BerandaFeatureInilah Para Pahlawan dari Trenggalek yang Tak Boleh Dilupakan di Hari Kemerdekaan...

Inilah Para Pahlawan dari Trenggalek yang Tak Boleh Dilupakan di Hari Kemerdekaan Indonesia

Terbit:

advertisement

KABARTRENGGALEK.com Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke 76 pada hari ini, Selasa 17 Agustus 2021. Perayaan kemerdikaan dilakukan oleh masyarakat di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Trenggalek. Bagi masyarakat Trenggalek, momen kemerdekaan dilakukan dengan berbagai kegiatan. Tapi ada satu hal yang tak boleh dilupakan, yaitu jasa dan perjuangan para Pahlawan dari Trenggalek.

 

advertisement

Trenggalek memiliki banyak Pahlawan yang berjasa bagi masyarakat Trenggalek maupun seluruh rakyat Indonesia. Berikut daftar para Pahlawan dari Trenggalek:

1. Minak Sopal

Minak Sopal
Makam Minak Sopal, Foto: DETIK
advertisement

 

Minak Sopal adalah Bapak Pertanian Trenggalek yang menciptakan permukiman pertama di Trenggalek. Ketika Trenggalek masih berbentuk rawa-rawa, Minak Sopal membendung Sungai Bagong untuk mengeringkan rawa-rawa sehingga bisa ditempati sebagai permukiman. Minak Sopal kemudian membuat sungai untuk mengairi sawah yang sekarang ada di bagian timur Trenggalek.

2. Kanjeng Jimat

Kanjeng Jimat
Foto: CAGARBUDAYAJATIM

 

advertisement

Kanjeng Jimat bergelar Mangunnegoro II adalah Pemimpin Trenggalek yang berani melawan kesewenang-wenangan penjajah dari Belanda. Kanjeng Jimat menjadi Bupati Trenggalek di era setelah Perang Jawa, ketika petani ditindas oleh perusahaan dan pemerintah Kolonial Belanda. Saat orang-orang lain takut, Kanjeng Jimat menunjukan keberaniannya bahwa ia tidak mau tunduk dengan penindasan dari para penjajah.

3. Soetran

Soetran
Foto: WIKIPEDIA

 

Soetran, Bupati Trenggalek yang menjadi bapak pembangunan di Trenggalek dengan banyak program: turinisasi, tembokisasi, pengenalan tanaman cengkih ke Trenggalek. Soetran juga membuka jalur-jalur sulit antar kecamatan di seantero Trenggalek. Seperti jalur Kampak-Munjungan serta proyek pembuatan dan penyudetan sungai dengan dukungan sepenuhnya dari rakyat Trenggalek.

4. Supriyadi

Supriyadi
Foto: WIKIPEDIA

 

Supriyadi adalah Pahlawan Nasional kelahiran Trenggalek. Supriyadi merupakan pemimpin pemberontakan pasukan Pembela Tanah Air (PETA) terhadap pasukan pendudukan Jepang di Blitar pada Februari 1945. Ia ditunjuk oleh Presiden Soekarno sebagai Menteri Keamanan Rakyat dalam Kabinet Presidensial, tapi ia tidak pernah muncul. Kehidupan Supriyadi hingga ia wafat menjadi misteri yang belum terpecahkan.

5. R. Suprapto

R. Suprapto
Foto: HISTORIA

 

Raden Suprapto adalah Perintis Reformasi Hukum di Indonesia, yang lahir di Trenggalek. R. Suprapto disebut-sebut sebagai seorang jaksa yang tak pandang bulu dan tidak main-main soal penegakan hukum. R. Suprapto tidak segan menindak perwira militer dan menteri serta menolak permintaan perdana menteri untuk membatalkan kasus dugaan korupsi menteri.

6. Abdul Hamid Wilis

Hamid Wilis
Foto: NGGALEK.CO

 

Abdul Hamid Wilis adalah Ketua Ansor Trenggalek generasi pertama. Mbah Hamid Wilis sangat tekun, rajin dan telaten merawat ingatan sejarah dengan menulis berbagai tema terkait kesejarahan Trenggalek. Mbah hamid Wilis sering berkunjung ke berbagai tempat untuk mencatat setiap hal yang berbau sejarah Trenggalek. Atas jasa dan perjuangan Mbah Hamid Wilis, kita jadi tahu asal usul Trenggalek, di saat banyak generasi muda yang kerap melupakannya.

7. Pamrih

Pamrih
Foto: NGGALEK.CO

 

Pamrih adalah pencipta Tari Turonggo Yakso yang menjadi ikon Kabupaten Trenggalek. Kehidupan Pak Pamrih sederhana dan gembira sebagai petani di desanya (Dongko). Meski berjasa besar, Pak Pamrih sering dianaktirikan oleh kabupatennya. Tapi, Pak Pamrih mampu bertahan hidup tanpa perlu menyandarkan bantuan dari elite pejabat yang memang kerap tak perhatian pada masyarakat.

Itulah daftar para Pahlawan dari trenggalek yang tidak boleh kita lupakan. Kalau kita adalah orang Trenggalek (generasi tua, generasi muda, serta pejabat-pejabatnya) yang merayakan kemerdekaan pada hari ini, maka jangan sampai kita melupakan Para Pahlawan dari Trenggalek. Mari kita merawat ingatan dan meneladani perjuangan mereka untuk Trenggalek dan seluruh Rakyat Indonesia. (kbrt).

 

Baca Juga:

Cara Unik Rayakan Kemerdekaan, Warga Desa Widoro Trenggalek Gelar Upacara di Tengah Sawah 

 

advertisement

Berita Baru

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jokowi Layangkan Tiga Tuntutan 

Kabar Trenggalek - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang melangsungkan pertandingan sepak bola BRI Liga 1...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden Arema FC Juragan 99 Angkat Bicara 

Kabar Trenggalek - Insiden merenggut nyawa dunia sepak bola Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari...

Tangis Keluarga Iringi Jenazah Polisi Tiba di Kediaman Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tragedi Kanjuruhan menyisakan isak tangis kepada keluarga korban yang meninggal dunia....

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait