Jadwal Pemadaman Listrik Ponorogo Hari Ini Selama 7 Jam Lebih

jadwal pemadaman listrik ponorogo hari ini 7 jam lebih

Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sedang memperbaiki jaringan listrik/Foto: PDKB

Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kabupaten Ponorogo akan melakukan pemadaman listrik lagi. PLN Ponorogo memadamkan listrik pada hari Selasa, 23 Mei 2023.

Informasi itu disampaikan PLN UP3 Ponorogo melalui selebaran resmi terkait jadwal pemadaman listrik Ponorogo.

Pemadaman listrik Ponorogo demikian terjadi selama 7 jam lebih. Tepatnya, pemadaman itu mulai pukul 09.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Pemadaman listrik tersebut dalam rangka pemeliharaan peralatan jaringan 20Kv di. Titik yang berdampak pemadaman listrik sebagai berikut:

Kecamatan Jetis

Masyarakat Ponorogo yang terdampak pemadaman listrik harus paham betul kapan waktunya, sehingga bisa melakukan antisipasi sebelum listrik padam.

Oleh karena itu, kabartrenggalek.com berusaha menghadirkan informasi terkait pemadaman listrik yang ada di Kabupaten Ponorogo.

Perhatikan baik-baik notabene dari PLN Ponorogo, sebagai berikut:

  1. Apabila pelanggan memakai genset agar dipisah dengan instalasi PLN.
  2. Apabila pekerjaan selesai sebelum jam yang telah ditentukan, tegangan akan dinormalkan kembali.
  3. Apabila terjadi kondisi di luar kendali yang menyebabkan terlambatnya pekerjaan, maka pemadaman tersebut akan diperpanjang.

Bagi masyarakat Ponorogo yang ingin mengajukan pengaduan layanan terhadap PLN, bisa langsung melalui aplikasi “PLN Mobile”. Aplikasi tersebut bisa diakses melalui headphone Android maupun Iphone.

Penyebab pemadaman listrik

Pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja tanpa ada pengumuman dari pihak PLN Trenggalek. Setidaknya, ada 15 penyebab terjadinya pemadaman listrik, yaitu:

  1. Terjadi Pemadaman Secara Terpusat
  2. Terdapat Peningkatan Daya Listrik secara Mendadak
  3. Tingginya Kebutuhan Listrik pada Suatu Daerah
  4. Terjadi Korsleting Arus Listrik
  5. Terdapat Banjir pada Wilayah Tempat Tinggal Anda
  6. Kabel Listrik yang Terkena Dahan Pohon
  7. Kabel Listrik Terputus karena Angin yang Kencang
  8. Terjadinya Power SAG
  9. Terjadi Electrical Line Noise
  10. Rusaknya Gardu Pemasok Listrik pada Satu Wilayah
  11. Terjadi Gempa Bumi
  12. Penggalian Bawah Tanah bisa Mengacaukan Kabel Listrik Bawah Tanah
  13. Terkena Layangan atau Tersangkut Benda yang Lainnya
  14. Terjadi Kerusakan Alat Elektronik pada Rumah Anda
  15. Pemakaian Listrik pada Rumah Anda yang Terlalu Tinggi

Cara Melaporkan Pemadaman Listrik lewat PLN Mobile

Jika terjadi pemadaman listrik, Anda dapat melapor melalui Aplikasi PLN Mobile. Berikut cara melaporkan gangguan/keluhan melalui PLN Mobile:

  1. Pilih menu Pengaduan
  2. Pilih Menu pemadaman Listrik
  3. Pilih Laporkan Pemadaman sekarang
  4. Pilih pengaduan listrik padam
  5. Pilih ID Pelanggan atau masukan ID pelanggan yg ingin dilaporkan
  6. Atur lokasi dan klik konfirmasi
  7. Isi data yang dibutuhkan (Deskripsi dan Foto)
  8. Pilih waktu kunjungan petugas
  9. Kirim pengaduan

Setelah melaporkan pemadaman listrik, silahkan isi nomor lapor atau nomor telepon yang digunakan pada saat melapor melalui aplikasi PLN Mobile. Kemudian, pihak PLN Trenggalek akan melakukan tindak lanjut untuk memperbaiki jaringan.

Cara Isi Token Listrik dan Mengatasi Gangguan Gagal

Pemadaman listrik juga bisa disebabkan oleh gangguan saat mengisi token listrik. Sehingga, Anda tidak bisa menggunakan daya listrik sama sekali. Jika Anda sudah beli token listrik tapi listrik masih gagal menyala, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1. Cek Lagi Kode Token yang Sudah Dibeli

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja mengecek lagi kode token. Biasanya, masalah token listrik gagal terus disebabkan oleh kesalahan input.

Oleh karena itu, sebelum menekan tombol “Enter” pada MPB, lakukan pengecekan ulang terlebih dahulu. Cara ini juga ampuh untuk menghindari risiko MPB terblokir karena salah input kode token tiga kali berturut-turut.

2. Pastikan Tak Ada Gangguan Server PLN

Selain karena salah input kode token, masalah token listrik gagal terus juga bisa disebabkan oleh gangguan server PLN. Terkadang, server PLN memang mengalami gangguan atau sedang maintenance sehingga input token tidak bisa dilakukan. Jika hal ini terjadi, yang bisa dilakukan hanyalah menunggu server pulih kembali.

Untuk menghindari terjadinya gagal input token karena gangguan server PLN, lakukan pengecekan terlebih dulu, ya! Biasanya, PLN akan mengumumkan pemberitahuan server maintenance melalui media sosial mereka.

3. Periksa Ulang Limit kWh

Langkah mengatasi token listrik gagal terus adalah memeriksa kembali limit kWh. PLN telah mengatur batas maksimum kWh tiap MPB per bulannya.

Jika MPB milikmu sudah mencapai batas maksimum tersebut, maka input token listrik pun akan gagal. Untuk itu, tanyakan limit kWh kepada petugas PLN agar masalah seperti ini tidak terjadi.

4. Pastikan Kondisi Instalasi Listrik

Sebelum melakukan input token listrik prabayar, jangan lupa cek ulang instalasi listrik di tempatmu. Pastikan tidak ada kerusakan dan gangguan. Ini karena kerusakan pada instalasi listrik juga bisa bikin token gagal dimasukkan ke MPB. Jika kamu mengalami masalah ini, jangan pernah memaksakan input token listrik karena bisa memicu terjadinya korsleting.

Selain instalasi listrik, periksa juga kondisi MPB. Apabila MPB menampilkan pesan “Blocked” atau lambang telapak tangan, itu artinya mesin dalam kondisi rusak. MPB yang rusak tidak akan bisa menerima token listrik kecuali diperbaiki dahulu.

5. Masih Gagal? Hubungi petugas PLN

Jika langkah mengatasi kendala isi token listrik di atas tidak berhasil, sebaiknya segera hubungi petugas PLN. Anda bisa menghubungi PLN melalui contact center di nomor 123.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi akun media sosial resmi PLN (Facebook: PLN, Twitter: @pln_123, Instagram: @pln_id) dan aplikasi PLN Mobile yang bisa anda download di PlayStore.

Exit mobile version