Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Jurug Terbang Trenggalek, Air Terjun yang Tersembunyi di Kecamatan Kampak

Trenggalek terkenal sebagai kabupaten di Jawa Timur yang memiliki deretan wisata pantai eksotis. Ternyata, kabupaten ini juga memiliki potensi wisata alam lain, salah satunya adalah air terjun Jurug Terbang Trenggalek.

Air terjun ini berada di ujung timur Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak yang berbatasan langsung dengan Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

Jurug Terbang adalah sebuah air terjun yang berada di perbukitan dan perkebunan warga. Di sekitarnya juga masih terdapat tanaman liar yang tumbuh subur. Sehingga, meski letaknya di pinggir jalan, air terjun ini masih terasa kesan alaminya.

Asal Usul Nama Air Terjun Jurug Terbang

Nama Jurug Terbang berasal dari dua kata, yakni "jurug" dan "terbang". Jurug merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang merujuk pada air terjun. Sementara, diberi nama terbang karena air terjunnya berada di ketinggian. Seolah-olah sedang terbang.

Selain itu, di musim tertentu, di air terjun Jurug Terbang ini akan terhembus angin yang cukup kencang. Sehingga air yang turun berterbangan di angin. Sebagai informasi, masyarakat lokal menyebut air terjun ini dengan singkatan Jurug Bang.

Terdapat Dua Air Terjun Bertingkat

Total ketinggian air terjun ini sekitar 25 meter dengan lebar sekitar 9 meter. Dengan begitu, air terjun Jurug Bang termasuk kategori besar.

Menariknya, di Jurug Bang terdapat dua air terjun yang berundak-undak atau membentuk dua tingkatan. Air terjun yang paling bawah lebih kecil, sekitar 3 meteran saja.

Kedua air terjunnya juga memiliki sebuah kolam indah di bawahnya. Kolam paling luas dan dalam ada di air terjun paling atas, sementara kolam di air terjun bawah relatif lebih dangkal dan tidak luas.

Air terjun Jurug Terbang di Trenggalek
Air terjun Jurug Terbang di Trenggalek | Foto: IG/Delladartyan

Daya Tarik Air Terjun Jurug Terbang

1. Menyaksikan Keindahan Air Terjun yang Masih Perawan

Air Terjun Jurug Terbang adalah salah satu tempat wisata di Trenggalek yang tidak hanya terkenal karena kecantikannya saja. Namun, lokasinya juga masih sangat alami dan belum terjamah oleh tangan manusia. Anda bisa merasakan sensasi berwisata dan bertualang di tempat ini. Ada banyak pohon-pohon hijau yang tumbuh di sekelilingnya.

Tentu saja hal ini membuat suasana di sekitarnya menjadi lebih nyaman dan segar. Anda tidak perlu khawatir akan kegerahan karena tempat ini menawarkan udara dingin dan sejuk khas pegunungan. Adanya pohon-pohon di sekitar juga membuat tempat ini lebih teduh dan asri. Anda pasti akan merasa betah berlama-lama di sini.

2. Menikmati Dua Air Terjun yang Indah Sekaligus

Tempat wisata ini memiliki daya tarik utama yaitu air terjun yang masih sangat alami. Anda bisa menikmati dua air terjun di sini. Satu ada di bawah dan satu lagi ada di atas. Hal ini membuat pemandangan di sini menjadi sangat menawan dan memikat. Anda tidak akan menemukan tempat wisata lain yang seperti ini.

Anda bisa menikmati kesegaran alami dari air terjun yang mengalir deras ke bawah. Tempat wisata ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Tidak mengherankan jika tempat ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan di bumi Trenggalek ini.

3. Melihat Tebing Batu Raksasa

Air terjun ini memiliki tebing batu berwarna coklat yang sangat besar. Hal ini membuat pemandangan di sini menjadi sangat unik dan berbeda. Air terjunnya mengalir ke bawah seakan-akan ingin menyelimuti tebing batu tersebut. Hal ini membuat suasana di sini menjadi lebih sejuk dan segar.

Air terjun yang mengalir ke bawah akan terkumpul di dalam kolam dengan kedalaman sekitar 2-3 meter. Anda bisa merasakan suasana yang sangat alami dengan suara air terjun yang menyegarkan. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan dan kedamaian saat berlibur.

4. Mengabadikan Momen Bersama Wisatawan

Ketika Anda sudah sampai di tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen di tempat wisata alam ini. Pastikan Anda mengambil foto menggunakan kamera ponsel Anda agar setiap keindahan air terjun yang dikelilingi oleh tebing batu raksasa bisa tersimpan di dalam galeri ponsel Anda.

Hal ini bisa menjadi keseruan tersendiri saat berlibur. Anda juga bisa mengambil video agar bisa melihat kembali keindahan air terjun ini dengan suara gemerciknya. Tempat ini sangat pas untuk Anda yang ingin berlibur dengan sensasi menyegarkan tanpa takut kepanasan karena udaranya sangat sejuk dan nyaman.

5. Menikmati Udara Segar dan Dingin

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa di sekitar air terjun ini ada banyak pohon-pohon rindang. Hal ini membuat udaranya menjadi lebih segar dan sejuk. Suara air terjun yang ada di tempat ini juga membuat udaranya menjadi lebih dingin dan menyegarkan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan karena tempat ini menawarkan udara dingin khas pegunungan. Anda pasti akan merasa betah berlama-lama di sini. Oleh karena itu, pastikan Anda mengunjungi tempat ini bersama teman-teman Anda.

wisata-air-terjun-jurug-terbang-trenggalek
Jurug Terbang Trenggalek dari kejauhan | Foto: IG/Pesonatrenggalek

Rute Menuju Air Terjun Jurug Terbang

Untuk menuju ke Air Terjun Jurug Terbang, Anda perlu menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil. Anda bisa mengikuti rute berikut:

  • Dari Trenggalek, ambil arah ke selatan menuju Kecamatan Kampak.
  • Setelah sampai di Kampak, cari jalan menuju Desa Karangrejo.
  • Dari Desa Karangrejo, ikuti jalan yang menanjak dan berkelok-kelok hingga sampai di Dusun Krajan.
  • Di Dusun Krajan, Anda akan menemukan plang bertuliskan Air Terjun Jurug Terbang.
  • Ikuti plang tersebut hingga sampai di lokasi wisata.

Perjalanan dari Trenggalek ke Air Terjun Jurug Terbang memakan waktu sekitar 1 jam. Anda perlu berhati-hati karena jalan menuju lokasi cukup curam dan sempit. Anda juga perlu berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir ke air terjun.

Harga Tiket

Untuk healing di hidden gems air terjun Jurug Terbang Trenggalek, pengunjung tak perlu mengeluarkan uang alias gratis. Cukup menyiapkan uang sebagai ongkos dan membeli makanan saja. Meski gratis, pengunjung sudah mendapatkan pemandangan alam yang cukup estetik dan instagramabel dengan pemandangan alaminya.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *