TRENDING

Resah Kulit Berminyak? Ternyata Ini 5 Penyebabnya 

Terbit:

Kabar Trenggalek Kulit berminyak di wajah menjadikan diri kalian kurang percaya diri. Namun, sebenarnya tidak hanya kulit berminyak saja yang menjadi penyebab. Penyebab kulit berminyak salah satu penyebabnya faktorgenetika. 

Artinya, seseorang akan lebih mudah memiliki kulit berminyak jika ada salah satu anggota keluarganya yang juga memiliki tipe kulit tersebut. Namun, selain faktor itu ada sejumlah penyebab lainnya yang bisa memicu kulit berminyak.

Berikut Ini 5 Penyebab Kulit Berminyak 

1. Tidak Menggunakan Pelembab

advertisement

Banyak orang yang sudah tahu bahwa tipe kulitnya cenderung berminyak dan akhirnya memilih untuk tidak lagi menggunakan pelembab. 

Padahal penggunaan pelembab menjadi hal dasar yang wajib digunakan dalam semua jenis kulit.

Hanya saja pemilihan produk pelembabnya perlu diperhatikan. Pastikan memakai pelembab yang kandungannya cocok dengan jenis kulit berminyak. 

Cari yang mengandung non comedogenic untuk membantu mencegah timbulnya pori-pori yang akhirnya dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

2. Merawat Kulit Secara Berlebihan

Perawatan kulit memang penting, tapi jangan sampai melakukannya secara berlebihan. Misalnya saja, kebiasaan terlalu sering mencuci wajah atau melakukan eksfoliasi justru akan membuat kulit cenderung berminyak.

Jadi penting untuk merawat kulit sesuai aturan yang dianjurkan. Jangan coba-coba melakukannya secara berlebihan dengan harapan bahwa agar efeknya bisa lebih maksimal. Sebab tindakan tersebut justru hanya berakibat buruk pada kesehatan kulit. 

3. Pori-Pori Membesar

Penyebab berikutnya yang bisa memicu kulit berminyak adalah karena pori-pori membesar. Nyatanya, pori-pori yang besar akan cenderung menghasilkan lebih banyak minyak.

advertisement

Terkait hal itu, ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan pori-pori seperti mencuci wajah secara rutin hingga menggunakan produk perawatan seperti pelembab hingga toner.

4. Memakai Produk Perawatan yang Salah

Kulit berminyak juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang salah. Faktanya, pemilihan produk perawatan memang perlu disesuaikan dengan jenis kulit. 

Oleh karena itu, jika kamu sudah mengetahui bahwa kulit cenderung berminyak, maka pastikan gunakanlah produk yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak. 

5. Tempat Tinggal

Penyebab pertama kulit berminyak adalah karena faktor tempat tinggal. Jika kamu tinggal di sebuah daerah yang memiliki iklim panas dan lembap, maka jangan heran jika kulitmu cenderung lebih berminyak.

Hal itu sangat berbeda dengan seseorang yang tinggal di daerah dengan musim gugur atau bahkan musim dingin.

advertisement

TERBARU

Indikasi Perkawinan Anak di Trenggalek Menurun, Pemkab: Jangan Terlena

Kabar Trenggalek - Indikasi perkawinan anak di Trenggalek menurun. Nafas lega itu tak boleh...

AMD Rilis Ryzen 7020 Series untuk Mobile dengan Performa Unggul

Kabar Trenggalek - AMD resmi merilis jajaran baru Ryzen 7020 Series dan Athlon 7020...

11 Fakta Unik Anya Forger dalam Anime SPYx FAMILY

Kabar Trenggalek – Anya Forger adalah salah satu tokoh utama di anime SPY x...

TOPIK TERKAIT