BerandaNewsKesehatanEmpat Cara Mudah Cek Status Keaktifan BPJS Kesehatan

Empat Cara Mudah Cek Status Keaktifan BPJS Kesehatan

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Sebelum menggunakan layanan BPJS Kesehatan, para peserta harus tau status aktif atau tidaknya kartu BPJS Kesehatan. Inilah empat cara mudah cek status keaktifan BPJS Kesehatan.

Sering kali peserta tidak menyadari bahwa kartu BPJS Kesehatan miliknya tidak aktif. Hal itu dikarenakan, peserta sudah lama tidak memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan.

advertisement

Inilah empat cara mudah cek status keaktifan BPJS Kesehatan:

1. SMS

Cara cek pembayaran BPJS Kesehatan bisa melalui SMS. Anda bisa ketik ‘NIK Nomor Kependudukan atau NOKA Nomor Kartu BPJS Kesehatan’. Setelah itu, kirim ke nomor layanan BPJS Kesehatan di 087777-5500-400.

advertisement

2. WhatsApp

Status keaktifan BPJS Kesehatan bisa dicek dengan mudah lewat WhatsApp. Anda bisa chat ke nomor 0811-8750-400. Nantinya petugas akan memandu peserta untuk pengecekan data.

3. Website

Selain SMS dan WhatsApp, cek status keaktifan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Kemudian, Anda diminta untuk mengisi data yang diminta.

advertisement

Data untuk login BPJS Kesehatan tagihan adalah nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, serta angka validasi. Setelah mengisi semua data tersebut, Anda klik ‘cek’ dan data pembayaran akan keluar.

Berikutnya, data cek pembayaran BPJS Kesehatan akan menunjukkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif, atau tidak.

4. Aplikasi JKN

Cara terakhir cek status keaktifan BPJS Kesehatan yaitu dengan menggunakan aplikasi Kemudian ada juga aplikasi cek BPJS Kesehatan, yaitu mobile JKN di handphone Anda.

Setelah masuk ke aplikasi mobile JKN, Anda bisa registrasi dengan memasukkan nomor kartu BPJS dan alamat email. Berikutnya, login dengan data yang telah didaftarkan sebelumnya.

Anda pilih menu Tagihan, lalu Premi. Terakhir, Anda akan mendapatkan informasi cek tagihan BPJS Kesehatan di layar handphone.

Itu tadi empat cara mudah cek status keaktifan BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait