TRENDING

PPKM Level 3 Serentak Saat Nataru Dibatalkan, Ini Aturan Penggantinya

Terbit:

Kabar Trenggalek – Rencana pemerintah terapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru, dibatalkan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan keputusan itu diambil karena Indonesia sudah lebih siap menghadapi musim libur akhir tahun.

advertisement

Hal itu tercermin dari jumlah tes dan telusur yang lebih tinggi dari tahun lalu. Kebijakan itu didukung oleh vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Jawa-Bali yang sudah mencapai 76 persen. Sementara itu, vaksinasi Covid-19 dosis kedua telah mendekati 56 persen.

Baca Juga : Sekolah di Jawa Timur Dilarang Memberikan Libur Khusus Natal dan Tahun Baru 2022

“Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru di semua wilayah. Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di situs Kemenko Marves, Selasa (07/10/2021).

Luhut membandingkan, pada periode Natal dan tahun baru 2020 belum ada masyarakat yang divaksin. Selain itu, sero-survei [tes darah yang memeriksa antibodi terhadap virus] juga mencatat antibodi Covid-19 masyarakat Indonesia saat ini sudah tinggi.

Walaupun PPKM Level 3 dibatalkan, pemerintah memberlakukan aturan baru sebagai penggantinya. Berikut aturan yang akan diterapkan selama Nataru.

Baca Juga : Gencar Vaksinasi Kepada Masyarakat, Mas Ipin Targetkan Trenggalek Bisa Turun PPKM Level 1

1. Selama Nataru, semua perjalanan jarak jauh dalam negeri wajib vaksinasi lengkap dan harus menunjukan hasil antigen negatif maksimal 1√ó24 jam sebelum keberangkatan.

advertisement

-Untuk orang dewasa yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap ataupun tidak bisa divaksin karena alasan medis, tidak diizinkan untuk bepergian jarak jauh.

– Untuk anak-anak dapat melakukan perjalanan, tetapi dengan syarat PCR yang berlaku 3√ó24 jam untuk perjalanan udara atau antigen 1√ó24 jam untuk perjalanan darat atau laut.

2. Semua perbatasan Indonesia akan tetap diperketat dengan syarat untuk penumpang dari luar negeri adalah hasil tes PCR negatif maksimal 2√ó24 jam sebelum keberangkatan, serta melakukan karantina selama 10 hari di Indonesia.

Baca Juga : Daftar Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang Masih Menerapkan PPKM Level 3

3. Semua jenis perayaan Tahun Baru di Hotel, Pusat Perbelanjaan, Mall, Tempat Wisata dan Tempat Keramaian Umum dilarang.

4. Untuk operasional pusat perbelanjaan, restoran, bioskop dan tempat wisata hanya diizinkan menerima customer  maksimal 75 persen yang sudah masuk kategori hijau di aplikasi Peduli Lindungi.

5. Untuk acara sosial budaya, kerumunan masyarakat diizinkan dengan jumlah maksimal 50 orang. Disiplin penggunaan Peduli Lindungi harus ditegakkan.

Baca juga tulisan lainnya di kabartrenggalek.com tentang COVID-19:

Baca juga: Syarat Bagi Masyarakat yang Ingin Melakukan Perjalanan Selama Nataru 2022

advertisement

TERBARU

Pacu Tumbuhnya Inovasi, Pemkab Trenggalek Pamer Pelayanan Publik ke 4

Kemudian, inovasi ini tentunya menjadi budaya tersendiri atau setelah menjadi program rutin bisa dibuat...

Meski Sudah Resmi, GOR Gajah Putih Trenggalek Butuh Suntikan Dana 

Kabar Trenggalek - Gelanggang Olahraga (GOR) Gajah Putih Trenggalek sudah resmi dibuka. Namun, ada...

Adu Banteng Supra Lawan Vario di Trenggalek, Pengendara Terpental 20 Meter

Kabar Trenggalek - Peristiwa kecelakaan terjadi di Dosari, Kelurahan Surodakan, Kabupaten Trenggalek. Kecelakaan itu...

TOPIK TERKAIT