BerandaAdvertorialPacu Investasi di Trenggalek, DPMPTSP Cerdaskan Pelaku Usaha Sektor Wisata

Pacu Investasi di Trenggalek, DPMPTSP Cerdaskan Pelaku Usaha Sektor Wisata

Terbit:

Laju investasi di Trenggalek terus mengalami pertumbuhan. Hal demikian menjadi pintu masuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Trenggalek untuk menggandeng para pelaku wisata.

Pada Selasa (23/08/2022) DPMPTSP Trenggalek mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Pelaporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022. Kegiatan itu dilakukan di Pondok Prigi Cottages Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

Trenggalek yang memiliki kekayaan alam dan keindahan bentangan pantai, menjadikan pertumbuhan investasi di bidang wisata berpacu tinggi. Hal demikian dibuktikan dengan data target investasi yang sudah mencapai Rp. 300 miliar.

Pacu Investasi di Trenggalek, DPMPTSP Cerdaskan Pelaku Usaha Sektor Wisata
Edi Santoso, PLT DPMPTSP Trenggalek memberi sambutan dalam Bimtek Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan LKPM DAK Tahun Anggaran 2022/Foto: Kabar Trenggalek

Dengan Demikian, Edi Santoso, Pelaksana tugas (Plt) DPMPTSP Trenggalek, bersama jajarannya tak kenal lelah melanjutkan misinya untuk melakukan edukasi agara pelaku investasi pelaku wisata khususnya bidang, restoran dan hotel disiplin laporan melalui Online Single Submission (OSS).

“Kegiatan ini berkelanjutan, kami menyasar pelaku investasi bidang wisata untuk memberikan pembekalan pelatihan dan migrasi akun OSS lama, menjadi Online Single Submission Risk Based Approach [OSS-RBA],” ungkap Edi saat ditemui.

Dalam menjalankan misinya tersebut, Edi menggandeng 45 pelaku wisata rincinya, perhotelan, restoran. Kendati, 45 peserta itu berasal dari berbagai wilayah Trenggalek dan menyasar sektor wisata wilayah Kecamatan Watulimo.

“Dalam kegiatan peserta mendapatkan pelatihan cara migrasi akun OSS dan kami datangkan pemateri yang kompeten untuk memacu tumbuhnya taraf investasi bidang wisata,” tegasnya.

Manfaat pelaku wisata yang tertib dalam bidang investasi sebagai jalan terbaik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek untuk menentukan langkah kebijakan besar agar ekonomi dapat berputar di kalangan masyarakat.

“Tentunya antusias dari peserta sangat tinggi dan yang paling penting pelaku investasi harus jujur dalam pelaporan sebagai bentuk penentu kebijakan Pemkab Trenggalek selanjutnya,” ujar Edi.

Potensi Investasi di Trenggalek

Charly Raya, pemateri dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Surabaya, memberikan materi tentang pengembangan potensi investasi pariwisata di Trenggalek. Charly membagikan beberapa update data statistik khusus terkait pariwisata.

“Sehingga mereka [wisatawan] tahu dengan kondisi pariwisata sekarang, pertumbuhan pariwisata yang datang, negara-negara yang jadi sasaran mereka, usianya wisatawan berapa sampai berapa. Sehingga target market itu sesuai apa yang jadi sasaran mereka,” ujar Charly.

Charly juga berbagi langkah-langkah yang harus dilakukan para pelaku wisata Trenggalek untuk menghadapi persoalan dalam mengembangkan investasi. Berbagai persoalan itu seperti rumitnya regulasi, infrastruktur belum merata, akuisis lahan yang sulit, kompetensi tenaga kerja, hingga pajak dan insentif non fiskal.

