Pantai Ngampiran Trenggalek, Surga Tersembunyi di Balik Terjalnya Rengkek-Rengkek Munjungan

Pesona Pantai Ngampiran Trenggalek yang menawang/Foto: Nanang Rahman

Menuju Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, ada jalur yang terkenal berkelok-kelok dan ekstrim, masyarakat menyebutnya rengkek-rengkek. Jalur ekstrem ini harus dilalui pengunjung yang lewat Kecamatan Kampak. Namun siapa sangka, di balik jalurnya yang ekstrem, Munjungan menyimpan segudang pesona alam bak surga tersembunyi.

Salah satu surga tersembunyi itu adalah wisata Pantai Ngampiran, berada di Desa Tawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek – Jawa Timur. Pantai Ngampiran merupakan salah satu pantai Trenggalek yang bagus. Ada hamparan pasir berwarna putih, dengan kombinasi bebatuan yang menghiasi panorama.

Berdasarkan pantauan penulis, wisata Pantai Ngampiran Trenggalek ini jadi tempat parkir perahu nelayan. Yang membuat pantai ini jarang dijamah manusia selain para nelayan yang akan melaut. Kendati, sekitar 2019 silam, pantai ini mulai terkenal di kalangan traveler dan selebgram.

pesona pantai ngampiran trenggalek 2023 6
Pesona Pantai Ngampiran Trenggalek/Foto: Rizal Rahmandha

Pantai Ngampiran Trenggalek dikelilingi oleh perkebunan kelapa dan lokasinya cukup tersembunyi dari pemukiman penduduk. Pemukiman penduduk paling dekat jaraknya sekitar 1, 8 km dengan waktu tempuh sekitar enam menitan. Sementara, jarak dari pusat Kabupaten Trenggalek sekitar 33 km dengan waktu tempuh satu jam 32 menit.

Ada beberapa pilihan jalur yang bisa ditempuh oleh pengunjung untuk menuju Pantai Ngampiran Trenggalek. Pertama, lewat jalan raya Kampak – Munjungan, kedua lewat Kecamatan Panggul kemudian menuju Desa Ngulung Wetan, Kecamatan Munjungan. Bagi pengendara yang awam, disarankan lewat Kecamatan Panggul karena jalurnya relatif landai.

Barangkali perjalanan ke Pantai Ngampiran Trenggalek cukup melelahkan dan menguras tenaga. Akan tetapi, begitu sampai lokasi, rasa lelah dan tenaga yang terkuras tergantikan dengan pesona lama yang disuguhkan.

Sekitar 1,8 km sebelum sampai Pantai Ngampiran Trenggalek pengunjung akan diajak melintasi perkebunan cengkeh dan kelapa. Pemandangan hijau akan menghiasi sepanjang perjalanan. Jalannya cukup landai sehingga bisa santai saat berkendara. Sebagai saran, tiap kali melintasi tikungan sebaiknya menyalakan klakson untuk jaga-jaga jika bersimpangan dengan pengendara lain.

pesona pantai ngampiran trenggalek 2023 5
Potret kapal tradisional miliki nelayan setempat parkir di Pantai Ngampiran Trenggalek/Foto: Nanang Rahman

Begitu sampai lokasi pantai langsung disambut dengan hamparan pasir putih dan bebatuan di beberapa sudut. Lengkap dengan ombaknya yang tenang dan angin sepoi-sepoi. Ditambah penampakan pepohonan kelapa di pinggir, eksotisme Pantai Ngampiran Trenggalek begitu terasa.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pantai Ngampiran Trenggalek. Mulai dari piknik di pinggiran pantai yang rindang. Pengunjung bisa menggelar tikar yang dibawa, kemudian menaruh makanan dan duduk di sana. Suasana jauh lebih asik saat ditemani orang tercinta, seperti keluarga, sahabat, dan pacar.

Kemudian, pengunjung juga bisa mengeksplor pantai dengan berjalan kaki. Karena pantai ini berada di sebuah teluk, maka tidak terlalu luas, sekitar 260 meter saja. Sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk berjalan kaki dari ujung ke ujung pantai.

pesona pantai ngampiran trenggalek 2023
Pengunjung sedang berjalan-jalan di Pantai Ngampiran Trenggalek/Foto: Nanang Rahman

Sembari berjalan-jalan di pinggiran Pantai Ngampiran Trenggalek ini, pengunjung bisa mencari tempat foto yang instagramable dan estetik. Tempat paling favorit di kalangan traveler dan selebgram untuk foto ada di kawasan yang terdapat bebatuan. Kombinasi pasir putih dan bebatuan disertai bentang laut berwarna biru sangat pas dijadikan latar foto.

Selain mengambil foto, pengunjung juga bisa mengambil video sinematik. Jika memiliki drone, panorama Pantai Ngampiran Trenggalek semakin cantik jika diambil dari udara. Nampak jelas paduan warna hijau dari perkebunan, putih dari pasir pantai, dan biru dari air laut.

pesona pantai ngampiran trenggalek 2023 1
Pengunjung sedang berpiknik di Pantai Ngampiran Trenggalek/Foto: Asti Damayanti

Pantai Ngampiran juga cocok dijadikan lokasi kemah. Saat senja datang, warna kemilau memenuhi laut. Seolah-olah ada emas yang meleleh di lautan. Kemudian duduk di tepian bersama pasangan dan ditemani minuman kopi yang membuat suasana semakin hangat.

Saat malam tiba, gemerlap bintang akan menghiasi langit malam. Tempatnya yang terhindar dari polusi cahaya, cahaya kecil dari bintang-bintang di langit sangat mudah untuk dilihat. Anda bisa mengabadikan saat-saat seperti ini lewat kamera ponsel.

pesona pantai ngampiran trenggalek 2023 7
Suasana senja di Pantai Ngampiran Trenggalek/Foto: Nabil Ahmad

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini saat musim kemarau. Pemandangan alam akan terlihat jelas saat cuaca cerah. Kemudian akses jalan relatif aman, karena saat hujan bisa licin dan cukup membahayakan.

Secara keseluruhan, Pantai Ngampiran Trenggalek bisa Anda masukkan ke daftar wisata yang akan dikunjungi. Dengan panorama yang natural, pantai ini sangat cocok dikunjungi di waktu liburan. Terutama bagi yang mencari tempat untuk healing, pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Lokasi Google Maps: https://goo.gl/maps/iaxEPv6K3fN5smeX7 

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang’Pantai Ngampiran Trenggalek’ ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Artikel terkait