TRENDING

Lokasi Calon Tambang Emas Kampak Trenggalek Longsor

Terbit:

Kabar Trenggalek Curah hujan tinggi di Kabupaten Trenggalek patut untuk diwaspadai. Pasalnya, kondisi ini hampir selalu membawa kejadian bencana alam, baik longsor maupun banjir.

Seperti yang terjadi di RT 43 Dusun Pesu, Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, Trenggalek. Hujan yang terjadi pada dini hari menyebabkan bahu jalan longsor dan hampir menimpa rumah warga (08/10/2022).

advertisement

Di dalam video yang dikirimkan Imam Safii, Warga Kampak, tampak tanah longsor menyebabkan separuh jalan rusak dan hampir menimpa rumah warga yang berada tepat di bawah jalan.

“Ini yang ambrol jalan desa, pantauan saya hujan terjadi sejak jam 04.00 WIB dini hari dan sampai sekarang belum reda,” ungkap Imam, sekaligus membenarkan kejadian tanah longsor tersebut.

Baca: Jadi Lokasi Pertama Eksploitasi, PAC GP Ansor Kampak Sepakat Tolak Tambang Emas PT SMN

Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, merupakan kawasan yang masuk area konsesi tambang emas PT SMN. Rencananya pihak pemegang IUP-OP tambang emas itu akan menjadikan Desa Karangrejo sebagai tempat pertama yang hendak dieksploitasi.

Sebelumnya, pada tahun 2019, Gubernur Jawa Timur memberikan izin produksi tambang emas kepada PT SMN, meskipun mendapatkan penolakan dari kalangan masyarakat. Menurut data dari situs resmi MODI ESDM, PT SMN mendapatkan IUP Operasi Produksi dengan surat nomor P2T/57/15/.02/VI/2019.

PT SMN mendapatkan izin untuk melakukan operasi produksi emas di lahan seluas 12.813 hektare. Kecamatan yang masuk dalam lokasi operasi produksi tersebut, di antaranya Kecamatan Kampak, Watulimo, Dongko, Munjungan, Gandusari, Tugu, Karangan, Pule dan Suruh. Izin operasi produksi tersebut berlaku sejak 24 Juni 2019 sampai 24 Juni 2029.

Kabar terbaru, pada 12 Februari 2022, Kementerian Energi Sumber Saya dan Mineral (ESDM) membalas surat penolakan tambang emas yang suarakan oleh masyarakat bersama Bupati Trenggalek. Dalam poin pertama surat itu, Kementerian ESDM menerangkan bahwa area yang digunakan untuk kegiatan operasi produksi (project area) adalah seluas 396,5 Ha.

advertisement

Baca: Ramai Tolak Tambang Emas Trenggalek di Akun Twitter Emil Dardak, Ini Duduk Perkaranya

Berdasarkan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) Tambang Emas PT SMN, lokasi awal eksploitasi yaitu di pegunungan Dusun Sentul (Desa Karangrejo) dan Buluroto (Desa Ngadimulyo), Kecamatan Kampak. PT SMN menyebutnya sebagai Prospek Sentul-Buluroto.

Berbagai fasilitas pertambangan emas akan dibangun di wilayah Prospek Sentul-Buluroto. Seperti disposisi area, bukaan tambang pit, jalan tambang, kantor administrasi tambang, gudang bahan peledak, dan lain-lain.

Dalam seminggu terakhir ini, tingginya curah hujan di Trenggalek menyebabkan beberapa wilayah mengalami bencana longsor serta banjir, di antaranya:

  1. Tanah longsor di Dusun Krajan, Desa Pringapus, Kecamatan Dongko, pada Kamis, 06 Oktober 2022.
  2. Tanah longsor di Dusun Krajan, Desa Bogoran, Kecamatan Kampak, pada Kamis, 06 Oktober 2022.
advertisement

TERBARU

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

Viral Sekelompok Orang Copot Papan Nama Gereja Reformed Injili Indonesia di Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kabar Trenggalek - Bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyisakan duka...

TOPIK TERKAIT