TRENDING

Dok! Tiga Nama Calon Sekda Trenggalek Muncul

Terbit:

Kabar Trenggalek Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek, mulai nampak bertuan. Lantaran, ada kabar bahwa tiga nama calon Sekda Trenggalek sudah muncul, Senin (25/07/2022).

Sebelumnya, kursi Sekda Trenggalek diduduki angin karena ditinggal Joko Irianto. Sejak September 2021, Joko menjadi staf ahli Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

advertisement

Tepatnya, tugas baru Joko yaitu menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Jawa Timur.

Dengan demikian, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, melakukan otak-atik jabatan agar kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekda Trenggalek terisi. Sehingga roda pemerintahan di Kabupaten Trenggalek bisa berjalan mulus lagi.

Pada tanggal 17 Mei 2022, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek nomor: 800/04/JPT/2022, Arifin membuka lelang JPTP Sekda Trenggalek.

Akan tetapi, usaha Arifin itu tak berjalan mulus karena minim peminat. Awalnya, hanya satu pendaftar calon Sekda Trenggalek, yaitu Edi Soepriyanto, yang kini duduk di kursi Asisten I Setda Trenggalek.

“Awalnya tidak memenuhi syarat, karena hanya satu pendaftar maka pada prinsipnya lelang terbuka itu gugur dan kami meminta rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara [KASN],” ungkap Andriyanto, Ketua Panitia Pelaksana (Pansel) Sekda Trenggalek.

Andrianto kemudian mendapatkan rekomendasi dari KASN melalui surat nomor: B-2232/JP.00.01/06/2022 tentang Rekomendasi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, dengan metode uji kompetensi.

“Bupati menugaskan lima ASN [Nomor : 094/700/406.027/2022] di lingkup Pemkab Trenggalek, kemudian masuk assesment [penilaian] dari Universitas Airlangga,” jelas Andriyanto melalui sambungan telepon.

advertisement

Lalu, Andriyanto melakukan assesment di Laboratorium Pengkajian & Pengembangan Psikologi Terapan (LP3T) Universitas Airlangga Surabaya. Andriyanto menjadi penguji bersama 4 anggota Pansel Sekda Trenggalek lainnya.

“Pengujinya saya sendiri, 2 guru besar Unair, Kepala BKD Jatim dan Mantan Kepala BKD Jatim jadi totalnya ada 4,” jelasnya.

Dari dua tahapan uji kompetensi tersebut, muncul 3 nama calon Sekda Trenggalek. Ketiga nama itu tertuang dalam berita acara pleno Nomor : 821/16/BA-PANSEL-JPT/2022 tentang penetapan hasil akhir seleksi uji kompetensi JPTP dalam pengisian Sekda Trenggalek tahun 2022.

Tiga Nama Calon Sekda Trenggalek yaitu:

  • Anik Suwarni (Asisten Administrasi Umum)
  • Edi Soepriyanto (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat)
  • Ratna Sulistyowati (Kepala Bappeda Litbang)

“Tiga nama itu sudah melalui tahapan uji kompetensi yang objektif dan tinggal menunggu rekomendasi dari KASN turun,” tegas Andriyanto, pria berkacamata yang juga ditugaskan sebagai Penjabat Sekda Trenggalek saat ini.

Andriyanto percaya diri bahwa KASN akan mengamini tiga nama itu. Menurutnya, selama uji kompetensi berlangsung, KASN betul-betul melakukan monitoring dengan serius.

“Setelah rekomendasi turun, tinggal Bupati membuatkan Surat Keputusan [SK] satu nama dari tiga calon Sekda Trenggalek tersebut dan tidak harus sesuai ranking, karena menjadi hak prerogatif Bupati,” ujar Andriyanto.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT