TRENDING

Muhammadiyah Watulimo Dirikan Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir Bandang

Terbit:

Kabar Trenggalek Muhammadiyah Watulimo mendirikan dapur umum pada Senin (10/10/2022) dalam upaya membantu penanganan bencana banjir bandang di pesisir Watulimo.

Pendirian dapur umum bertempat di SMK Muhammadiyah Watulimo. SMK Muhammadiyah Watulimo dipilih karena dinilai lebih strategis untuk menunjang bantuan logistic, selain itu lokasinya aman dari ancaman bencana banjir susulan.

advertisement

Menurut Niko, Koordinator posko relawan Muhammadiyah pendirian dapur umum merupakan arahan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Watulimo dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sebagai penanggungjawab lapangan.

Sejak Senin pagi, relawan yang terlibat sejumlah 59 personil, terdiri dari tim MDMC, guru SMK Muhammadiyah Watulimo, siswa dan gabungan relawan lain.

“Kami mendirikan dapur umum ini juga untuk percepatan bantuan dari tim dapur umum pemerintah kecamatan di Balai desa Sawahan, sehingga atas saran dari PCM dan hasil koordinasi dengan pihak kecamatan, Muhammadiyah membantu mendirikan posko dapur umum disini,” terang Niko.

Penyediaan logistic di lokasi dapur umum langsung dikoordinir oleh tim relawan MDMC dengan pembiayaan dari LAZISMU Watulimo, Lazismu Trenggalek, dan beberapa sumbangan donator.

Kegiatan di dalam dapur umum Muhammadiyah Watulimo
Kegiatan di dalam dapur umum Muhammadiyah Watulimo/Foto: Kabar Trenggalek

Tercatat hingga Senin (10/10/2022) pukul 23:00 WIB, bantuan yang sudah masuk berupa uang tunai dan kebutuhan dapur untuk hari Selasa sudah tercukupi dan dimungkinkan akan terus bertambah seiring dibukanya penggalangan donasi oleh Lazismu Watulimo.

Sedangkan perlengkapan memasak tim masih menggunakan peralatan sewa dan sumbangan dari sukarelawan, sehingga dirasa perlu segera penambahan.

“Kebutuhan untuk Selasa [11/10/2022] di dapur umum kami rasa sudah siap, tinggal untuk beberapa hari ke depan kami mengumpulkan donasi dan bantuan peralatan. Sebab beberapa kebutuhan kami sementara menggunakan alat yang secepat mungkin dapat dipakai, sehingga ada yang sewa dan sumbangan dari teman – teman relawan” imbuh Niko.

advertisement

Hari pertama penyaluran bantuan makanan, relawan Muhammadiyah membagikan tak kurang 500 nasi bungkus yang didistribusikan ke beberpa titik yang diterjang banjir. Bahkan dari pantauan relawan MDMC pada Senin siang masih terdapat beberapa titik lokasi yang belum mendapat distribusi logistik secara merata.

“Kami siang mendistribusikan bantuan makanan masih ada beberapa warga yang belum memeroleh makanan secara memadai, mungkin hal ini karena akses jalan yang sulit dijangkau” terangnya.

Dari hasil data tim relawan MDMC Watulimo, hingga Senin malam (10/10/22) dampak dari bencana banjir Watulimo adalah sebagai berikut:

Dampak banjir di Desa Tasikmadu RT 01-RT 06, RT 09-RT 15 dan RT 31-RT 33. Sedangkan Desa Prigi RT 01 dan RT 02 Rumah terdampak sejumlah 315 Rumah‎, dengan rusak berat sejumlah 5 rumah.

Korban meninggal 0, Korban luka-‎ luka 0. Instansi/Lembaga yang terdampak yaitu 2 Lembaga Pendidikan, 1 Balai Desa, 5; Masjid/Mushola, 10 Kambing/domba‎ hilang; 23 ha lahan ‎rusak; 58 Motor serta 3 Mobil rusak berat dan ringan.

UPDATE BENCANA BANJIR WATULIMO:

Tiga Sekolah Dasar terdampak Banjir Bandang di Watulimo

Warga Bergotong Royong Membersihkan Material Sisa Banjir di Watulimo

Banjir Bandang Desa Tasikmadu, Dua Dapur Umum Disiapkan Suplay Makanan Warga

Lumbung Pangan Tsunami Desa Sawahan Difungsikan untuk Bencana Banjir Bandang Watulimo

Jalur Wisata Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih dan Pantai Mutiara Tertutup Lumpur, Belum Bisa Dilewati

Trenggalek Siaga Bencana, Pemkab Lemah Assessment

Penyebab Banjir Bandang Tasikmadu, Watulimo: Sampah Tutup Sungai

Banjir Tasikmadu Watulimo, Motor dan Kambing Hanyut 

Banjir Bandang di Watulimo Trenggalek, Jalan Tak Bisa Dilewati, Rumah Hancur dan Warga Kesulitan Makan

advertisement

TERBARU

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

Viral Sekelompok Orang Copot Papan Nama Gereja Reformed Injili Indonesia di Bantuan Korban Gempa Cianjur

Kabar Trenggalek - Bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyisakan duka...

TOPIK TERKAIT