeneniPenting kowe jujurJanji ra mbaleniGek ndang mapan turuSesok isuk senam pagiAku Wes nate kondo awakmu UuuuOjo Terusan Begitu uye uyeSumpaho Janji Karo AtimuSijiLoroTeluMangku Purel Neng KaraokeanNdemek Pupu sampai munggah neng semeruMangku Purel dudu penggaweanLuweh penting Mikiro Masa depanmu
Kopi Jimat

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *

This site is protected by Honeypot.