Pacu Investasi di Trenggalek, DPMPTSP Cerdaskan Pelaku Usaha Sektor Wisata
Para peserta antusias mengikuti Bimtek Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan LKPM DAK Tahun Anggaran 2022/Foto: Kabar Trenggalek

Menghadapi persoalan itu, Charly menyampaikan beberapa strategi investasi yaitu:

  1. Mengeksekusi investasi mangkrak dan investasi berskala besar di industri.
  2. Menyusun peta potensi investasi daerah I-PRO Investment Project Ready to Offer. Bappenas OK (Kedutaan Indonesia dan Foreign Mission).
  3. Memfasilitasi investasi relokasi asing supaya masuk ke Indonesia, bukan malah ke negara lain.
  4. Melakukan debottlenecking dan aftercare investasi melalui pendampingan investor.
  5. Melakukan perluasan daftar positif investasi, kecualian untuk UMKM
  6. Deregulasi dan integrasi perizinan (Penyeragaman dan Integrasi Pusat
    Daerah).

Koordinator Economic Diplomatic Corps, itu menyampaikan bahwa saat ini adalah momen yang bagus bagi pelaku untuk memulai untuk melakukan investasi melalui bidang pariwisata.

“Sekarang adalah waktu yang tepat karena Indonesia diberikan penghargaan sebagai negara yang paling cantik di dunia. Saatnya kita sekarang ini menjual besar-besaran, melakukan marketing yang masif, quality tourism [pariwisata berkualitas], mass tourism [pariwisata massal],” ungkap Charly.

Berkaitan dengan investasi di Trenggalek, Charly memaparkan ada tiga potensi yang bisa dikembangkan. Salah satu potensi investasi di Trenggalek yaitu pariwisata.

“Potensi di Trenggalek kalau saya lihat agriculture [pertanian] tentunya yang bisa digarap. Walaupun sekarang fokusnya yang berkembang sekarang ini adalah tourism [pariwisata], dan juga perikanan,” ujar Charly.

Pernyataan Charly dikuatkan dengan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bahwa Jawa Timur menyumbang Desa Wisata paling banyak dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Salah satunya adalah Desa Wisata Pandean, Kecamatan Dongko, Trenggalek.

Para pelaku wisata yang mengikuti pelatihan migrasi OSS dari DPMPTSP Trenggalek itu juga memberikan apresiasi. Seperti pelaku investasi rumah makan, Endar Fajar Rama, yang terbantu dengan adanya pelatihan itu.

“Sangat memudahkan sekali, karena yang awalnya saya bingung kini mendapatkan pengetahuan yang mendalam,” kata pengusaha rumah makan Depot Rama itu.

Selain itu, apresiasi juga datang dari pelaku Desa Wisata Durensari, Kecamatan Watulimo, Unik Winarsih. Menurutnya, kegiatan semacam ini dengan menyasar bidang investasi kelas bawah sangat diperlukan dan membantu pemetaan ke depannya seperti apa.

“Mulai dari materinya yang bagus, saya juga mendapatkan ilmu baru tentang dunia investasi dan perizinan,” ucap Unik.

Ada beberapa materi penting dalam Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Pelaporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022

Materi itu seperti cara pendaftaran akun OSS-RBA, cara permohonan perizinan berusaha melalui OSS-RBA, cara pemenuhan persyaratan melalui OSS-RBA, cara pengajuan PB UMKU, serta cara menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM). Bagi Anda yang ingin mengetahui ringkasan materinya, silahkan klik DI SINI.

Berita Baru

Sempat Sebut Jumlah 174 dan 131, Emil Dardak Pastikan Ada 125 Korban Meninggal di Tragedi Kanjuruhan

Kabar Trenggalek - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kembali menyebutkan jumlah yang...

Hujan Deras, Tiga Desa di Kecamatan Watulimo Dilanda Banjir 

Kabar Trenggalek - Hujan dengan intensitas deras di Trenggalek semalam mengakibatkan Kecamatan Watulimo Trenggalek...

Waspada! Mulai Hari Ini Polisi Sasar Pengendara Motor di Trenggalek yang Tak Tertib

Kabar Trenggalek - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Trenggalek menyasar pengendara motor...

Sopir Ngantuk Delapan Warga Alami Luka, Insiden Kecelakaan di Trenggalek 

Kabar Trenggalek - Kecelakaan di Trenggalek yang melibatkan dua mobil saling adu kepala akibatkan...

Berita Terkait