BerandaNewsWisataPeta Kuliner Khas Trenggalek yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2022

Peta Kuliner Khas Trenggalek yang Wajib Dikunjungi di Tahun 2022

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Kabupaten Trenggalek dikenal sebagai Bumi Menak Sopal. Selain mempunyai wisata pantai dan bentangan gunung, ada juga berbagai suguhan kuliner khas Trenggalek, Kamis (23/01/2022).

Kuliner di Kabupaten Trenggalek ternyata memiliki khas tersendiri. Mulai dari nasi gegok yang dibungkus daun pisang. Kemudian ada lodho ayam kampung dengan rasa yang khas. Tentunya masih masih banyak lagi kuliner lainnya.

advertisement

Baca juga: Ikan Asap Khas Trenggalek Selain Gurih, Menyimpan Banyak Manfaat

Berikut ini kuliner khas Trenggalek yang wajib dikunjungi di tahun 2022:

1. Sego Tiwul Mak Ut

Bagi Anda yang sudah lama tinggal di Jawa Timur, seharusnya sudah tidak asing dengan yang namanya sego tiwul. Makanan ini sejatinya merupakan olahan yang berbahan dasar singkong yang kemudian diatasnya diberi parutan kelapa.

advertisement

Hidangan ini sempat menjadi makanan pokok sebagai pengganti beras bagi masyarakat Jatim. Sego tiwul merupakan makanan khas yang bisa Anda temukan di Trenggalek, Wonogiri, Pacitan, dan Blitar.

Cita rasanya yang unik akan membuat penikmatnya merasa ketagihan. Rasanya yang gurih dan kaya akan aroma kelapa membuat kebanyakan orang merasa tergugah untuk menyantapnya.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga tidak menguras kantong. Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati hidangan yang satu ini, Warung Sego Tiwul Mbak Ut berada di sekitaran Jalan Raya Durenan, Bendo, Kabupaten Trenggalek.

Akses ke sana juga cukup mudah sehingga membuat pengunjung tidak kesulitan dalam menemukannya.
Lokasi: Jl. Raya Durenan, Kec. Bendo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

advertisement

Baca juga: Menikmati Sensasi Ayam Ungkep Mbah Wandi, Masakan Khas Pule Trenggalek

2. Nasi Gegok Mbah Tumirah

Para pemburu kuliner, pasti tidak asing dengan nasi sambal dan dibungkus daun pisang, atau bisa di sebut nasi gegok.

Sebelumnya, nasi gegok ditaburi dengan sambal teri/ikan kecil-kecil, seiiring dengan minat masyarakat ada inovasi yang dikembangkan menjadi taburan ikan laut, jenis tuna maupun tongkol.

Tahukan Anda darimana istilah gegog berasal?

Nama tersebut berasal dari bahasa jawa yang merupakan kependekan dari “Sego Genem Godhong Gedhang”. Sesuai dengan namanya, nasi gegog dibungkus menggunakan daun pisang. Tidak heran bahwa aromanya yang khas membuat pengunjung merasa tertarik untuk mencobanya.

Disamping itu harga hidangan ini sangatlah terjangkau sehingga dijamin dapat membuat liburan jauh lebih berkesan.

Lokasi: Jl. Trenggalek-Bendungan, Srabah, Kec. Bendungan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Baca juga: Memanjakan Lidah dengan Botok Ikan Laut Legendaris di Pesisir Selatan Trenggalek

3. Rujak Cingur Sumbergedong

Rujak cingur menjadi makanan khas nusantara yang sebenarnya lebih terkenal dari wilayah Surabaya.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengunjungi rujak cingur Sumbergedog yang lokasinya berada di sekitaran jalan Diponegoro Kabupaten Trenggalek.

Saus kacangnya yang kental dan gurih dijamin bisa memanjakan lidah pengunjung. Isian yang ada di dalam rujak cingur ini juga sangat beragam.

Beberapa item yang bisa Anda temukan di antaranya adalah lontong, tauge, cingur, timun, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk melengkapi hidangan dengan sebuah kerupuk sehingga santapan Anda lebih kaya tekstur.

Warung ini tak pernah sepi pengunjung dan selalu ramai terlebih saat jam makan siang. Mengantri menjadi salah satu jalan yang harus Anda lakukan demi mendapatkan rujak cingur yang satu ini.

Saking banyaknya antrian lebih baik Anda datang jangan mendekati waktu istirahat kantor. Warung ini menyediakan sistem take away atau bungkus sehingga Anda masih bisa menikmatinya sembari melanjutkan ke destinasi wisata lain di Trenggalek.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.81, Sawahan, Sumbergedong, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Baca juga: Menikmati Nasi Bakar Kang Hamim Khas Trenggalek

4. Lodho Ayam Kampung Pak Yusuf

Makanan khas trenggalek dengan ayam kampung dan bumbu lezat ini menjadi buronan wisata kuliner. Lodho pak yusuf, yang memiliki cabang di kota besar, menjadi ikon Kabupaten Trenggalek yang memiliki jargon Meroket.

Salah satu lokasi andalan pelancong yang datang berkunjung ke Trenggalek adalah Lodho Ayam Kampung Pak Yusuf. Ayamnya yang lembut dipadukan dengan bumbu lodho yang sedikit pedas dan kaya rempah dapat membuat penikmatnya ketagihan.

Bagaimana tidak? Setelah seharian mengulik ragam persona Trenggalek, makanan ini dapat menjadi penutup perjalanan yang sempurna.
Resep yang dikembangkan oleh Pak Yusuf ini sudah turun temurun dan restoran sudah mulai dibuka sejak tahun 1987.

Tentu pengalaman inilah yang membuat cita rasanya semakin otentik. Bagi Anda yang penasaran, lokasi tempat makan ini berada di wilayah Pogalan Kabupaten Trenggalek. Tempatnya sangat mudah untuk dicari karena aksesnya yang berada di pinggir jalan.

Lokasi: Jl. Raya Kedunglurah, Brongkah Wetan, Kec. Pogalan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

5. Warung Bu Lam Trenggalek

Makanan yang lezat tak hanya dikunjungi, di restoran mewah, namun warung di Trenggalek yang terkenal Bu Lam ini wajib dikunjungi.
Lokasi yang strategis dengan Alun-Alun Trenggalek ini tak pernah sepi, harga yang dipatok juga sangan humble di kantong.

Banyak anak muda yang suka nongkrong dan menikmati masakan khasnya Bu Lam.
Salah satu menu andalan yang paling dicari adalah nasi urap urap dan lauk ikan tongkol panggang. Mendengar namanya saja sudah dijamin membuat perut keroncongan.

Hidangan ini menjadi andalan karena resep rahasia yang Bu Lam kembangkan penuh dengan rempah. Rasanya yang kaya, pastinya dapat membuat penikmatnya ketagihan.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Hamka No.18, Krajan, Ngantru, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait