TRENDING

Pemerintah dan Bank Indonesia Luncurkan Pecahan Rupiah Baru, Lihat Penampakannya

Terbit:

Kabar Trenggalek Pemerintah bersama Bank Indonesia secara resmi meluncurkan tujuh pecahan rupiah baru. Pecahan rupiah itu dalam edisi Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi (Uang TE) 2022 pada Rabu (18/08/2022).

Adapun Uang TE 2022 yang mengalami pembaruan adalah, pecahan Rp.1000, Rp. 2000,Rp. 5000, Rp. 10.000, Rp 20.000, Rp. 50.000, dan Rp. 100.000.

advertisement

Uang TE 2022 ini tetap mempertahankan gambar pahalawan nasional di bagian depan dan gambar tentang kebudayaan dan alam di Indoensia.

“Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik,” ujar Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, melalui siaran resmi di laman bi.go.id.

Tampilan pecahan uang baru 2022
Tampilan pecahan uang baru 2022/Foto: BI

Erwin mengatakan, inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan.

“Sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Erwin.

Erwin menambahkan, jika pengeluaran Uang TE 2022 ini tidak akan mencabut uang yang telah beredar sebelumnya. Uang rupiah yang sebelumnya telah beredar, tetap sah dipakai sebagai alat tukar di seluruh Indoensia.

“Adapun pengeluaran Uang TE 2022 tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya. Seluruh Uang Rupiah kertas ataupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia,” jelas Erwin.

Penampakan pecahan uang baru 2022
Penampakan pecahan uang baru 2022/Foto: BI

Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran Uang TE 2022 dapat melalui perbankan datu kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.

advertisement

Sebelum melakukan penukaran, masyarakat bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu lewat aplikasi PINTAR yang dapat diakses lewat laman https://pintar.bi.go.id. Aplikasi tersebut sudah dapat diakses masyarakat sejak tanggal 18 Agustus 2022.

“Pengeluaran Uang TE 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. Hal ini selaras pula dengan tema HUT RI ke-77: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” harap Erwin.

advertisement

TERBARU

Berkunjung ke Qatar, Sandiaga Uno Dapat Kejutan dari Warga Trenggalek

Kabar Trenggalek - Piala Dunia 2022 di Qatar tak hanya bola yang diproduksi dari...

Kasus Kecelakaan Akibat Mabuk, Polri Siapkan Alat Tes Alkohol dan Narkoba

Kabar Trenggalek - Kasus kecelakaan marak terjadi hampir setiap hari. Merespons kondisi tersebut, Korlantas...

Zenbook Pro 16X OLED, Laptop Untuk Konten Kreator dengan Desain Tak Lazim dan Performa Kencang

Kabar Trenggalek - Untuk kamu yang bekerja sebagai konten kreator dan sedang mencari laptop...

TOPIK TERKAIT