BerandaNewsSosialViral Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet, Gus Muwafiq: Saya Jengkel Dengar Itu

Viral Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet, Gus Muwafiq: Saya Jengkel Dengar Itu

Terbit:

advertisement

Kabar TrenggalekLagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet‘ menuai komentar dari Gus Muwafiq, salah satu ulama di Jawa. Menurut Gus Muwafiq, lagu itu tidak memiliki etika karena Joko Tingkir adalah tokoh ulama besar yang berpengaruh, Sabtu (13/08/2022).

Gus Muwafiq dalam ceramahnya menuduh pengarang lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’ pasti tidak tahu sejarah seorang ‘Joko Tingkir’ yang juga berkontribusi dalam perjuangan dakwah islam.

advertisement

Gus Muwafiq menuturkan bahwa nama asli dari ‘Joko Tingkir’ adalah Sultan Hadiwijaya menantu Sultan Trenggono, muridnya Sunan Kalijaga, ulama besar.

Kula niki jengkel miring lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’ iki sopo sing ngarang? Ndang dikandani iku dudu jeneng sembarangan [Saya jengkel dengan lagu joko tingkir ngombe dawet, siapa pengarangnya, cepat di kasih tahu, itu bukan nama sembarangan],” ucap Gus Muwafiq dikutip dari laman YouTube.

Dalam ceramahnya itu, Gus Muwafiq merincikan sanad para ulama besar yang sambung dengan Sultan Hadiwijaya atau nama populernya Joko Tingkir.

advertisement

Menurut Gus Muwafiq, Kiai Hasyim Asyari belajar dari Kiai Kholil Bangkalan, juga Kiai Soleh Darat, termasuk Mbah Asy’ari ayahnya sendiri.

“Kemudian Mbah Asy’ari belajarnya dari Mbah Khoiron atau Mbah Gareng Ngroto Purwodadi, Mbah Gareng belajar di Mbah Abdul Wahid Salatiga,” katanya.

Lalu, Mbah Abdul Wahid belajarnya di mbah Abdul Khalim Boyolali, Mbah Abdul Khalim belajarnya di Mbah Sufyan Tuban, Mbah Sufyan Tuban belajar di Mbah Jabbar Nglirip, Mbah Jabbar Ngelirip belajar di Mbah Abdurrahman Lasem.

“Mbah Abdurrahman Lasem belajar ke Mbah Benowo Mbah Benowo Mondok di Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir yang menurunkan ulama ulama Jawa,” tegas Gus Muwafiq.

advertisement

Sebelumnya, lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’ dipopulerkan oleh artis papan atas seperti Deny Caknan, Happy Asmara, Yeni Inka dan Cak Percil.

Lagu tersebut juga masuk dalam bursa trending YouTube. Bahkan lagu duet Deny Caknan, Cak Percil, dan Cak Sodiq sudah ditonton sebanyak 13 juta. Namun, Gus Muwafiq berkata lain bahwa nama ‘Joko Tingkir’ bukan nama sembarangan.

advertisement

Berita Baru

Viral Tentara Tendang Suporter saat Tragedi Kanjuruhan, Panglima TNI: Itu Tindak Pidana

Kabar Trenggalek - Tragedi Kanjuruhan tak hanya memberikan duka bagi masyarakat Indonesia. Tapi, Tragedi...

Sempat Sebut Jumlah 174 dan 131, Emil Dardak Pastikan Ada 125 Korban Meninggal di Tragedi Kanjuruhan

Kabar Trenggalek - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kembali menyebutkan jumlah yang...

Hujan Deras, Tiga Desa di Kecamatan Watulimo Dilanda Banjir 

Kabar Trenggalek - Hujan dengan intensitas deras di Trenggalek semalam mengakibatkan Kecamatan Watulimo Trenggalek...

Viral Hari ini

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Berita Terkait