TRENDING

Ramai Tolak Tambang Emas Trenggalek di Akun Twitter Emil Dardak, Ini Duduk Perkaranya

Terbit:

Kabar TrenggalekĀ Suara tolak tambang emas Trenggalek sempat ramai di twitter @EmilDardak, milik Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur, pada Selasa (27/09/2022). Suara itu mempertanyakan sikap Emil sebagai pejabat publik dalam penolakan tambang emas oleh PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) di Trenggalek itu, Rabu (27/09/2022).

Saat Kabar Trenggalek meruntut duduk perkaranya, suara tolak tambang emas di akun twitter @EmilDardak itu dimulai ketika Emil retwet dengan kutipan, terhadap twit dari Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Pusat (LHKP PP) Muhammadiyah, pada Minggu (11/09/2022). Twit dari LHKP PP Muhammadiyah berisi tentang penolakan tambang emas oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Trenggalek. Emil mengatakan:

advertisement

“Intinya jka mudharat lbh besar, wajib ditolak” – pernyataan ini sangat bijak, maka dibutuhkan transparansi kajian yg buktikan manfaat vs mudharat demi kemaslahatan masyarakat Trenggalek.

Twit dari Emil itu mendapat balasan dari akun @rakyatnggalek, milik Aliansi Rakyat Trenggalek. Dalam twitnya, Aliansi Rakyat Trenggalek, mengatakan bahwa rakyat Trenggalek tidak butuh kajian tambang emas lagi.

Akibat mendapat kritik dari berbagai kalangan netizen, Emil segera merespons surat Bupati Trenggalek yang dikirim pada 8 Agustus 2022 tentang perihal permohonan pembatalan izin usaha pertambangan ā€“ operasi produksi (IUP ā€“ OP) PT SMN. Twit itu diunggah Emil pada Jumat (16/092022):

Nggih, kami sempat bicara dgn bupati @mna_______ juga. Surat bru beliau diterima kadis ESDM kemarin & langsung ditindaklanjuti utk koordinasi selanjutnya dgn Kementerian ESDM. Berikut surat pak Kadis. Smg ikhtiar ini membawa berkah bagi masyarakat.

Surat dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, menerangkan bahwa surat Bupati Trenggalek akan ditindaklanjuti kepada Kementerian ESDM dan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara.

Tanggapan Surat Bupati Trenggalek oleh Dinas ESDM Jatim
Tanggapan Surat Bupati Trenggalek oleh Dinas ESDM Jawa Timur/Foto: @EmilDardak (Twitter)

Akan tetapi, suara penolakan tambang emas Trenggalek tidak berhenti sampai di situ. Pada Selasa (27/09/2022), Aliansi Rakyat Trenggalek mengunggah twit yang berisi surat undangan dari Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Timur. Kegiatan dalam undangan itu adalah Pemeriksaan Lapangan dalam rangka Pertimbangan Teknis Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan untuk kegiatan operasi produksi dan eksplorasi lanjutan dari PT SMN.

advertisement

Dalam twit unggahannya, Aliansi Rakyat Trenggalek, diberi judul IKHTIAR PALSU PEMPROV JATIM. Aliansi Rakyat Trenggalek, mengatakan, Jumat (16 September 2022) Emil menyatakan dukungan perjuangan tolak tambang emas PT SMN di Trenggalek. Ternyata, pernyataan itu hanya palsu dari Pemprov Jawa Timur, untuk meredam amarah Rakyat Trenggalek.

Emil kembali mendapat kritik dari berbagai kalangan netizen. Kemudian, Emil membalas bahwa ia baru mendapatkan info soal acara antara Dishut Jawa Timur dan PT SMN pada Selasa pukul 11.29 WIB, dari laporan Kepala Dinas ESDM. Pukul 11.36 WIB, Emil menginfokan kepada Kepala Dishut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) bahwa Pemprov Jatim sudah menyampaikan dukungan atas permohonan Bupati Trenggalek untuk tidak dilanjutkannya izin eksploitasi tambang emas. Sehingga, kegiatan PT SMN dan Dishut Jawa Timur seharusnya tidak berjalan.

Lalu, pada Rabu (28/09/2022), Emil mengabarkan bahwa kegiatan PT SMN dan Dishut Jawa Timur pada Rabu-Jumat (28-30/09/2022) dibatalkan. Dalam twitnya, Emil melampirkan surat pembatalan yang ditandatangani oleh Kepala Dishut Jawa Timur, Jumaidi. Emil mengatakan:

Kegiatan terkait tambang emas yg semula dijadwalkan hari ini telah dibatalkan. Apresiasi kami utk Kadishut atas langkah tsb. Trm ksh juga utk KadisESDM yg mengabari perihal ini kemarin siang.

Surat Pembatalan Undangan Pemeriksaan Lapangan PT SMN oleh Dishut Jatim
Surat Pembatalan Undangan Pemeriksaan Lapangan PT SMN oleh Dishut Jawa Timur/Foto: @EmilDardak (Twitter)

Hingga berita ini diterbitkan, Kabar Trenggalek terus memantau informasi terkini terkait pembatalan kegiatan antara PT SMN dan Dishut Jawa Timur.

advertisement

TERBARU

Cara Mudah Berlangganan Video untuk Nonton Piala Dunia 2022

Kabar Trenggalek - Apakah Anda pecinta sepak bola tapi sedang sibuk keluar rumah terus?...

Indikasi Perkawinan Anak di Trenggalek Menurun, Pemkab: Jangan Terlena

Kabar Trenggalek - Indikasi perkawinan anak di Trenggalek menurun. Nafas lega itu tak boleh...

AMD Rilis Ryzen 7020 Series untuk Mobile dengan Performa Unggul

Kabar Trenggalek - AMD resmi merilis jajaran baru Ryzen 7020 Series dan Athlon 7020...

TOPIK TERKAIT