BerandaNewsPolitik43 Anggota Parpol Ganda Eksternal, 15 Anggota Potensi Tidak Memenuhi Syarat

43 Anggota Parpol Ganda Eksternal, 15 Anggota Potensi Tidak Memenuhi Syarat

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Verifikasi administrasi (vermin) partai politik (parpol) dalam tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang diwarnai dengan temuan adanya data ganda eksterna keanggotaan partai politik, Rabu (07/09/2022).

Berdasarkan temuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek, sebanyak 43 data parpol ganda eksternal yang ditemukan melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sementara dari jumlah 43 data ganda eksternal tersebar di 12 parpol.

advertisement

Tak ayal, guna memastikan kejelasan anggota parpol yang ganda eksternal tersebut KPU Trenggalek memanggil parpol untuk klarifikasi secara langsung di helpdesk vermin parpol.

Istatiin Nafiah, Komisioner KPU Trenggalek Divisi Teknis dan Penyelenggara, mengungkapkan dirinya telah bersurat kepada Lesson Official (LO) 20 parpol.

“Dasar kami adalah PKPU Nomor 4 Tahun 2022 dan pedoman teknis 309 sebagaimana untuk mendapat kejelasan kami memanggil LO parpol dan anggota parpol yang terindikasi ganda eksternal,” ungkap Istatiin saat ditemui, Selasa (06/09/2022) dini hari.

advertisement

Menurut Istatiin, saat ini pihak KPU Trenggalek melakukan verifikasi untuk data ganda eksternal. Sebab, dalam ganda eksternal itu ada temuan satu nama tercatat di 2 sampai 3 parpol berbeda.

Sementara itu, lanjut Istatiin, konsekuensi bagi Parpol yang tidak mendatangkan anggota yang ditemukan data ganda eksternal, langsung masuk dalam status dari Belum Memenuhi Syarat (BMS) menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Jika sudah jelas keanggotaan langsung statusnya Memenuhi Syarat [MS]. Namun yang akan mengeluarkan Berita Acara [BA] KPU RI di tanggal 14 September 2022 mendatang,” jelas Istatiin.

Istatiin menambahkan, wewenang KPU Trenggalek hanya membantu tahapan vermin dan faktual parpol. Masalah yang menentukan semua ada di KPU RI.

advertisement

Namun, usai KPU RI mengeluarkan BA hasil dari vermin yang masuk dalam TMS berpotensi menjadi MS, karena masih ada masa tahapan perbaikan 15 sampai dengan 18 September 2022.

“Biasanya pimpinan pusat partai setelah menerima BA akan diteruskan ke wilayah dan daerah guna melakukan perbaikan kembali jika ada yang terindikasi TMS ganda eksternal dan BMS ketidaksesuaian dengan data diri,” tegas Istatiin.

advertisement

Berita Baru

Viral Tentara Tendang Suporter saat Tragedi Kanjuruhan, Panglima TNI: Itu Tindak Pidana

Kabar Trenggalek - Tragedi Kanjuruhan tak hanya memberikan duka bagi masyarakat Indonesia. Tapi, Tragedi...

Sempat Sebut Jumlah 174 dan 131, Emil Dardak Pastikan Ada 125 Korban Meninggal di Tragedi Kanjuruhan

Kabar Trenggalek - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kembali menyebutkan jumlah yang...

Hujan Deras, Tiga Desa di Kecamatan Watulimo Dilanda Banjir 

Kabar Trenggalek - Hujan dengan intensitas deras di Trenggalek semalam mengakibatkan Kecamatan Watulimo Trenggalek...

Viral Hari ini

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Berita Terkait