TRENDING

Sempat Sebut Jumlah 174 dan 131, Emil Dardak Pastikan Ada 125 Korban Meninggal di Tragedi Kanjuruhan

Terbit:

Kabar Trenggalek Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kembali menyebutkan jumlah yang berbeda terkait korban meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan. Emil sempat menyebut jumlah 174 dan 131 jiwa, Senin (03/10/2022).

Sebelumnya, Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (2014-2019), mengkritik perbedaab data korban yang diungkapkan oleh para pejabat di media. Melalui akun twitternya, @susipudjiastuti, ia meminta data yang benar dan jujur.

advertisement

“Mohon pencerahan, yang benar angka yang mana? Beri angka yang sejujurnya & sebenarnya. Yang sudah meninggal tidak akan kembali walau angka berubah & tangis kami pun tidak bisa mengobati duka, tapi beri kami tahu dengan jujur berapa saudara kami yang berpulang, sekali ini beritahu kami kebenarannya,” tulis twit Susi.

Baca: Tragedi Kanjuruhan, YLBHI Duga Gas Air Mata dari Aparat Jadi Penyebab Banyaknya Korban Jiwa

Merespons twit tersebut, Emil menyampaikan bahwa data korban meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan yaitu 125 jiwa.

“Izin bu @susipudjiastuti, atas data yang dhimpun BPBD kemarin pada jam10.30 [174] dilakukan crosscheck dengan data yang dhimpun Dinkes pada jam 14.53 [131] atas potensi doubleentry akibat jenazahunidentified & rujukan antar RS. Selanjutnya dicrosscheck lagi maka diperoleh angka 125 korban jiwa,” twit Emil melalui akun @EmilDardak.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, juga menegaskan bahwa korban jiwa dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang adalah 125 orang. Hal itu disampaikan Kapolri saat mendatangi Stadion Kanjuruhan bersama Menpora Zainuddin Amali, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Ketum PSSI Mochammad Iriawan, Minggu (02/10/2022).

Baca: Duka Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

“Tim DVI mengantongi identitas korban. Hasil verifikasi terakhir dengan data Dinkes kabupaten/kota terkonfirmasi sampai saat ini korban meninggal dari awal disebut 129, saat ini data terakhir jumlahnya 125 korban. Karena ada yang tercatat ganda,” ujar Sigit di Stadion Kanjuruhan, Minggu (02/10/2022) malam.

advertisement

Sedangkan, lanjut Sigit, jumlah korban luka terdata ada 323 orang, yang sekarang dirawat di rumah sakit. Berkaitan duka pada Tragedi Kanjuruhan ini, Sigit berjanji akan melakukan langkah pendalaman investigasi sesuai instruksi Presiden Jokowi.

“Saat ini tim dari mabes, Bareskrim, Propam, Dokkes, Inafis dan lainnya melakukan investigasi secara tuntas dan nanti hasilnya akan disampaikan ke seluruh masyarakat,” tandas Sigit.

advertisement

TERBARU

9 Wisata Kuliner Trenggalek Maknyus yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Link Google Maps

Kabar Trenggalek - Bicara soal tempat wisata, pasti tak pernah lepas dengan wisata kulinernya....

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

TOPIK TERKAIT