BerandaTrenggalekpediaMengenal Genteng-Genteng Asli Trenggalek, Terkenal Kuat dan Tahan Lama

Mengenal Genteng-Genteng Asli Trenggalek, Terkenal Kuat dan Tahan Lama

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Kabupaten Trenggalek sering dikenal dengan berbagai destinasi wisata maupun kuliner khasnya. Tak hanya itu, Trenggalek juga terkenal dengan hasil produksi kerajinan genteng.

Ada beberapa jenis genteng asli Trenggalek. Kerajinan genteng yang diproduksi oleh masyarakat Trenggalek, terkenal kuat dan tahan lama.

advertisement

Kerajinan genteng tentu menjadi salah satu kebutuhan utama dalam membangun pondasi rumah. Dengan genteng yang kuat dan tahan lama, rumah bisa terjaga dari berbagai ancaman dari cuaca buruk.

Genteng-Genteng Asli Trenggalek

Genteng Gelombang Nglayur

Genteng Gelombang Nglayur
Genteng Gelombang Nglayur/Foto: Tokopedia

Genteng Gelombang Nglayur atau bisa di sebut dengan Genteng Gelombang Trenggalek di produksi oleh pabrik pengrajin genteng di Dusun Nglayur, Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari,Trenggalek.

Genteng Gelombang Nglayur memiliki ukuran genteng lebih besar dari ukuran genteng tanah liat lainnya. Genteng Gelombang Nglayur sangat cocok untuk anda yang berada di kota-kota besar yang mendambakan model atap rumah yang baru dan fresh karena belum terlalu banyak yang tahu modelnya.

advertisement

Bentuk Genteng Gelombang Nglayur berbeda dengan bentuk genteng lainnya seperti Genteng Seng Gelombang, Beton Gelombang, Asbes, dan lain-lain. Genteng Gelombang Nglayur berbentuk seperti ombak laut yang bergelombang.

Genteng dari tanah liat ini diproses dengan tiga kali penggilingan dengan campuran pasir lembut, kaolin, dan dicetak menggunakan mesin press berkekuatan tinggi. Sehingga menjadikan genteng kuat dan kokoh dalam jangka waktu yang pastinya lama.

Genteng Manthili

Genteng Manthili
Genteng Manthili/Foto: Shopee

Genteng Manthili dibuat oleh pengrajin genteng yang terletak di Dusun Nglayur, Kecamatan Gandusari. Bila dilihat bentuknya, sekilas Genteng Manthili mirip dengan Genteng Pres Pegon. Hanya saja, yang membedakan bentuk kluntungnya yang lebih besar.

Pada tahun 2016-2017, Genteng Manthili mulai banyak peminatnya. Saat kebutuhan per m2 hanya sedikit, Genteng Manthili harganya sangat terjangku untuk masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas. Selain itu, akses mendapatkan Genteng Manthili juga mudah, karena banyak perajin yang membuatnya.

advertisement

Genteng Manthili sangat cocok untuk kawasan rumah yang berada di desa maupun di kota. Genteng Manthili memang didesain lebih besar kluntungnya, sehingga saat hujan turun, air langsung turun ke bawah.

Setelah dipasang di atap rumah, Genteng Manthili sangat kuat ketika diinjak. Genteng ini dibuat dengan campuran tanah liat, pasir lembut, kaolin dan di proses tiga kali penggilingan. Lalu, dicetak menggunakan mesin press berkekuatan tinggi. Sehingga, Genteng Manthili tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Genteng Pres Pegon Nglayur

Genteng Pres Pegon Nglayur
Genteng Pres Pegon Nglayur/Foto: Atap Prima

Genteng Pres Pegon Nglayur sangat mudah didapatkan. Selain karena harganya lumayan murah, sudah banyak perajin di Trenggalek yang membuat genteng ini. Genteng Pres Pegon Nglayur juga banyak digunakan oleh para konsumen dengan tingkat ekonomi bawah – menengah.

Butuh 24 pcs Genteng Pres Pegon Nglayur untuk pemasangan 1 m2. Genteng ini mirip dengan Genteng Manthili. Hanya saja, yang membedakan bentuk kluntung Genteng Pres Pegon Nglayur lebih kecil.

Akan tetapi, kualitas Genteng Pres Pegon Nglayur tidak kalah dengan genteng tanah liat lain yang berukuran besar. Sebab, proses pembuatan genteng ini sama dengan genteng lainnya, dengan tiga kali penggilingan tanah antara campuran tanah liat, pasir lembut, dan kaolin. Meskipun kecil, genteng ini sangat kuat dan kokoh dan yang pasti tidak rembes/bocor/trocoh waktu turun hujan.

Genteng Karang Pilang Nglayur

Genteng Karang Pilang Nglayur
Genteng Karang Pilang Nglayur/Foto: Atap Prima

Genteng Karang Pilang Nglayur atau bisa disebut Genteng Kodok karena bentuknya yang seperti katak. Pada akhir 2017, para pengrajin genteng ini hampir kewalahan dalam proses pembuatanya.

Saat itu, berbagai proyek perumahan muncul. Genteng Karang Pilang Nglayur sangat laris bahkan banyak supplier harus bersaing dan merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan genteng ini. Para supplier khawatir kehabisan stok genteng ini.

Genteng Karang Pilang Nglayur sangat cocok untuk daerah desa maupan kota. Kualitas genteng ini lumayan kuat, kokoh, dan kedap suara. Genteng ini dibuat dengan adonan tanah liat, pasir lembut, kaolin, lalu tiga kali proses penggilingan sebelum dicetak menjadi genteng.

advertisement

Berita Baru

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Viral Hari ini

DPRD Palembang Pukul Wanita Karyawan SPBU: Saya Khilaf

Kabar Trenggalek - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang aniaya pegawai SPBU. Kegiatan keji...

Berita Terkait