TRENDING

Jelang Pemilu 2024, Pergerakan Data Pemilih KPU Trenggalek Kian Meningkat

Terbit:

Kabar Trenggalek Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, sudah mulai nampak terlihat partisipasi masyarakat. Hal demikian dibuktikan dengan pergerakan data pemilih yang kian meningkat, Minggu (03/07/2022).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek, dalam menjalankan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) kian terlihat ada pergerakan cukup meningkat.

advertisement

Indra Setiawan, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Trenggalek mengungkapkan bahwa setiap 3 bulan sekali dirinya harus melaporkan dari progres PDPB kepada Organisasi Perangkat Daera (OPD) terkait.

“KPU Trenggalek memiliki tugas setiap tiga bulan sekali mengadakan forum koordinasi tingkat daerah untuk memaparkan pergerakan data dalam PDPB,” ungkap Indra.

Dalam forum tersebut, pihak KPU Trenggalek menyampaikan pergerakan data meliputi dari pemilih baru baik dari purna TNI/Polri dan pelajar yang sudah berumur 17 tahun.

“Juga ada pencoretan data pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat [TMS], hal itu demi mewujudkan data pemilih yang lebih akurat dan komprehensif,” katanya.

Kotak suara pemilu
Kotak suara pemilu/Foto: Kabar Trenggono

Tak pelak, pihak OPD lingkup Pemkab Trenggalek dalam hal PDPB ini berhak menyampaikan masukan dalam analisis data dan memberikan sosialisasi kepada lingkup kedinasannya.

“Selain pihak OPD kami juga menghadirkan dari partai politik dan hasil dari analisis triwulan I sampai dengan triwulan II ada peningkatan,” jelasnya.

Triwulan I meliputi bulan Januari sampai Maret, dan Triwulan II April sampai dengan Juni. Ungkap Indra di triwulan I pergerakan peningkatan data tidak banyak hanya puluhan saja, namun di triwulan II mampu menggaet ratusan pemilih.

advertisement

“Setiap bulan kami juga melakukan analisis PDPB namun tidak mengundang OPD terkait, hanya internal saja,” tutur Indra.

Sementara itu melihat pergerakan data PDPB dari Triwulan I, Januari 582.346, Februari 582.347, Maret 582.341 kemudian Triwulan II April 582.444, Mei 582.582 Juni 582.00 data tersebut menunjukkan peningkatan.

“Pada intinya kami berusaha melayani dalam hal data pemilih. Kami juga membuka desk pelaporan di KPU dan ada aplikasi cek datamu yang kami buat,” ujarnya.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT