TRENDING

Ning Nida Kembali Harumkan Trenggalek, Mufassirah Terbaik 1 Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia Tingkat Nasional

Terbit:

Kabar Trenggalek Sosok Dewi Yukha Nida atau yang akrab disapa Ning Nida kembali harumkan nama Trenggalek di kancah nasional, Kamis (20/10/2022).

Ning Nida berhasil meraih Mufassirah Terbaik 1 Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia, pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tahun 2022 Tingkat Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan,

advertisement

“Alhamdulillah. Ini oleh-oleh dari Banjarmasin. Terima kasih do’a-do’a panjenengan semuanya” tulis Ning Nida dalam akun instagramnya, @dewiyukha_nidaa.

Juara 1 yang diraih Ning Nida dalam MTQ XXIX Tahun 2022 Tingkat Nasional itu juga menambah deretan prestasi dalam bidang Musabaqoh Hifdzil Qurā€™an (MHQ).

Baca: Sosok Neng Nida, Penghafal Al Quran dari Trenggalek yang Mengharumkan Indonesia

Menurut Ning Nida, Mengikuti MTQ adalah sebagai wasilah (perantara) bukan ghoyah (tujuan) daripada menghafal Al-Qur’an. Sebab, dengan MTQ, semua orang bisa terus belajar memperbaiki bacaan dan hafalan, sehingga akan semakin baik dan hafalannya semakin kuat.

“Dan ingat bahwa menghafal Al Qur’an itu bukan bertujuan untuk di lombakan, tetapi sebagian wasilah kita untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan komunikasi melalui kalam-Nya,” ujar Ning Nida, dikutip dari akun resmi Pondok Pesantren Bahrul Ulum, @ppbahrululum_kedungbajul.

Ning Nida berpesan, dengan menghafal Al-Qur’an otomatis kita akan mudah menggali pengetahuan agama yang lebih mendalam. Bagi Ning Nida, semua pengetahuan bersumber dari Al-Qur’an.

Dalam MTQ cabang Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia itu Ning Nida mendapatkan hasil terbaik dengan skor 197,50. Skor itu unggul dari peserta lainnya, yaitu juara 2 Rifdah Farnidah (192,83) dari DKI Jakarta, serta juara 3 Atikah Dwi Lestari (170,83) dari Kepulauan Riau.

advertisement

Baca: Nida, Perempuan Asal Trenggalek Berhasil Meraih Juara 1 Musabaqah Hifdzil Quran Rusia

Sebelumnya, Ning Nida berhasil meraih juara I berturut-turut pada MTQ tingkat Nasional. Berawal pada MTQ Nasional ke – XXVII, Ning Nida meraih Juara Terbaik I Cabang MHQ 30 Juz di Medan Sumatera Utara 2018. Kemudian, pada MTQ Nasional ke – XXVIII, Ning Nida menjadi Mufassirah Terbaik I Cabang Tafsir Bahasa Arab di Padang Sumatera Barat 2020.

Berikutnya, Ning Nida dipercaya menjadi delegasi Indonesia pada MHQ tingkat Internasional pada tahun 2017 di Jordania, 2019 di Dubai dan 2022 di Kazan – Russia. Dalam acara itu, Ning Nida menjadi Juara pertama di ajang perlombaan Musabaqoh Hifdzil Qurā€™an Internasional.

“Semoga lahir generasi-generasi penerus beliau, bisa menjadi contoh dan penyemangat bagi teman-teman santri dimanapun berada khususnya santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum dalam meniti setiap ayatnya,” tulis akun @ppbahrululum_kedungbajul.

advertisement

TERBARU

Berkunjung ke Qatar, Sandiaga Uno Dapat Kejutan dari Warga Trenggalek

Kabar Trenggalek - Piala Dunia 2022 di Qatar tak hanya bola yang diproduksi dari...

Kasus Kecelakaan Akibat Mabuk, Polri Siapkan Alat Tes Alkohol dan Narkoba

Kabar Trenggalek - Kasus kecelakaan marak terjadi hampir setiap hari. Merespons kondisi tersebut, Korlantas...

Zenbook Pro 16X OLED, Laptop Untuk Konten Kreator dengan Desain Tak Lazim dan Performa Kencang

Kabar Trenggalek - Untuk kamu yang bekerja sebagai konten kreator dan sedang mencari laptop...

TOPIK TERKAIT