TRENDING

Bencana Trenggalek: Satu Pondok Pesantren di Munjungan Nyaris Ambrol

Terbit:

Kabar Trenggalek Bencana Trenggalek menyisakan kerusakan sejumlah infrastruktur. Seperti Pondok Pesantren Tarbiatus Sholikin di Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, nyaris ambrol tergerus derasnya aliran sungai.

Kejadian itu pada Jumat (03/11/2022) malam, saat wilayah Munjungan diguyur hujan deras dan sungai meluap. Posisi pondok pesantren nyaris ambrol itu sisi bangunan nampak menggantung dari tanah. 

advertisement

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dalam kunjungannya menuturkan kondisi pondok pesantren itu sangat mengkhawatirkan. Hal demikian perlu penanganan segera sebagai antisipasi terjadi banjir susulan yang bisa memperparah keadaan.

Tak segan-segan, alat berat pun pada Selasa (08/11/2022) diterjunkan, guna untuk melakukan rekayasa. Sehingga derasnya aliran air tidak langsung mengarah pada sisi pondok pesantren yang nyaris ambrol. 

“Tepatnya di ponpes Kyai Sholikin, kalau dilihat aliran sungai langsung menghantam dinding pondok pesantren, kalau dibiarkan nantinya akan mengarah ke pemukiman,” kata Bupati Trenggalek Mas Ipin. 

Dalam rekayasa aliran sungai itu kata Mas Ipin akan ada penambahan bronjong sebagai bentuk penguatan. Dan juga bakal ada normalisasi sungai dengan tepi akan di benteng. 

“Alat berat kami mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Surabaya dan ada yang dari pemkab serta swadaya masyarakat. Nantinya, juga ada alat berat dari kemensos tapi masih kami tunggu,” ujar Mas Ipin. 

Kesaksian Kyai Sholikin Mutohir pengasuh pondok pesantren bahwa puncak dari hujan sekitar dini hari jam 12 malam. Pada saat itu santri sedang tertidur dan terdengar suara gemuruh. 

“Dulu sudah ada antisipasi di bronjong dari pemerintah, namun ternyata kami sebagai umat kalah dengan kuasa Allah SWT,” ujarnya.

UPDATE BENCANA TRENGGALEK, NOVEMBER 2022:

advertisement

TERBARU

Berkunjung ke Qatar, Sandiaga Uno Dapat Kejutan dari Warga Trenggalek

Kabar Trenggalek - Piala Dunia 2022 di Qatar tak hanya bola yang diproduksi dari...

Kasus Kecelakaan Akibat Mabuk, Polri Siapkan Alat Tes Alkohol dan Narkoba

Kabar Trenggalek - Kasus kecelakaan marak terjadi hampir setiap hari. Merespons kondisi tersebut, Korlantas...

Zenbook Pro 16X OLED, Laptop Untuk Konten Kreator dengan Desain Tak Lazim dan Performa Kencang

Kabar Trenggalek - Untuk kamu yang bekerja sebagai konten kreator dan sedang mencari laptop...

TOPIK TERKAIT