Kabar TrenggalekKabar Trenggalek

Press ESC to close

5 Tips Persiapan sebelum Liburan Akhir Tahun agar Menyenangkan

Kabar Trenggalek - Liburan akhir tahun akan dinanti-nanti oleh setiap orang. Berbeda dari musim libur lainnya, liburan akhir tahun memiliki keistimewaan yakni akan ada perayaan pergantian malam tahun baru.Tak ayal, kebanyakan objek wisata diserbu oleh pelancong dari daerah maupun luar negeri. Bahkan, saat musim libur ini jalan-jalan menuju tempat wisata bisa macet bebrangenan dengan musim penghujan yang membuat wisatawan bisa sakit jika tidak menjaga kesehatan.Maka dari itu perlu sebuah persiapan yang matang agar saat berlibur menjadi menyenangkan.

1. Jaga kesehatan

Liburan akhir tahun tidaklah menyenangkan jika dijalani saat kondisi tubuh sedang sakit. Jadi, hal yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh. Seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur secukupnya dan minum air putih.Dengan tubuh yang tetap sehat membuat liburan menjadi menyenangkan. Selain itu, kondisi tubuh yang fit akan siap untuk mencoba berbagai objek wisata yang ada. Jadi, anda bisa mencoba dan mengunjungi banyak objek wisata karena tubuh anda tetap sehat.

2. Siapkan Uang Saku

Uang saku sangat penting selama anda pergi berlibur. Karena, selama berlibur uang saku ini menjadi dana penunjang ditempat liburan, seperti biaya transportasi, biaya tiket masuk, biaya makan, dan lain-lain.Makanya anda perlu menyiapkan uang saku dengan baik. Setidaknya sebelum liburan anda sudah menabung.Tak hanya itu, hal penting lainnya adalah membagi jenis pengeluaran selama liburan. Kelompokan pengeluaran anda berdasarkan kebutuhan premier dan sekunder.Misalnya kebutuhan premier seperti transportasi, tiket masuk, makan dan dana darurat. Sementara kebutuhan sekunder seperti oleh-oleh.

3. Tentukan Tujuan Tempat Berlibur

Sebelum anda berlibur sebaiknya menentukan tujuan tempat wisata terlebih dahulu. Karena untuk menyesuaikan dengan uang saku. Jika belum menentukan tujuan tempat berlibur, Anda bisa menentukan tempat untuk menghabiskan liburan.

4. Tentukan Transportasi

Kemudian siapkan akomodasi transportasi dan tempat menginap sebelum berlibur. Karena ini penting agar liburan Anda menyenangkan dan selama berlibur bisa terasa nikmat.Jika menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan pesawat, Anda harus membeli tiket pulang pergi jauh-jauh hari biar tidak kehabisan. Sayang sekali kan jika sudah menentukan tujuan wisata dan mempersiapkan uang saku akan tetapi gagal berlibur karena kehabisan tiket kereta dan tiket pesawat.Akan tetapi jika menggunakan kendaraan pribadi maka Anda harus memastikan kendaraanya siap untuk dipakai berpergian. Service kendaraan anda sebelum dipakai liburan.Seperti mengganti oli, memeriksa kondisi ban, mengecek kondisi perangkat pengereman dan mengecek kelistrikan. Jangan sampai selama liburan kendaraan Anda mogok di tengah perjalanan.

5. Tentukan Tempat Menginap

Dan persiapan yang terakhir adalah menentukan tempat menginap selama liburan. Booking penginapan jauh-jauh hari biar tidak kehabisan kamar. Selain itu, dengan booking penginapan jauh-jauh hari harganya lebih murah dibandingkan memesan saat hari liburan.Selain itu, saat menentukan tempat menginap usahakan pilih penginapan yang dekat atau dalam satu wilayah tempat wisata. Ini akan bermanfaat dalam pengeluaran, karena jika bisa berjalan kaki ke tempat wisata dari penginapan Anda tidak perlu uang tambahan untuk transportasi.Itulah 5 tips untuk mempersiapkan liburan akhir tahun Anda. Dan yang tak kalah penting pastikan tetap menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-19 selama menjalani liburan, yaitu memakai masker, jaga jarak (social distancing), & rajin mencuci tangan atau membawa hand sanitizer. Semoga liburannya menyenangkan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan *