BerandaNewsEkonomiKemensos Siapkan 18 Juta Warga Penerima Bansos Ekstra sebelum Ramadhan 2022 

Kemensos Siapkan 18 Juta Warga Penerima Bansos Ekstra sebelum Ramadhan 2022 

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Percepatan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) terus digenjot oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos). Kemensos siapkan 18 juta warga penerima Bansos ekstra sebelum Ramadhan 2022, Kamis (17/03/2022).

Menteri Sosial, Tri Risma Harini, mengatakan terkait kepastian penyaluran bansos ekstra akan dipercepat, dan targetnya sebelum ramadhan 2022 sudah tersalurkan semua.

advertisement

Percepatan penyaluran bansos ektra itu sudah mendapatkan respon apik dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal demikian karena sejalan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Tadi saya di-WA [WhatsApp] Bu Menkeu untuk kami menyalurkan [bansos] ekstra tambahan untuk bantuan penerima manfaat. Jadi insyaallah nanti sebelum puasa kita keluarkan,” ucap Mensos Risma.

Risma menuturkan, sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, akan ada percepatan penyaluran bansos sebelum datangnya bulan Ramadhan.

advertisement

“Pak Presiden minta percepatan kita bantu tiga bulan pertama. Dan ini mungkin juga karena untuk mendekati hari puasa maka kita akan bantu,” kata Risma.

Menurut Risma, Jokowi juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai penyaluran Bansos. Maka ia mendorong penyaluran bansos tidak harus dalam bentuk barang.

“Yang jelas aturannya di Perpres tidak harus dalam bentuk barang, itu pilihan sesuai penerima manfaat dan juga tidak boleh dipaketkan. Jadi kebutuhan itu terserah, di Perpres itu ada, di Perpres itu bentuknya garing [garis miring] dalam bentuk uang atau barang,” tegas Risma.

Pemerintah memberikan bantuan tambahan melalui kartu sembako sebesar Rp 200 ribu. Penerima bantuan ekstra ini merupakan KPM Bansos BPNT yang akan mendapatkan tambahan bantuan masing-masing.

advertisement

Sejauh ini pemerintah telah mencairkan BPNT kepada 18,8 juta KPM. Pemerintah menganggarkan anggaran sebesar Rp 45,12 triliun untuk program bantuan sosial kepada warga.

advertisement

Berita Baru

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Ramai Tolak Tambang Emas Trenggalek di Akun Twitter Emil Dardak, Ini Duduk Perkaranya

Kabar Trenggalek - Suara tolak tambang emas Trenggalek sempat ramai di twitter @EmilDardak, milik Emil...

Dituding Langgar Administrasi, KPU Trenggalek Tepis Gugatan Bawaslu 

Kabar Trenggalek - Cekcok pemahaman Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek Ke-828, Bupati Sebut Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Kabar Trenggalek - Peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Mochamad Nur Arifin, menyebut ada...

Berita Terkait