BerandaNewsWisataKuliner Khas Trenggalek Cocok untuk Memanjakan Lidah, Lengkap dengan Alamatnya

Kuliner Khas Trenggalek Cocok untuk Memanjakan Lidah, Lengkap dengan Alamatnya

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Kabupaten Trenggalek yang dikenal dengan sebutan Bumi Minak Sopal, tak akan terpisah dengan kekayaan sosial dan budaya. Misalnya, budaya wisata yang sering dilakukan masyarakat asli Trenggalek, maupun luar Trenggalek. Tak dipungkiri, wisata yang menyuguhkan alam dan kuliner khas Trenggalek adalah sebagai kekayaan dari Kabupaten Trenggalek.

Berikut kuliner khas Trenggalek yang bisa memanjakan lidah dan wajib teman-teman kunjungi ketika singgah:

1. Warung Bu Lam Trenggalek

advertisement

Makanan yang lezat tak hanya dikunjungi di restoran mewah, namun warung di Trenggalek yang terkenal Bu Lam ini wajib dikunjungi.

Lokasi yang strategis dengan alun-alun Trenggalek ini tak pernah sepi, harga yang dipatok juga sangat bersahabat. Banyak anak muda yang suka nongkrong dan menikmati masakan khasnya Bu Lam.

Salah satu menu andalan yang paling dicari adalah nasi urap-urap dan lauk ikan tongkol panggang. Mendengar namanya saja sudah dijamin membuat perut keroncongan.

advertisement

Hidangan ini menjadi andalan karena resep rahasia yang Bu Lam kembangkan penuh dengan rempah. Rasanya yang kaya, pastinya dapat membuat penikmatnya ketagihan.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Hamka No.18, Krajan, Ngantru, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

2. Lodho Ayam Kampung Pak Yusuf

Makanan khas Trenggalek dengan ayam kampung dan bumbu lezat ini menjadi buronan wisata kuliner. Lodho pak yusuf yang memiliki cabang di kota besar, menjadi ikon Kabupaten Trenggalek yang memiliki jargon Meroket.

Salah satu lokasi andalan pelancong yang datang berkunjung ke Trenggalek adalah Lodho Ayam Kampung Pak Yusuf. Ayamnya yang lembut dipadukan dengan bumbu lodho yang sedikit pedas dan kaya rempah dapat membuat penikmatnya ketagihan.

advertisement

Bagaimana tidak? Setelah seharian mengulik ragam pesona Trenggalek, makanan ini dapat menjadi penutup perjalanan yang sempurna.

Resep yang dikembangkan oleh Pak Yusuf ini sudah turun-temurun dan restoran sudah mulai dibuka sejak tahun 1987. Tentu pengalaman inilah yang membuat cita rasanya semakin otentik.

Bagi Anda yang penasaran, lokasi tempat makan ini berada di wilayah Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Tempatnya sangat mudah untuk dicari karena aksesnya yang berada di pinggir jalan.

Lokasi: Jl. Raya Kedunglurah, Brongkah Wetan, Kec. Pogalan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

3. Nasi Gegok Mbah Tumirah

Para pemburu kuliner, pasti tidak asing dengan nasi sambal dan dibungkus daun pisang, atau bisa di sebut nasi gegok. Sebelumnya, nasi gegok ditaburi dengan sambal teri/ikan kecil-kecil. Seiring dengan minat masyarakat, ada inovasi yang dikembangkan menjadi taburan ikan laut, jenis tuna maupun tongkol.

Tahukan Anda darimana istilah gegok berasal?

Nama tersebut berasal dari bahasa jawa yang merupakan kependekan dari “Sego Genem Godhong Gedhang”. Sesuai dengan namanya, nasi gegok dibungkus menggunakan daun pisang. Tidak heran bahwa aromanya yang khas membuat pengunjung merasa tertarik untuk mencobanya.

Di samping itu, harga hidangan ini sangatlah terjangkau sehingga dijamin dapat membuat liburan jauh lebih berkesan.

Lokasi: Jl. Trenggalek-Bendungan, Srabah, Kec. Bendungan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

4. Rujak Cingur Sumbergedong

Rujak cingur menjadi makanan khas nusantara yang sebenarnya lebih terkenal dari wilayah Surabaya. Meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengunjungi rujak cingur Sumbergedong yang lokasinya berada di sekitaran jalan Diponegoro Kabupaten Trenggalek.

Saus kacangnya yang kental dan gurih dijamin bisa memanjakan lidah pengunjung. Isian yang ada di dalam rujak cingur ini juga sangat beragam.

Di dalam rujak cingur, Anda bisa menemukan diantaranya adalah lontong, tauge, cingur, timun, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk melengkapi hidangan dengan sebuah kerupuk sehingga santapan Anda lebih kaya tekstur.

Warung ini tak pernah sepi pengunjung dan selalu ramai, terlebih saat jam makan siang. Mengantri menjadi salah satu jalan yang harus Anda lakukan demi mendapatkan rujak cingur yang satu ini. Saking banyaknya antrian, lebih baik Anda datang jangan mendekati waktu istirahat kantor.

Warung ini menyediakan sistem take away atau bungkus sehingga Anda masih bisa menikmatinya sembari melanjutkan ke destinasi wisata lain di Trenggalek.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.81, Sawahan, Sumbergedong, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

5. Sego Tiwul Mak Ut

Bagi Anda yang sudah lama tinggal di Jawa Timur, seharusnya sudah tidak asing dengan yang namanya sego tiwul. Makanan ini sejatinya merupakan olahan yang berbahan dasar singkong yang kemudian di atasnya diberi parutan kelapa.

Dulunya, hidangan ini sempat menjadi makanan pokok sebagai pengganti beras bagi masyarakat Jawa Timur. Sego tiwul merupakan makanan khas yang bisa Anda temukan di Trenggalek, Wonogiri, Pacitan, dan Blitar.

Cita rasanya yang unik akan membuat penikmatnya merasa ketagihan. Rasanya yang gurih dan kaya akan aroma kelapa membuat kebanyakan orang merasa tergugah untuk menyantapnya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga tidak menguras kantong.

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati hidangan yang satu ini, Warung Sego Tiwul Mbak Ut berada di sekitaran Jalan Raya Durenan, Bendo, Kabupaten Trenggalek.

Akses ke sana juga cukup mudah sehingga membuat pengunjung tidak kesulitan dalam menemukannya. Gunakan saja google map agar Anda tidak tersesat dan dapat dengan segera sampai ke lokasi tujuan.

Lokasi: Jl. Raya Durenan, Kec. Bendo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Itu tadi kuliner khas Trenggalek, yang bisa untuk memanjakan lidah ketika perut anda keroncongan. Harganya sangat pas di kantong anak kos maupun orang kantoran.

“Mangan sega gaplek, senajan nang nggalek. Kulinere uenak rek”.

advertisement

Berita Baru

Duka Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kabar Trenggalek - Kabar duka menghampiri seluruh masyarakat Indonesia. Pasca pertandingan Arema Vs Persebaya...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jokowi Layangkan Tiga Tuntutan 

Kabar Trenggalek - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang melangsungkan pertandingan sepak bola BRI Liga 1...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden Arema FC Juragan 99 Angkat Bicara 

Kabar Trenggalek - Insiden merenggut nyawa dunia sepak bola Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait