BerandaNewsLingkunganNiponk Ajak Masyarakat Eksplorasi Alam Trenggalek Melalui Lomba Jelajah Alam

Niponk Ajak Masyarakat Eksplorasi Alam Trenggalek Melalui Lomba Jelajah Alam

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Sejak tahun 2000, komunitas pegiat lingkungan Naluri Insan Petualang Ora Nate Kapok (Niponk) aktif mengajak masyarakat, khususnya kaum muda, untuk mengeksplorasi alam Trenggalek, melalui Lomba Jelajah Alam Lembah Bukit Pantai Selatan (LJA LBPS). 

Lomba berbasis minat ini sudah mencapai yang ke-9 kalinya di tahun 2022. LJA LBPS menitik beratkan pada olah raga jalan kaki yang dikemas dengan sistem perlombaan. Secara konsisten, lomba ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Watulimo, dengan target lokasi pegunungan, pantai, lembah, sungai dan goa. 

advertisement

Marvin, ketua panitia LJAI LBPS-IX, mengatakan bahwa lomba ini untuk mengampanyekan olahraga jalan kaki. 

“Maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai media mengampanyekan olahraga jalan kaki halang rintang di alam terbuka, mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta kepada alam, dan mengenalkan keindahan Watulimo yang belum diketahui oleh khalayak ramai,” ungkapnya.

lomba jelajah alam niponk
Emil Dardak ditemani istrinya, Arumi Bachsin, memegang bendera pemberangkatan peserta lomba jelajah alam lembah bukit pantai selatan ke-8 di di Tahun 2017/Foto: Niponk

Niponk merupakan komunitas pecinta alam yang lahir dari basis masyarakat. Niponk menjadi sesuatu yang unik, sebab kebanyakan komunitas-komunitas pecinta alam lazim lahir dari kampus-kampus. Niponk dibentuk pada tahun 1994 silam. 

advertisement

Andi, salah satu anggota Niponk, mengklaim jika lomba jelajah ini telah menjadi ajang edukasi yang bagus untuk masyarakat Watulimo maupun luar Watulimo.

Event [kegiatan] yang sebelumnya [LJA LBPS-I – LJA LBPS-VIII] telah sukses dan menjadi edukasi positif bagi masyarakat Watulimo khususnya kaum muda. Serta, menjadi kegiatan yang mampu mengajak warga masyarakat untuk lebih mengenal dan peduli terhadap lingkungan dan alam di sekitarnya,” ungkap Andi saat ditemui wartawan Kabar Trenggalek.

Rute Lomba Jelajah Alam Lembah Bukit Pantai Selatan
Rute Lomba Jelajah Alam Lembah Bukit Pantai Selatan – IX/Foto: Niponk

Masih menurut Andi, senyampang jelajah alam ini dibalut dengan lomba untuk khalayak umum, juga untuk menjaga alam Trenggalek dari upaya-upaya perusakan lingkungan. 

“Tujuan dari kegiatan ini adalah fisik yang sehat dengan olahraga jalan kaki, jiwa yang sehat dengan tumbuhnya rasa cinta terhadap alam dan syukur kepada Tuhan. Menguatkan rasa kebersamaan, persaudaraan dan persatuan bagi para petualang  dan pecinta alam khususnya, dan bagi sesama manusia Indonesia pada umumnya. Khususnya alam Watulimo agar tetap terjaga dari pengrusakan-pengrusakan alam berdalih kemakmuran,” jelas Andi.

Lelah Peserta LJA LPBS ke 7 sedang beristirahat sejenak
Lelah: Peserta LJA-LPBS ke-7 sedang beristirahat sejenak setelah lelah berjalan kaki/Foto: Niponk
advertisement

Lomba LJA LBPS-IX bakal dilaksanakan hari minggu tanggal 25 September 2022. Peserta boleh dari perorangan atau beregu. Adapun kategori yang dilombakan di antaranya ketetapan waktu, kecepatan waktu, peserta tertua, peserta termuda dan delegasi peserta terbanyak. Pemenang yang diambil adalah juara 1 sampai 3.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait