Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

Desa Wisata Edelweiss Wonokitri: Destinasi Wisata Kekinian di Kawasan Bromo

Desa Wisata Edelweiss Wonokitri merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Timur terbaru di kawasan Bromo. Destinasi wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa taman bunga edelweiss. Bunga edelweiss yang tumbuh di Desa Wonokitri ini tidak tumbuh secara alami, melainkan telah dibudidayakan oleh Kelompok Tani Hulun Hyang. Kelompok tani ini memiliki peran penting dalam proses budidaya bunga ini, yang sering dijadikan sebagai sumber penghasilan. Wisata taman bunga edelweiss ini muncul sebagai respons atas permasalahan penjarahan bunga oleh warga Suku Tengger di Kawasan Bromo Tengger Semeru. Bunga edelweiss termasuk dalam jenis bunga yang dilindungi. Dengan adanya taman bunga edelweiss ini, diharapkan tidak ada lagi orang yang nekat memetik bunga ini dengan seenaknya, sehingga kelestariannya dapat terjaga. 

[caption id="attachment_63537" align=aligncenter width=680]panorama-di-desa-wisata-edelweiss-pasurauan Panorama di Taman Bunga Edelweiss | Foto: Gee Yudarmono[/caption]

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Taman wisata ini memiliki luas sekitar 7.000 meter persegi. Lokasinya terletak di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Jam operasional destinasi wisata ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Untuk masuk ke Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, tiketnya dibanderol dengan harga Rp10 ribu saja. Pengunjung akan menerima voucher senilai tiket yang telah dibayar, yang nantinya bisa ditukarkan dengan makanan di kafe yang berada di area lokasi wisata. Selain itu, untuk menjaga keamanan kendaraan selama berada di Desa Wisata Edelweiss, Pengunjung juga perlu membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil. 

[caption id="attachment_63541" align=aligncenter width=680]suasana-adem-desa-wisata-edelweiss-wonokitri-pasuruan-jawa-timur Suasana Adem Desa Wisata Edelweiss Pasuruan Jawa Timur | Foto: Adib Ali Mustofa[/caption]

Rute ke Desa Wisata Edelweiss

Desa Wisata Edelweiss Wonokitri berjarak sekitar 43 KM dari Pusat Kota Pasuruan. Perjalanan ke sana dapat ditempuh dengan berkendara selama sekitar 1 jam 20 menit. Akses menuju Desa Wisata Edelweiss Wonokitri cukup bagus, sehingga pengunjung bisa mengunjunginya menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Untuk mencapai destinasi wisata menarik ini, jika memulai perjalanan dari Alun-alun Pasuruan, arahkan kendaraan ke Tenggara menuju Jl. WR Supratman, lalu teruskan perjalanan menuju Jl. Veteran atau Jl. Raya Pantura sejauh 900 meter. Setelah itu, belok kanan ke Jl. Patimura sejauh 5,5 km. Saat sampai di Rest Area Bajangan, ambil arah kiri menuju Jl. Warungdowo Timur sejauh 1,5 km. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Puskesmas Gondang, lalu ambil jalur kiri menuju Jl. Raya Bromo sejauh 10 km. Tiba di pertigaan depan Paimo Motor, belok kiri dan ikuti jalur yang ada hingga pengunjung menemui Balai Desa Ngatungan. Selanjutnya, belok kiri dan terus ikuti jalurnya. Ketika pengunjung sampai di Jl. Sekar Sari, cukup melanjutkan perjalanan lurus sejauh 800 meter, dan pengunjung akan tiba di tujuan.

Daya Tarik Desa Wisata Edelweiss

Daya tarik khusus dari Desa Wisata Edelweiss adalah Taman Edelweis. Di taman ini, terdapat bunga edelweiss yang telah dibudidayakan. Pengunjung dapat berpose di tengah-tengah hamparan bunga abadi ini dengan latar belakang pemandangan cantik pegunungan khas wilayah Bromo. Selain berpose di spot Taman Edelweiss, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk belajar tentang cara membudidayakan tanaman ini. Taman Edelweiss berfungsi sebagai pusat pembudidayaan Edelweis dan juga sebagai tempat pembelajaran bagi wisatawan yang ingin mempelajari trik dan teknik bercocok tanam edelweis. Pengunjung dapat memperoleh informasi seputar budidaya edelweiss, mulai dari seleksi biji, pemisahan tanaman bibit, hingga langkah-langkah penanaman. Meskipun edelweiss adalah tanaman liar, namun dapat diperbudidayakan. Setiap wisatawan yang datang, selain berfoto, juga akan mendapatkan pengetahuan yang berharga. 

[caption id="attachment_63538" align=aligncenter width=680] Cafe di Area Dessa Wisata Taman Bunga Edelweiss Wonokriti | Foto: Ist[/caption]

Fasilitas Wisata

Desa Wisata Edelweiss dikelola dengan baik oleh Kelompok Tani Desa Wonokitri sehingga terawat dengan baik dan dilengkapi fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Edelweiss meliputi area parkir, kafetaria, toilet, mushola, spot foto, dan juga tersedia WiFi untuk menjaga konektivitas selama berada di tempat wisata ini. Selain itu, di tempat ini terdapat penjual souvenir yang menawarkan bunga edelweis dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Harga satu ikat bunga Edelweis biasanya mulai dari Rp10 ribuan.

Tips Berkunjung

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, pengunjung perlu menyiapkan pakaian hangat untuk berwisata ke Desa Wisata Edelweiss. Pasalnya, kawasan Bromo memang dikenal karena suhunya yang lumayan dingin. Pengunjung dapat menyiapkan jaket hangat, topi kupluk, sarung tangan, dan pakaian hangat lainnya. Selain itu, pengunjung juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman hangat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Itulah informasi seputar Destinasi Wisata Jawa Timur, Desa Wisata Edelweiss Wonokitri - Pasuruan yang merupakan destinasi wisata yang menarik dan edukatif. Pengunjung dapat menikmati keindahan bunga edelweiss sekaligus belajar tentang cara membudidayakannya.  

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *