BerandaNewsWisataBerkunjung ke Wisata Jurug Waru Dongko Kabupaten Trenggalek

Berkunjung ke Wisata Jurug Waru Dongko Kabupaten Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Keindahan alam Bumi Menak Sopal Trenggalek sudah tidak diragukan lagi. Salah satu wisata alam di Trenggalek yang cukup menarik perhatian adalah Jurug Waru Dongko yang ada di Desa Watuagung, Kecamatan Dongko.

Keindahan air terjun yang keluar dari sela-sela batu dan telaga yang jernih mampu menghilangkan rasa penat dan stress saat pertama kali sampai di tempat wisata alam itu.

advertisement

Dinamakan Jurug Waru dikarenakan air terjunnya terletak di antara tebing yang sekitarnya berbentuk seperti daun waru (daun berbentuk seperti hati).

Air Terjun Jurug Waru ini dikelilingi bukit dan tebing-tebing yang tinggi sehingga menimbulkan kesan mewah dan berbeda dibandingkan tempat wisata alam air terjun lainnya. Hamparan telaga berwarna hijau yang ada di bawah air terjun jurug waru ini menambah kesan eksotis.

suasana jurug waru dongko trenggalek
Suasana Jurug Waru Dongko Trenggalek | Foto: Dokumen Istimewa

Baca juga: Daftar 35 Desa yang Masuk Program 100 Desa Wisata Trenggalek Tahun 2021

advertisement

Untuk pengunjung yang baru datang ke tempat ini dan tidak bisa berenang, sangat tidak disarankan untuk berenang sampai ke tengah danau karena danaunya cukup dalam.

Keindahan Jurug Waru semakin nampak dengan dasar sungai yang terbentuk dari bebatuan karst. Salah satu spot yang paling menarik adalah bebatuan yang ada di dekat air terjun. Untuk menjangkaunya, pengunjung harus melewati tepian tebing yang relatif curam dengan bantuan tangga bambu.

Bagi pengunjung yang ingin ke tempat wisata air terjun ini, bisa menggunakan jalur dari Kota Trenggalek menuju ke Kecamatan Dongko dengan kondisi jalan yang menanjak naik.

Setelah sampai di Kecamatan Dongko, perjalanan bisa dilanjutkan hingga ke Desa Pandean, tepatnya hingga ketemu Puskemas Pandean belok kiri.

advertisement

Baca juga: Alam Terancam Rusak, Inilah Daftar Desa di Trenggalek yang Masuk Konsesi Tambang Emas PT SMN

Dari situ, akan terlihat papan petunjuk jalan yang menunjukan arah menuju Jurug Waru. Jika masih bingung, bisa bertanya ke warga sekitar.

Perlu diketahui, untuk mencapai lokasi di mana Jurug Waru berada, pengunjung harus mempersiapkan kesabaran yang cukup, karena jalan menuju ke lokasi lumayan susah.

Bicara fasilitas, fasilitas di Jurug Waru ini bisa dibilang lengkap untuk ukuran wisata alam yang terletak di tengah pedesaan.

Fasilitas yang disediakan berupa area parkir, toilet umum, tempat istirahat dan masih banyak fasilitas lainnya yang ada di Jurug Waru.

advertisement

Berita Baru

Pertama di Indonesia, Kadin Trenggalek Goes To School: Tumbuhkan Minat Jadi Pengusaha

Kabar Trenggalek - Perkembangan zaman yang terus melangkah maju tak lain sama dengan dunia...

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Ramai Tolak Tambang Emas Trenggalek di Akun Twitter Emil Dardak, Ini Duduk Perkaranya

Kabar Trenggalek - Suara tolak tambang emas Trenggalek sempat ramai di twitter @EmilDardak, milik Emil...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek Ke-828, Bupati Sebut Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Kabar Trenggalek - Peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Mochamad Nur Arifin, menyebut ada...

Berita Terkait