BerandaGaya HidupMakanan dan Camilan Khas Hari Raya Imlek 2022 yang Wajib Dicoba

Makanan dan Camilan Khas Hari Raya Imlek 2022 yang Wajib Dicoba

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Hari Raya Imlek jatuh pada 1 Februari 2022. Setiap perayaan hari besar umat bergama, memilki kuliner khas. Seperti kuliner khas Hari Raya Imlek 2022 memliki beberapa makna, Senin (23/01/2022).

Makna kuliner khas Hari Raya Imlek seperti keberuntungan, panjang umur dan juga kemakmuran. Makna kuliner ini tidak hanya berlaku untuk makanan utama saja, tapi juga pada camilannya.

advertisement

Berikut Ini adalah makanan dan camilan khas hari raya imlek tahun 2022:

1. Ikan Bandeng Kukus

Makanan ikan bandeng kukus ini adalah hidangan makanan khas hari raya imlek. Masyarakat Tionghoa meyakini, dengan mengonsumsi ikan pada malam tahun baru Imlek, dapat meningkatkan kemakmuran pada tahun baru dan seterusnya.

Baca juga: Peta Kuliner Khas Trenggalek yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2022

2. Mie Panjang Umur

advertisement

Mie Panjang Umur adalah hidangan sakral bagi umat Tionghoa, karena mie panjang umur ini dihidangkan dengan panjang 60 centimeter. Masyarakat Tionghoa meyakini, makan mie panjang umur dapat membawa keberuntungan.

Memasak mie panjang umur juga harus hati-hati. Jika ketika mie ini putus, maka dimaknai akan mendapatkan nasib yang buruk berupa umur yang pendek.

3. Lumpia

Makanan lumpia menjadi hidangan di Hari Raya Imlek. Hal ini karena diyakini juga dapat mendatangkan kemakmuran. Hidangan Imlek yang satu ini sangat populer, khususnuya di kawasan Tiongkok Timur, seperti Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, dan Hong Kong.

4. Nian Gao

Niango merupakan sebutan hidangan tradisional berupa kue beras ketan. Apabila diterjemahkan, nian gao memiliki makna kue tahun baru. Makanan ini terbuat dari ketan, gula, kastanye, kurma, dan daun teratai dengan tekstur yang lengket dan padat.

advertisement

Baca juga: Ikan Asap Pantai Trenggalek, Rujukan Oleh-Oleh Wisata Akhir Tahun 2021

5. Pangsit

Makanan berikutnya yang tidak boleh terlewatkan saat malam Imlek adalah pangsit. Hidangan ini diidentikkan sebagai kekayaan. Diyakini Semakin banyak pangsit yang dimakan saat tahun baru, semakin banyak uang yang akan dihasilkan.

Tidak semua pangsit dapat disajikan saat Hari Raya Imlek. Isian pangsit menentukan doa-doa yang diharapkan di tahun baru.

6. Kacang Tanah

Camilan kacang tanah diyakini dapat membawa umur panjang, kekayaan, dan kehormatan. Dalam perayaan Hari Raya Imlek, kacang tanah disajikan tanpa kulit.

Baca juga: Delapan Wahana Air Terbaru di Trenggalek, Wajib Coba saat Berkunjung ke Pantai Mutiara

7. Kelengkeng Kering

Kelengkeng kering melambangkan reuni. Ini adalah camilan Hari Raya Imlek teratas, karena makna tersiratnya.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, memakan lengkeng kering dapat menyehatkan vitalitas seseorang. Biasanya lengkeng kering disajikan tanpa kulit. Anda bisa memakan dagingnya secara langsung atau untuk membuat teh.

8. Kurma Merah

Merah adalah warna keberuntungan di China yang berarti makmur. Kurma merah pun selalu ada dalam acara-acara sukacita termasuk festival, upacara pernikahan, pesta pindahan rumah dan peringatan satu bulan kehidupan bayi.

Sebagai camilan Tahun Baru Imlek, kurma merah disajikan sebagai buah kering. Bisa dimakan langsung atau memotongnya untuk dijadikan teh. Kurma merah merupakan sebuah simbol untuk kekayaan dan kemakmuran.

Demikian beberapa makanan dan camilan khas Hari Raya Imlek tahun 2022 yang wajib dicoba. Berbagai makanan yang memiliki makna kemakmuran di perayaan Hari Raya Imlek.

advertisement

Berita Baru

Mengenang Perjuangan Rakyat Bersenjata dalam Peringatan HUT Ke-77 TNI di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kodim 0806 Trenggalek bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek dan pihak...

Spoiler One Piece 1062: Petualangan di Pulau Ilmu Pengetahuan

Kabar Trenggalek - Setelah pada chapter 1061 yang terbit dua pekan yang lalu kita...

Ketua PCNU Trenggalek Tutup Usia, Mas Ipin: Tokoh yang Dicintai Masyarakat 

Kabar Trenggalek - Masyarakat Trenggalek dilanda duka atas wafatnya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Napak Tilas Perjalanan Sejarah

Kabar Trenggalek - Hari Jadi Trenggalek Ke-828 Bumi Menak Sopal diwarnai dengan beberapa agenda...

Berita Terkait