24.3 C
Trenggalek
Rabu, Desember 6, 2023

Manfaat Daun Kelor untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Kabar Trenggalek Daun kelor biasa dianggap daun penghilang aura mistis di tubuh manusia oleh orang jawa. Ternyata ada beragam manfaat daun kelor bagi tubuh manusia.

Daun kelor sangat mudah untuk ditanam di halaman rumah. Sebab, daun kelor memiliki pohon yang mudah tumbuh jika ditanam di tanah yang lembab.

Salah satu hal yang mengejutkan, manfaat daun kelor bisa menurunkan kadar gula darah di tubuh manusia. Berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Daun Kelor Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius yang menjadi ciri utama diabetes.

Seiring waktu, kadar gula darah tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga gula darah Anda dalam batas yang sehat. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan daun kelor bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Daun Kelor Bisa Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati bisa secara efektif mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond.

Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

3. Daun Kelor Melindungi Terhadap Toksisitas Arsenik

Kontaminasi arsenik pada makanan dan air merupakan masalah di banyak bagian dunia. Jenis beras tertentu mungkin mengandung kadar yang sangat tinggi.

Paparan arsenik tingkat tinggi dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan dari waktu ke waktu. Misalnya, penelitian telah mengaitkan paparan jangka panjang dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung.

Menariknya, beberapa penelitian pada tikus dan tikus telah menunjukkan daun dan biji daun kelor bisa melindungi terhadap beberapa efek keracunan arsenik.

Hasil ini menjanjikan, tetapi belum diketahui apakah ini juga berlaku untuk manusia. Penelitian pada hewan menunjukkan daun kelor bisa melindungi terhadap toksisitas arsenik.

4. Daun Kelor Bisa Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting, tetapi bisa menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Sebagian besar buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah memiliki sifat antiinflamasi.

Namun, sejauh mana mereka bisa membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa antiinflamasi yang dikandungnya. Para ilmuwan percaya isothiocyanates adalah senyawa antiinflamasi utama dalam daun, polong dan biji kelor.

5. Daun Kelor Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Radikal bebas tingkat tinggi bisa menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan dalam daun kelor. Daun kelor kaya akan berbagai antioksidan, termasuk quercetin dan asam klorogenat. Bubuk daun kelor bisa meningkatkan kadar antioksidan darah.

Demikian, manfaat daun kelor jika dikonsumsi untuk tubu manusia, apabila memiliki penyakit memang daun kelor ada manfaatnya. Namun, lebih baik dengan rekomendasi dokter dan ahli kesehatan.

ARTIKEL TERKAIT
MORE

POPULER