TRENDING

Uji Kompetensi Sekda Trenggalek Selesai, Pansel Kantongi 3 Nama

Terbit:

Kabar Trenggalek Seluruh rangkaian tes uji kompetensi bagi lima kandidat Sekretaris Daerah (Sekda) Trenggalek sudah selesai. Maka, tahapan selanjutnya adalah menunggu hasil penilaian yang diperkirakan muncul pada pekan depan, Jumat (22/07/2022).

Hal itu dibenarkan Agung Widhianto, Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Pengembangan Karir dan Jabatan Fungsional Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek. Agung mengatakan, semua tahapan uji kompetensi calon Sekda Trenggalek berakhir pada 20 Juli 2022. Uji kompetensi dilaksanakan di Surabaya, meliputi tes interview dan bidang.

Rapat Sekda Trenggalek
Rapat Sekda Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek
advertisement

“Ada dua tes, terkait dengan makalah, visi-misi, jika jadi sekda akan seperti apa. Pada tes interview ada materi tentang knowledge [pengetahuan],Ā motivationĀ [motivasi], attitudeĀ [sikap], abilityĀ [kemampuan],” kata Agung.

Selain itu, lanjut Agung, asesor dari Laboratorium Pengkajian & Pengembangan Psikologi Terapan (LP3T) juga menguji kelima kandidat Sekda Trenggalek tentang manajerial.

Agung menyebutkan, ada sembilan aspek substansial dalam uji kompetensi bidang. Mulai dari kapasitas, karakter, integritas, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengambilan keputusan, hingga pemersatu bangsa.

“Selama dua hari, para kandidat mengikuti tes,” ujarnya.

Menurut Agung, dari penyelenggaraan uji kompetensi Sekda Trenggalek selama dua hari di Surabaya, kelima kandidat telah mengikuti tes dengan serius, tidak ada yang setengah-setengah.

“Saya kira semua maksimal,” ucap Agung.

Di sisi lain, pemilihan kelima kandidat Sekda Trenggalek telah memenuhi syarat melalui perhitungan skor pada tahapan rekam jejak. Sehingga, bukan menjadi masalah ketika ada kandidat yang belum pernah menjabat sebagai kepala dinas sebanyak dua kali.

advertisement

“Saya kira semua kandidat sudah memenuhi syarat dan telah memenuhi skor,” jelasnya.

Pada tahapan selanjutnya, kata Agung, kini sedang menunggu hasil dari rapat pleno panitia pelaksana (pansel). Hasil itu diperkirakan muncul pada pekan depan.

“Pansel akan mengeluarkan tahapannya, kemudian dikirim ke KASN,” terangnya.

Agung menyampaikan, nantinya uji kompetensi Sekda Trenggalek akan memunculkan tiga kandidat. Kemudian, Bupati Trenggalek akan menunjuk salah satu dari tiga kandidat untuk menjabat sebagai Sekda Trenggalek yang baru.

“Kalau targetnya secepatnya, tapi balasan dari KASN belum bisa diketahui berapa hari,” tandasnya.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT