BerandaNewsPolitikSudah Diperpanjang 4 Kali, Akankah PPKM Diperpanjang Lagi?

Sudah Diperpanjang 4 Kali, Akankah PPKM Diperpanjang Lagi?

Terbit:

advertisement
Sudah Diperpanjang 4 Kali, Akankah PPKM Diperpanjang Lagi?
Foto: KABARTRENGGALEK

KABARTRENGGALEK.com – Pandemi Corona Virus Disaese (Covid-19) dengan beberapa kebijakan yang diterapkan berdampak kepada masyarakat secara umum. Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang akan berakhir hari ini pada (16/08). Sejauh ini, pemerintah belum menentukan bagaimana nasib PPKM Jawa-Bali selanjutnya. 

Indikator penerapan PPKM yang mengacu dalam level 4,3 dan 2, telah dilakukan empat pekan untuk menekan angka paparan Covid-19. Awalnya, pemerintah menerapkan PPKM Darurat pada 03-20 juli yang lalu dengan dalih lonjakan Covid-19 di Indonesia. 
Kemudian, pemerintah menggunakan istilah PPKM Level 4 pada 20-25 Juli. Berlanjut pada 26 Juli-2 Agustus, 3-9 Agustus, dan 10-16 Agustus ini merupakan perpanjangan ke empat.
Sementara perpanjangan PPKM Level 4 di 45 kabupaten/kota luar Jawa-Bali masih berlangsung dan baru akan diputuskan kembali pada 23 Agustus mendatang. Evaluasi PPKM luar Jawa-Bali akan dilakukan tiap dua pekan.
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, sebelumnya mengatakan ada hasil baik selama pelaksanaan PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali 10-16 Agustus lalu.
Oleh karena itu, pemerintah membuka sejumlah aktivitas kegiatan, di antaranya adalah mal di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.
Dalam Inmendagri Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, dan 2 Covid-19 di Wilayah Jawa-Bali disebutkan, uji coba implementasi protokol kesehatan pada pusat perbelanjaan atau mal dibolehkan beroperasi dengan maksimal 25 persen pengunjung.
Di Jakarta, pemerintah kembali menerapkan ganjil-genap di masa PPKM Level 4. Ganjil-genap diberlakukan sejak Kamis (12/8) di delapan titik di Ibu Kota.
Penerapan ganjil-genap dilakukan sebagai ganti pos penyekatan PPKM di 100 titik yang ada di sejumlah ruas jalan di DKI. Selain DKI, ganjil-genap juga mulai diujicoba di Bandung.
Di masa PPKM level periode terakhir ini, kasus aktif positif dan kematian di Trenggalek Berdasarkan data Kominfo,Per Minggu (15/8), orang aktif positif 627 dan 850 orang meninggal. (kbrt)
advertisement

Berita Baru

Mengenang Perjuangan Rakyat Bersenjata dalam Peringatan HUT Ke-77 TNI di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kodim 0806 Trenggalek bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek dan pihak...

Spoiler One Piece 1062: Petualangan di Pulau Ilmu Pengetahuan

Kabar Trenggalek - Setelah pada chapter 1061 yang terbit dua pekan yang lalu kita...

Ketua PCNU Trenggalek Tutup Usia, Mas Ipin: Tokoh yang Dicintai Masyarakat 

Kabar Trenggalek - Masyarakat Trenggalek dilanda duka atas wafatnya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Napak Tilas Perjalanan Sejarah

Kabar Trenggalek - Hari Jadi Trenggalek Ke-828 Bumi Menak Sopal diwarnai dengan beberapa agenda...

Berita Terkait