TRENDING

Lomba Jelajah Alam, 600 Peserta dari Jawa hingga Papua Menikmati Alam Watulimo Trenggalek

Terbit:

Kabar Trenggalek Komunitas pegiat lingkungan Naluri Insan Petualang Ora Nate Kapok (Niponk) menyelenggarakan Lomba Jelajah Alam Lembah Bukit Pantai Selatan (LJA-LBPS) IX, pada Minggu, (25/09/2022). Lomba Jelajah Alam itu berhasil menjaring 600 peserta dari Jawa hingga Papua menikmati alam Watulimo Trenggalek.

Mayoritas peserta datang dari Jawa, Bali, dan Madura. Sedangkan salah satu peserta terjauh dari Papua. Sebelumnya, kegiatan LJA-LBPS IX ini dilaksanakan dengan titik mulai dan berakhir di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Dukuh, Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo.

advertisement

Pada pukul 07:00 WIB dan 13:00 WIB, semua peserta sudah harus berada di garis akhir. Bagi peserta yang tidak mampu turun, akan ditandu oleh panitia.

Bentang alam Desa Dukuh Kecamatan Watulimo Trenggalek jalur LJA LBPS IX
Bentang alam Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, jalur LJA LBPS IX/Foto: Yanu Andi Prasetyo

Baca: Niponk Ajak Masyarakat Eksplorasi Alam Trenggalek Melalui Lomba Jelajah Alam

Mamik Yuliono, ketua panitia LJA LBPS IX, mengatakan sejak tahun 2000, Niponk berhasil memilih dan membuat jalur lomba jelajah alam yang menantang. Sehingga, banyak peserta yang ketagihan dan ingin datang lagi setiap kali Niponk mengadakan lomba jelajah alam.

Tahun 2022 ini, panitia LJA LBPS IX memilih Jalur Puncak Gunung Lanceng 360. Sebab, sepanjang jalur hanya ada jalan setapak dan dipenuhi halang rintang tumbuhan buah. Salah satunya adalah pohon induk tunggal (PIT) Durian Ripto.

“Peserta sangat antusias karena menurut mereka disetiap acara LJA-LBPS dari yg pertama. NIPONK sangat konsisten dalam membuat dan memilih jalur yang membuat peserta konsisten untuk hadir dan mengikuti. Konsisten nglempohne [membuat capek] kata mayoritas peserta,” ujar lelaki yang akrab disapa Marvin itu.

Lomba Jelajah Alam 600 peserta dari Jawa hingga Papua menikmati alam Watulimo Trenggalek
Para peserta Lomba jelajah Alam bersiap melintasi alam Watulimo Trenggalek/Foto: Yanu Andi Prasetyo

Baca: Ayo Liburan ke Trenggalek, Desa Pandean Tawarkan 5 Paket Wisata Alam Menarik

Di sisi lain, panitia LJA LBPS IX selalu memilih jalur dengan mempertimbangkan resiko. Karena, keselamatan dan keamanan kegiatan selalu menjadi nomor satu bagi komunitas Niponk.

advertisement

“Dari berbagai pertimbangan, kami memilih rute puncak GL 360 selain edukasi lingkungan karena dari puncak GL 360 semua peserta dapat menikmati alam Watulimo secara utuh dan wilayah seputar Watulimo,” jelas Marvin.

Dengan diadakannya LJA-LBPS IX ini, Marvin berharap kegiatan kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi mereka pecinta olahraga minat khusus jelajah alam. Selain itu, ia berharap setiap peserta lebih mencintai lingkungan, mempererat silaturahmi, dan solidaritas antar pecinta alam.

advertisement

TERBARU

Berkunjung ke Qatar, Sandiaga Uno Dapat Kejutan dari Warga Trenggalek

Kabar Trenggalek - Piala Dunia 2022 di Qatar tak hanya bola yang diproduksi dari...

Kasus Kecelakaan Akibat Mabuk, Polri Siapkan Alat Tes Alkohol dan Narkoba

Kabar Trenggalek - Kasus kecelakaan marak terjadi hampir setiap hari. Merespons kondisi tersebut, Korlantas...

Zenbook Pro 16X OLED, Laptop Untuk Konten Kreator dengan Desain Tak Lazim dan Performa Kencang

Kabar Trenggalek - Untuk kamu yang bekerja sebagai konten kreator dan sedang mencari laptop...

TOPIK TERKAIT