Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

7 Kegiatan Seru di Pantai Kebo Trenggalek yang Wajib Dicoba

Pantai Kebo Trenggalek atau Pantai Ngulungwetan merupakan salah satu pesisir yang ada di Kecamatan Munjungan. Ada beragam kegaitan seru di Pantai Kebo Trenggalek yang bisa dicoba oleh pengunjung.

Pantai ini berada di Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Lokasi pantai ini dekat dengan perbatasan Kecamatan Panggul dan Munjungan. Sehingga, pengunjung memiliki dua pilihan rute untuk mencapai Pantai Kebo.

Rute Pantai Kebo

Jarak Pantai Kebo dari pusat kota Trenggalek sekitar 58 kilometer (km), dua jalur yang bisa dipilih antara melewati kecamatan Panggul dan Kampak. Namun, untuk jalur utama ke Kecamatan Munjungan adalah lewat Kampak.Namun, jika lewat Kampak, pengunjung harus lebih berhati-hati selama dalam perjalanan. terutama jika menggunakan kendaraan pribadi dan baru pertama kali berkendara di jalanan pegunungan Trenggalek.Jalurnya cukup ekstrem, yakni menanjak dengan jalan berkelok-kelok. Yakni dari pusat kota Trenggalek pengunjung lewat jalan utama menuju Kecamatan Gandusari, Kampak, hingga akhirnya sampai ke Kecamatan Munjungan.Setelah itu, ambil arah ke barat menuju Kecamatan Panggul. Jalan yang dilalui pengunjung sebenarnya cukup bagus, namun yang membuat agak ngeri-ngeri sedap adalah kelokan dan tanjakannya itu.Jika menggunakan mobil waktu tempuhnya bisa sampai tiga jam dan kendaraan roda dua sekitar dua setengah jam. Ini tergantung kecepatan saat berkendara.Jika tidak ingin lewat jalan berkelok-kelok ini, pengunjung bisa memilih lewat Kecamatan Panggul saja. Dari pusat kota Trenggalek ambil jalan utama yang melintasi Kecamatan Karangan, Suruh, Dongko hingga akhirnya sampai di Panggul.Setelah itu ambil jalan ke timur untuk menuju Kecamatan Munjungan. Pengunjung akan langsung tiba di Desa Ngulungwetan. Waktu tempuhnya bisa memerlukan waktu hingga empat jam untuk kendaraan roda empat dan tiga setengah jam untuk kendaraan roda dua.Jika masih was-was berkendara sendirian ke Kecamatan Munjungan, Anda bisa menyewa jasa sopir yang sudah andal melibas jalanan pegunungan seperti di Trenggalek. Selain itu, untuk menjaga kepakeman rem ada baiknya rutin mengistirahatkan kendaraan pada rest area yang tersedia.

Kegiatan Seru di Pantai Kebo Trenggalek

Perjuangan ekstra menuju Pantai Kebo Trenggalek ini bakal terbayar tuntas begitu sampai di lokasi. Sebab, pantai ini masih terjaga kelamaiannya dan pemandangannya terkenal cantik.Bahkan, pantai ini termasuk lokasi paling romantis di Trenggalek untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Penasaran kegaitan seru apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Kebo? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Kemah Nyaman bersama Orang Tercinta

[caption id="attachment_62302" align=alignnone width=1280]7-kegiatan-seru-di-pantai-kebo-trenggalek-yang-wajib-dicoba_3 Pengunjung sedang berkemah di Pantai Kebo/Foto: @mivta_dewi (Instagram)[/caption]Pantai Kebo Trenggalek memiliki area kemah yang sangat nyaman dibandingkan pantai-pantai lain. Sebab, di pantai ini terdapat tepian bibir pantai yang berupa tanah lapang dan ditumbuhi rerumputan hijau.Tanah lapang itu jadi lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda. Sebab, pasak tenda bisa menancap lebih kuat di tanah dibandingkan di pasir. Tenda tidak mudah roboh.Selain itu, area rerumputan ini membuat tenda dan peralatan kemah Anda bisa awet bersih. Berbeda saat kemah di permukaan berpasir, butirannya bakal mengotori tenda dan peralatan kemah lainnya.Rerumputan di tanah lapang ini sekaligus bisa jadi bantalan empuk. Bahkan, Anda bisa tidur tanpa sleeping bag. Meskipun sleeping bag ini diperlukan untuk menghalau udara dingin.Area kemah di pantai ini juga ditumbuhi pepohonan kelapa yang rindang. Anda bisa mendirikan tenda di sela-sela pepohonan agar terhindar saat ada kelapa jatuh. Daun pohon kelapa ini bakal menanungi tempat berkamah dari sengatan matahari siang.Dengan keunggulan spot kemah yang ada di Pantai Kebo Trenggalek ini, kemah Anda jadi lebih menyenangkan dan nyaman. Anda jadi lebih bisa menikmati momen bersama orang tercinta, seperti sahabat, keluarga, dan kekasih hati.

