BerandaNewsKesehatanRagam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Tumbuhan lidah buaya sering kita jumpai di wilayah tropis. Bentuk lidah buaya memanjang seperti lidah dengan tekstur lunak dan ada durinya tapi tidak tajam. Ada beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit.

Bagi beberapa orang, tentunya pernah mengalami masalah kulit sering terjadi, mulai kulit kering, jerawatan dan lain sebaginya. Salah satu solusi perawatan yang alami adalah menggunakan tumbuhan lidah buaya.

advertisement

Cara mengaplikasikan lidah buaya sebagaimana dilansir dari Healthline, bisa diaplikasikan sebagai masker wajah. Selain dijadikan perawatan kulit bagian wajah, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat terhadap luka sayatan, dan dapat meredakan luka lainnya.

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki yang Penting untuk Kesehatan, Tapi Jarang Diketahui

Berikut ini ragam manfaat tumbuhan lidah buaya untuk kesehatan kulit:

advertisement

1. Mengobati jerawat meradang.

Gel lidah buaya memiliki kandungan anti-peradangan yang bermanfaat membantu meredakan jerawat meradang, seperti nodula dan pustula.

Penggunaan sangat mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area terdampak menggunakan kapas setidaknya sehari tiga kali.

2. Meredakan gejala psoriasis.

advertisement

Lidah buaya diyakini juga bermanfaat meredakan peradangan maupun gatal-gatal karena psoriasis. Supaya bisa mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa mengaplikasikannya pada area terdampak setidaknya sehari dua kali.

Baca juga: Ikan Asap Khas Trenggalek Selain Gurih, Menyimpan Banyak Manfaat

3. Meredakan gejala eksim.

Lidah buaya bermanfaat melembapkan kulit kering maupun gatal karena eksim. Selain itu, gel lidah buaya berguna juga untuk meringankan dermatitis seboroik.

Walaupun jenis eksim berminyak sering dijumpai pada kulit kepala, kondisi ini juga bisa memengaruhi kulit wajah serta belakang telinga.

4. Mengatasi kulit kering.

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya adalah membantu mengatasi kulit kering. Gel lidah buaya mampu meresap cepat ke kulit. Itulah mengapa, gel lidah buaya baik untuk kulit berminyak. Meski demikian, gel lidah buaya juga bermanfaat dalam mengatasi kulit kering.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu bisa mengoleskannya ke wajah setelah mandi sebagai pengganti pelembap.

5. Meredakan luka sayat.

Lidah buaya juga berguna untuk meredakan luka karena sayatan. Struktur molekular dalam lidah buaya membantu mengobati luka secara cepat, meningkatkan kolagen serta melawan bakteri. Cara pengaplikasiannya bisa dengan mengoleskannya sehari tiga kali.

Duri lidah buaya yang tidak tajam
Duri lidah buaya yang tidak tajam/Foto: Pixabay

Baca juga: Manfaat Cuci Tangan 20 Detik

6. Mengobati luka lecet.

Gel lidah buaya juga bermanfaat dalam menyembuhkan luka lecet ringan di bagian dahi atau dagu. Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada area yang luka setidaknya seminggu tiga kali.

Selain itu, lidah buaya juga berguna meminimalisir rasa nyeri serta sensasi terbakar.

7. Meredakan Kulit Terbakar.

Gel lidah buaya bermanfaat untuk meredakan kulit terbakar. Cara pengaplikasiannya, bisa dengan mengoleskan pada area terdampak setidaknya sehari tiga kali menggunakan kain kasa.

Efek Samping Penggunaan Lidah Buaya

Meskipun pengaplikasian lidah buaya secara tropikal terbilang aman, namun otoritas kesehatan tak memberi aturan khusus mengenai penggunaan produk gel lidah buaya.

Artinya, penggunaan lidah buaya sepenuhnya diserahkan ke konsumen agar tetap digunakan secara bijak dan aman. Jika mengalami efek samping, segera hubungi dokter agar bisa segara diatasi.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait