TRENDING

BLT Dana Desa Rp300 Ribu Disalurkan kepada 150 KK di Desa Prambon Trenggalek

Terbit:

Kabar Trenggalek Pemerintah terus menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat. BLT Dana Desa Rp300 ribu juga disalurkan di Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, pada Senin (23/05/2022).

Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Prambon itu juga dihadiri oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin. Dalam sambutannya, Arifin meminta warga penerima bantuan bisa memanfaatkan bantuan dengan bijak.

advertisement

Penyaluran BLT Dana Desa berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 Tentang Rincian APBN tahun 2022. Dalam Perpres tersebut, sejumlah 40% Dana Desa dialokasikan untuk BLT Dana Desa.

BLT Dana Desa merupakan program jaring pengaman sosial yang ditujukan untuk pemulihan ekonomi masyarakat akibat Pandemi Covid 19.

“Saya harapkan masyarakat penerima manfaat bisa bijak memanfaatkan bantuan [BLT Dana Desa] ini,” ujar Arifin.

Arifin berharap, warga Desa Prambon penerima BLT Dana Desa bisa memanfaatkan bantuan itu sebagai modal usaha. Sehingga, BLT Dana Desa bisa menjadi sumber tambahan penghasilan bagi keluarga.

Suwarji, Kepala Desa Prambon, menyebutkan ada sebanyak 150 Kartu Keluarga (KK) di yang menjadi penerima manfaat bantuan BLT Dana Desa di Desa Prambon.

“Sebanyak 150 KK penerima manfaat bantuan ini akan menerima bantuan sebesar Rp. 300 ribu setiap bulannya. Hari ini proses penyaluran bantuan untuk bulan Mei [2022] ini,” ujar Suwarji.

Penyaluran BLT Dana Desa di Trenggalek saat ini sedang proses penyaluran bulan kelima. Joko Susanto, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Trenggalek, mengatakan total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa di Kabupaten Trenggalek tahun 2022 tercatat sebanyak 17.788 KPM.

advertisement

“Saat ini sedang proses penyaluran untuk bulan Mei di 152 Desa yang ada. Jadi total BLT DD yang disalurkan sebesar kurang lebih Rp. 5,33 miliar setiap bulannya,” kata Joko.

Joko menyampaikan, jika BLT Dana Desa sudah tersalur semuanya hingga bulan Mei 2022, maka ada sejumlah Rp. 26,68 miliar dana BLT Dana Desa yang tersalurkan.

“Saat ini kami masih menunggu rekapitulasi penyaluran BLT DD dari masing-masing desa,” tandasnya.

advertisement

TERBARU

KLHK Tolak Hasil Penelitian Penurunan Populasi Orangutan, Akademisi: Kebijakan Anti Sains

Kabar Trenggalek - Para akademisi yang tergabung dalam Tim Advokasi Kebebasan Akademik, menilai Kementerian...

Pasal Kontroversial RUU KUHP, Puluhan Mahasiswa Trenggalek Turun JalanĀ 

Kabar Trenggalek - Rancangan Undang Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) dinilai kontroversial...

Polisi Jadi Beking Tambang Ilegal, JATAM: Negara Tak Punya Kendali Sumber Daya Alam Indonesia

Kabar Trenggalek - Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) mengungkapkan data keterlibatan polisi dalam memuluskan usaha...

TOPIK TERKAIT