BerandaNewsPolitikCara Menyampaikan Aspirasi Kepada DPRD Kabupaten Trenggalek Secara Online

Cara Menyampaikan Aspirasi Kepada DPRD Kabupaten Trenggalek Secara Online

Terbit:

advertisement

Kabar TrenggalekMasyarakat Trenggalek kini bisa menyampaikan pengaduan atau aspirasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek secara online. Aspirasi itu bisa disampaikan melalui layanan online resmi yang telah dibuat oleh DPRD Kabupaten Trenggalek, Senin (11/10/2021).

Layanan online tersebut bisa diakses melalui situs https://aspirasi.trenggalekkab.go.id [laman resmi DPRD Kabupaten Trenggalek] bernama Aplikasi E-Aspirasi DPRD Kabupaten Trenggalek.

advertisement

Aplikasi ini dibuat sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Trenggalek. Khususnya pelayanan yang berkaitan dengan penyampaian aspirasi oleh masyarakat kepada wakil rakyat yang duduk di lembaga DPRD Kabupaten Trenggalek.

Lahirnya aplikasi ini dilatarbelakangi oleh tugas dan wewenang DPR, di antaranya adalah menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat. Hal itu tercantum dalam Peraturan DPR Nomor 2 Tahun 2018 tentang perubahan ketiga atas peraturan DPR Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib.

Baca juga: Pembagian Bansos Tidak Merata, Wakil Bupati Trenggalek Akui Ada Masalah Pendataan Tidak Valid

advertisement

Masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi kepada DPRD Kabupaten Trenggalek bisa mengakses laman https://aspirasi.trenggalekkab.go.id. Kemudian mengisi beberapa kolom yang telah disediakan. Berikut hal-hal yang perlu di isi:

  1. cara-menyampaikan-aspirasi-kepada-DPRD-Kabupaten-Trenggalek.png Tuliskan Judul Aspirasi
    Judul aspirasi menunjukkan inti dari keseluruhan aspirasi yang dibuat.
  2. Tuliskan Aspirasi
    Tuliskan aspirasi yang ingin disampaikan kepada DPRD Kabupaten Trenggalek. Aspirasi adalah keinginan kuat dari masyarakat yang disampaikan kepada yang bersangkutan dalam bentuk pernyataan sikap, pendapat, harapan, kritikan, masukan dan saran terkait dengan tugas, fungsi dan kewenangan.
  3. Pilih Kategori Aspirasi
    Ada beberapa kategori aspirasi yang bisa dipilih, di antaranya: ekonomi dan keuangan, kesejahteraan rakyat, pembagunan, kesehatan, pemerintahan dan lain-lain.
  4. Tuliskan Hastag/tagar/topik
    Hastag/tagar/topik berguna untuk memberikan kata kunci kepada setiap aspirasi yang disampaikan kepada DPRD Kabupaten Trengalek. Misalnya jika aspirasi tentang kemiskinan, bisa ditulis dengan tagar kemiskinan.
  5. Tuliskan Alamat Email
    Alamat email wajib di isi oleh pembuat aspirasi. Jika tidak mengisi email, aplikasi memberikan keterangan missing email information (informasi email tidak ada).
  6. Tuliskan Nama Lengkap
    Tuliskan nama lengkap jika ingin mempublikasikan nama anda di situs web ini.

Baca juga: Warga Trenggalek Bisa Melaporkan Keluhan Seputar Covid-19 Lewat Whatsapp

Aplikasi E-Aspirasi DPRD Kabupaten Trenggalek bisa digunakan oleh masyarakat tanpa harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Artinya, aplikasi ini bebas digunakan oleh masyarakat tanpa harus melakukan pendaftaran.

Saat artikel ini ditulis, ada 30 aspirasi yang telah masuk ke dalam aplikasi dan ada 5 aspirasi yang sudah ditanggapi oleh admin.

advertisement

Berita Baru

Info Kebocoran Pipa di Trenggalek, 5 Kecamatan Terdampak

Kabar Trenggalek – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wening megumumkan info kebocoran...

Tak Penuhi Kuota Perempuan, Bawaslu Trenggalek Perpanjang Panwaslucam 3 Kecamatan

Kabar Trenggalek - Roda waktu tahapan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terus berputar. Tak...

5 Laptop untuk Video Editing Terbaik Tahun 2022

Kabar Trenggalek - Laptop untuk video editing cukup berbeda jika dibandingkan dengan laptop yang...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1058; Bounty Kru Topi Jerami dan Keberuntungan Buggy

Kabar Trenggalek - Arc Wano secara resmi berakhir pada chapter lalu, ditunjukkan dengan berlayarnya...

Berita Terkait