TRENDING

Viral Tentara Tendang Suporter saat Tragedi Kanjuruhan, Panglima TNI: Itu Tindak Pidana

Terbit:

Kabar Trenggalek Tragedi Kanjuruhan tak hanya memberikan duka bagi masyarakat Indonesia. Tapi, Tragedi Kanjuruhan juga memantik emosi kepada aparat yang terekam bertindak secara brutal dalam menangani massa supporter, Senin (03/10/2022).

Kata kunci seperti “Panglima TNI, TNI AD, Polisi, Pembunuh,” dan lain-lain trending di Twitter. Dalam postingan di Twitter banyak bertebaran video rekaman tentara yang menendang supporter dari belakang, hingga supporter itu ambruk.

advertisement

Selain itu, terlihat juga aparat lainnya yang memukuli supporter dengan alat pemukul. Postingan video itu mendapat kecaman dari berbagai kalangan. Sehingga, Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa turut angkat bicara.

Baca: Tragedi Kanjuruhan, YLBHI Duga Gas Air Mata dari Aparat Jadi Penyebab Banyaknya Korban Jiwa

“Yang terlihat viral kemarin itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau misalnya, bukan. Itu termasuk bagi saya masuk ke tindak pidana. Karena orang lagi, mungkin juga tidak berhadapan dengan prajurit tapi diserang.Karena memang tidak boleh terjadi lagi dan bukan tugas mereka untuk melakukan yang terlihat di video itu,” ujar Andika di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (03/10/2022).

Kendati demikian, Andika belum bisa memastikan berapa anggota prajurit TNI yang terlibat dalam kekerasan itu, serta dari satuan mana. Saat ini, Mabes TNI sedang melakukan investigasi untuk mengungkapkan kekerasan tentara yang terekam dalam video viral itu.

“Kami sudah sejak kemarin sore, melakukan investigasi sekaligus kita lanjutkan dengan proses hukum karena yang viral itu sangat jelas tindakan diluar kewenangan. Jadi kalau KUHP pasal 126 sudah kena. Ya kami, satuan akan telusuri dulu. Biarkan kami tuntaskan sampai dengan besok [Selasa 04/10/2022] sore. Kami janji,” tandasnya.

advertisement

TERBARU

Indikasi Perkawinan Anak di Trenggalek Menurun, Pemkab: Jangan Terlena

Kabar Trenggalek - Indikasi perkawinan anak di Trenggalek menurun. Nafas lega itu tak boleh...

AMD Rilis Ryzen 7020 Series untuk Mobile dengan Performa Unggul

Kabar Trenggalek - AMD resmi merilis jajaran baru Ryzen 7020 Series dan Athlon 7020...

11 Fakta Unik Anya Forger dalam Anime SPYx FAMILY

Kabar Trenggalek – Anya Forger adalah salah satu tokoh utama di anime SPY x...

TOPIK TERKAIT