2. Menyaksikan Pemandangan Langit Penuh Bintang

Saat malam tiba, cuaca cerah, dan masuk musim galaksi bima sakti, Anda bisa menyaksikan pemandangan langit malam penuh bintang di Pantai Kebo ini. Lokasinya cukup jauh dari sumber polusi cahaya, sehingga memandang bintang di langit lebih jelas.Momen malam penuh bintang ini jarang diarasakan oleh masyarakat modern, terutama mereka yang tinggal di kawasan perkotaan penuh lampu.Suasana pantai yang tenang kemudian berhiaskan langit malam penuh bintang ini begitu romantis. Malam hari jadi saying untuk dilewatkan untuk tidur. Anda bisa mengajak orang tercinta untuk berbincang-bincang menjemput kantuk.

3. Bakar-Bakar

Omong-omong soal kemah, salah satu kegaitan yang tidak boleh terlewatkan adalah bakar-bakar. Membuat api unggun kemudian memasak bahan mentah yang dibawa dari rumah dengan cara dibakar jadi acara puncak saat berkemah.Sembari membuat api unggun untuk menghangatkan badan, saat bakar-bakar ini jadi momen paling pas untuk mempererat kedekatan.Semua orang akan duduk melingkari api unggun. Bersamaan dengan itu, obrolan hangat penuh suka akan menghiasai waktu malam.

4. Olahraga Pagi dengan Udara Sejuk

[caption id="attachment_62299" align=alignnone width=1280]7-kegiatan-seru-di-pantai-kebo-trenggalek-yang-wajib-dicoba_6 Landscape dari atas Pantai Kebo/Foto: Yanu Andi Prasetyo[/caption]Jika Anda tipikal orang yang gemar olahraga, maka bisa melakukan aktivitas itu di Pantai Kebo. Udara yang sejuk di pantai ini membuat nyaman saat berolahraga.Anda bisa senam, pemanasan, dan lari-lari kecil menyusuri pantai. Waktu paling tepat untuk berolahraga di Pantai Kebo adalah saat pagi hari.Karena di waktu itu badan masih fit, cahaya matahari dalam kondisi terbaik untuk beraktifitas, dan bakal tercium aroma dedaunan yang khas di waktu pagi.

5. Foto-Foto Estetik

[caption id="attachment_62300" align=alignnone width=1280]7-kegiatan-seru-di-pantai-kebo-trenggalek-yang-wajib-dicoba_5 Suasana golden hour di Pantai Kebo/Foto: @yu_dha06 (Instagram)[/caption]Di era kemajuan teknologi ini, salah satu cara untuk mengabadikan momen adalah dengan memfotonya. Di Pantai Kebo ada beragam spot foto instagramable dan estetik.Jika gemar foto portrait, Anda bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan kelapa. Kemudian, berfoto dengan latar belakang pasir pantai dan laut biru.Pantai ini juga menarik di foto dengan gaya landscape dan menggunakan drone. Perpaduan bentang alam daratan dan laut tampak memukau. Pematang sawah bakal terlihat jelas, pepohonan kelapa jadi pengisi aksen warna hijau, dan pasir yang putih dengan birunya laut membuat foto jadi lebih berwarna.Waktu terbaik untuk berfoto di Pantai Kebo adalah saat golden hour, yakni sekitar pukul 06.00 – 09.00 WIB pagi dan 15.00 – 16.30 WIB sore.

6. Menyusuri Sungai dengan Perahu

[caption id="attachment_62304" align=alignnone width=1280]7-kegiatan-seru-di-pantai-kebo-trenggalek-yang-wajib-dicoba_1 Pengunjung sedang menyusuri sungai dengan perahu/Foto: @rajawalimedia.net[/caption]Menariknya lagi, ada sungai yang membelah daratan di Pantai Kebo. Saat air laut sedang pasang, Anda bisa mencoba menyusuri sungai dengan menaiki perahu.Di sana sudah ada penyewaan perahu yang dikelola penduduk sekitar. Untuk harga sewanya sekitar Rp. 20 ribu per orang.

7. Merekam Kebo sedang Digembala

[caption id="attachment_62301" align=alignnone width=1280]7-kegiatan-seru-di-pantai-kebo-trenggalek-yang-wajib-dicoba_4 Kerbau sedang digembala di Pantai Kebo/Foto: @jametalas (Instagram)[/caption]Sesuai namanya, yang ikonik dari pantai ini adalah tedapat kerbau atau kebo. Saat pagi hari, baisanya pemilik kerbau bakal menggembalanya di padang rumput seberang sungai.Bagi pembuat video traveling, momen ini adalah saat-saat yang berharga untuk diabadikan. Karena membuat nuansa videonya lebih estetik dan terdapat kearifan lokalnya.

Fasilitas di Pantai Kebo Trenggalek

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup mumpuni dan menunjang kenyamanan pengunjung selama berlibur. Antara lain, kamar mandi, area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, dan warung makan.

Harga Tiket

Dengan beragam aktifitas seru dan fasilitas yang tersedia di pantai ini membuat penasaran berapa harga tiket masuknya. Ternyata untuk sekedar masuk pengunjung tidak perlu membayar mahal. Sekitar Rp. 10 ribu per orang, harga itu juga sudah termasuk tiket parkir di Pantai Kebo.Biasanya, jika mendirikan tenda di pantai lain bakal dikenai biaya tambahan. Namun, di Pantai Kebo kamu tidak perlu membayar lagi. Kamu bisa langsung mendirikan tenda yang dibawa dan tidak ada batas waktu mendirikan tenda.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *