BerandaNewsPeristiwaCara Unik Rayakan Kemerdekaan, Warga Desa Widoro Trenggalek Gelar Upacara di Tengah...

Cara Unik Rayakan Kemerdekaan, Warga Desa Widoro Trenggalek Gelar Upacara di Tengah Sawah

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Kesadaran akan perjuangan jasa pahlawan dalam membawa Indonesia Merdeka dari penjajah terus dikenang warga. Walau badai pandemi Covid-19 belum juga mereda, namun semangat nasionalisme tetap harus ditanamkan. Sepertihalnya yang dilakukan warga Desa Widoro Trenggalek, Selasa (17/08).

Warga Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, menggelar peringatan Kemerdekaan Repulik Indonesia Ke-76 di tengah sawah. Acara yang dinisiasi bersama kelompok masyarakat dan didukung Pemerintah Desa (Pemdes) Widoro tersebut berjalan dengan khidmat.

advertisement

Warga Widoro yang didominasi petani itu memakai pakaian sehari-hari. Warga Widoro menggugah semangat nasionalisme di kalangan petani dan pemuda. Rohmad, Kepala Desa (Kades) Widoro menjelaskan bahwa acara tersebut sebagai bentuk wujud syukur akan Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun.

“Ini sebagai wujud rasa syukur kita bersama Warga Widoro untuk membangkitkan semangat nasionalis dalam memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Dan juga sebelum pandemi memang Widoro banyak event namun ini terhambat pandemi kita jarang mengadakan event. Maka dari itu moment kemerdekaan ini kami wujudkan upacara bendera di tengah sawah,” Kata Rohmad.

Upacara Kemerdekaan Desa Widoro
Foto: Kabar Trenggalek
Rohmad mengungkapkan, sawah yang ditempati dalam upacara tersebut nantinya akan dikembangkan sebagai destinasi wisata baru di Desa Widoro setelah Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) kuliner di Saung Ledokan Widoro.
“Tempat ini masih proses pembangunan destinasi wisata baru Widoro Fish Garden yang nantinya tempat ini akan dibuat wahana percontohan pertanian ikan,” pungkas Rohmad.
Perlu diketahui, peserta upacara yang selain dari warga sekitar juga di ikuti oleh mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Widoro.
Turut serta hadir dalam upacara yang unik itu Komisi II Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Trenggalek Tarkiyat. Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut sangat mengapresiasi atas gotong royong, semangat nasionalis yang dikobarkan Warga Widoro dalam upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 di Desa Widoro.
“Sangat luar biasa. Ide kreatif dari Warga Widoro dan unsur Pemerintah Desa Widoro atas terselenggaranya peringatan kemerdekaan ini walaupun sedang berada di tengah pandemi Covid-19. Tetap semangat tidak melupakan sejarah pahlawannya dalam memperjuangkan kemerdekaan. Semoga situasi pandemi ini cepat berlalu dan pulih seperti sedia kala,” jelas Tarkiyat.
advertisement

Berita Baru

Ngambek! Rekomendasi Tak Digubris, Bawaslu Gugat KPU Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Kemelut tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kota alen alen Trenggalek...

Rukun Tani Sumberejo Pakel Menanam Bersama di Area Lindung Lahan Reklaiming

Rukun Tani Sumberejo Pakel bersama jaringan seperti WALHI Jawa Timur, LBH Surabaya dan jaringan...

Ngebut Benjut, Motor Lewat Jalan Tikus Seruduk Pikap di Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Peristiwa nahas terjadi di Trenggalek, sebuah kecelakaan lalu lintas menimpa warga...

Viral Hari ini

Fakta Film Horor Pocong Mumun: Satu Aktor Berperan Tiga Karakter

Kabar Trenggalek - Film horor Mumun tayang di bioskop mulai Kamis (01/09/2022). Film horor...

Berita Terkait