TRENDING

Lomba Makan Kerupuk saat HUT RI Ternyata Diangkat dari Kisah Sedih

Terbit:

Kabar Trenggalek – Kalau berbicara tentang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, hal yang terlintas dalam benak adalah upacara bendera dan perlombaan. Sudah menjadi tradisi di Indonesia sejak dulu mengadakan perlombaan dari tingkat RT sampai tingkat kabupaten.

Berbagai macam lomba diselenggarakan untuk menghibur masyarakat dan sebagai wadah untuk menyalakan api semangat kemerdekaan. Salah satu perlombaan yang menjadi ciri khas perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah lomba makan kerupuk.

advertisement

Lomba makan kerupuk sendiri merupakan perlombaan cepat-cepatan dalam menghabiskan kerupuk yang digantung oleh panitia dengan memakannya tanpa menggunakan tangan. Hal ini akan menjadi daya tarik dan mempunyai keseruan terendiri karena mempunyai tantangannya tersendiri.

Ternyata, lomba makan kerupuk sendiri mempunyai makna dan sejarahnya. Seperti yang kita ketahui, pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, bangsa Indonesia mengalami kesusahan. salah satunya kesusahan ekonomi.

Kerupuk menjadi makanan mewah bagi rakyat kecil. Di sisi lain kerupuk adalah makanan yang mudah untuk dibuat dan paling murah yang bisa dibuat oleh rakyat kecil pada masa itu.

Kerupuk bisa dikatakan menjadi makanan favorit masyarakat pada saat itu. bahkan, masyarakat pada saat itu makan nasi dengan lauk kerupuk saja.

Maka, untuk mengenang masa-masa sulit tersebut diadakannya lomba makan kerupuk setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Dengan mengikuti lomba makan krupuk, peserta secara tidak langsung merasakan perjuangan orang dulu. Terutama perjuangan untuk bisa makan.

Dengan peraturan lomba makan kerupuk yang digantung di tali setinggi kepala dan memakanya tanpa menggunakan tangan, mempunyai makna betapa susahnya orang dahulu untuk makan meski hanya sebatas kerupuk. selain itu, peserta juga diajak mengenang perjuangan rakyat pada masa-masa sulit.

advertisement

Nah, itulah cerita singkat sejarah lomba makan kerupuk yang ternyata diangkat dari kisah sedih. dengan mengetahui makna dan sejarah lomba makan kerupuk semoga bisa menjadi teladan bagi kita untuk menghargai makanan dan sumber makanan.

advertisement

TERBARU

9 Wisata Kuliner Trenggalek Maknyus yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Link Google Maps

Kabar Trenggalek - Bicara soal tempat wisata, pasti tak pernah lepas dengan wisata kulinernya....

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

TOPIK TERKAIT