TRENDING

Ikan Asap Pantai Trenggalek, Rujukan Oleh-Oleh Wisata Akhir Tahun 2021

Terbit:

Kabar Trenggalek Berkunjung ke destinasi wisata Pantai Bumi Menak Sopal Trenggalek akan terasa kurang jika tidak mampir ke pusat oleh-oleh khas pantai pesisir selatan, yaitu di wilayah Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Oleh-oleh rujukan wisata pantai di Trenggalek itu adalah ikan asap pantai Trenggalek, Kamis (30/12/2021).

Wisatawan akan dihadapkan dengan jejeran ikan asap ketika bertandang di Pantai Pasir Putih Trenggalek. Ada berbagai macam hidangan ikan asap, seperti cumi asap, tuna asap, dan aneka ikan dari laut bumi menak sopal Trenggalek.

advertisement

Baca juga: Menikmati Kesejukan Akhir Tahun 2021 di Destinasi Wisata Pantai Pelang Trenggalek

Para pedagang menjajakan ikan asap di rukonya sepanjang jalan. Ada sekitar 40 ruko yang isinya menjajakan ikan asap.

Seperti salah satu ruko milik Murohkan, warga Desa Tasikmadu yang siap menyambut kedatangan wisatawan akhir tahun 2021 dengan olahan ikan asapnya.

“Akhir tahun biasanya banyak yang berkunjung ke tempat wisata, namun hari ini ketika dibatasi ya belum tahu banyak tidaknya,” ucap Murohkan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Baca juga: Syarat Berwisata di Trenggalek saat Libur Natal dan Tahun Baru 2022

Menurut penjelasan Murohkan, saat ruko dibuka, ekonomi pelaku wisata mulai membaik. Hal itu dikarenakan mata pencaharian mereka mengandalkan dari kedatangan wisata yang membeli olahan ikan asap.

“Biasanya orang yang beli olahan ikan asap itu untuk oleh-oleh ketika pulang ke rumah, jadi ya sangat ketergantungan sama wisatawan,” jelasnya.

advertisement

Murohkan mengaku, untuk vaksinasi para penjual oleh-oleh ikan asap itu mayoritas sudah mendapatkan suntikan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Baca juga: Sensasi Nongkrong di Kebon Salak, Cafe Shop yang Diinisiasi Pemuda Desa Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek

“Kalau vaksin untuk pelaku wisata semua sudah. Ada yang masih dosis pertama dan dosis kedua, namun mayoritas penjual oleh-oleh ikan asap sudah dosis kedua semua,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Trenggalek membuka destinasi wisata saat liburan tahun baru 2022. Namun ada beberapa syarat untuk wisatawan yang berkunjung ke Trenggalek.

Sunyoto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek menerangkan pembatasan wisatawan yang bisa masuk di Trenggalek hanya yang lolos scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

Proses pembakaran ikan asap oleh-oleh khas Trenggalek
Proses pembakaran ikan asap oleh-oleh khas Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Baca juga: Pemuda Trenggalek Raih Juara 1 Lomba Film Pendek Pesona Wisata Jawa Timur

“Hanya wisatawan yang berwarna hijau dari scan barcode yang kami perkenankan masuk untuk berlibur di destinasi wisata Trenggalek,” ujar Sunyoto.

Kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi dinyatakan sudah lengkap dalam vaksinasi dosis pertama maupun kedua, sehingga bisa mengakses fasilitas umum.

“Saya juga mengimbau selain perketat wisatawan masuk, juga pengelola wisata menerapkan jumlah maksimal pengunjung 75%,” kata Sunyoto.

Pemkab Trenggalek melarang pesta perayaan pergantian tahun dengan berkerumun di tempat wisata. Larangan itu berlaku bagi tempat wisata tertutup maupun terbuka.

Penggunaan pengeras suara yang bisa memicu berkumpulnya pengunjung juga dilarang. Termasuk membatasi kegiatan masyarakat, seperti kegiatan seni budaya di tempat wisata.

“Pengelola destinasi juga harus berlaku sebagai Satuan Tugas Covid-19 di destinasi masing-masing,” tandasnya.

Baca tulisan lainnya di kabartrenggalek.com tentang WISATA

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT