TRENDING

Serunya Matic Race Trenggalek, 800 Warga Nonton Balapan Motor di Stadion Menak Sopal

Terbit:

Kabar Trenggalek – Stadion Menak Sopal Trenggalek diserbu ratusan warga pada hari Sabtu hingga Minggu (23-24/07/2022). Ratusan warga itu menonton balapan motor dalam ajang Matic Race Trenggalek.

Anggar Pito, Ketua Panitia Matic Race Trenggalek, mengatakan ajang balap motor itu digelar setelah jeda tiga tahun. Pihaknya bisa menyelenggarakan Matic Race Trenggalek setelah kondisi Covid-19 melandai, serta mendapatkan izin resmi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur.

advertisement

Pito menyebutkan, ada 28 balapan yang dilombakan dalam Matic Race Trenggalek. Lalu, ada beberapa kelas yang dilombakan seperti bebek empat tak 150cc usia maksimal 12 tahun. Selain itu, ada juga mini GP untuk anak-anak usia maksimal 10 tahun, kelas matic perempuan 130 cc, supermoto 180cc, serta kelas sang raja RX King 140cc.

“Peserta Matic Race Trenggalek yang hadir mayoritas dari Jawa Timur. Ada juga beberapa kelas, yang ikut dari Jawa Tengah dan Jawa Barat,” ujar Pito saat ditemui di Stadion Menak Sopal Trenggalek.

Pito menyampaikan, pada hari Sabtu (23/07/2022), kegiatannya adalah latihan dan kualifikasi bagi peserta Matic Race Trenggalek. Kualifikasi tersebut memakai sistem transponder, sehingga peserta yang paling cepat dalam kualifikasi akan menduduki posisi start paling depan.

Pembalap Matic Race Trenggalek melewat garis finish
Pembalap Matic Race Trenggalek melewat garis finish/Foto: Kabar Trenggalek

Kemudian, balapan motor berlangsung pada hari Minggu (24/07/2022). Terlihat berbagai pembalap yang memacu motornya untuk berada di posisi paling depan. Para pembalap berhasil melewati tikungan demi tikungan di lintasan Stadion Menak Sopal Trenggalek. Balapan motor itu juga mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para penonton.

“Karena hanya kualifikasi, daya minat penonton hadir masih kurang di hari Sabtu. Mungkin masih kerja dan sekolah. Tapi untuk hari Minggu, alhamdulillah penonton yang masuk sekitar 800 penonton yang antusias melihat olahraga balap di Trenggalek,” jelas Pito.

Pito menjelaskan, dari setiap balapan diambil 5 juara. Hadiah di setiap kelas yaitu Rp. 8 juta. Matic Race Trenggalek diselenggarakan untuk menguji potensi diri, serra menyalurkan hobi dan kemampuan dalam dunia otomotif.

Menurut keterangan Pito, Trenggalek termasuk kabupaten yang mempunyai sirkuit semi permanen. Ketika dipakai untuk lomba balapan motor, pihaknya tidak memakai jalur jalan umum. Sehingga, lomba balapan motor tidak merugikan pengguna jalan umum.

advertisement

Sayangnya, kata Pito, Matic Race Trenggalek kurang mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek. Pito menyebutkan, panitia Matic Race Trenggalek harus menambal lintasan yang rusak. Sebab, ada beberapa sirkuit balap yang belum diperbaiki oleh Pemkab Trenggalek.

Pemenang lomba balapan motor Matic Race Trenggalek
Pemenang lomba balapan motor Matic Race Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

“Kurang support¬†[dukungan]¬†pembenahan lintasan, jalan. Awal pengaspalan sampai hari ini [Minggu] belum ada perbaikan lagi. Jadi kami panitia juga membersihkan, kita nambal-nambal sendiri,” cerita Pito.

Pito berharap balapan motor seperti Matic Race Trenggalek ini bisa memotivasi pemuda Trenggalek untuk tidak balapan liar. Pito juga mengajak pemuda Trenggalek untuk mengadakan latihan balapan di Stadion Menak Sopal Trenggalek.

“Daripada Anda balapan liar dan war wer di luar, ayo kami naungi, kami siapkan Stadion Trenggalek sebagai wahana untuk mengupas hobi kita. Mari kita adakan latihan di stadion ini setiap hari Kamis dan jumat jam 3-5 sore, selama 2 jam,” ucap Pito.

Dengan adanya wadah latihan bersama, Pito optimistis pembalap Trenggalek bisa mengembangkan kemampuan serta meningkatkan prestasi.

“Harapan ke depannya akan lebih solid, melangkah dengan hasil kejuaraan yang kebanyakan didominasi oleh pembalap lokal,” harapnya.

Pito juga mengabarkan, bakal ada lomba balapan motor lagi tingkat Provinsi Jawa Timur di Trenggalek. Balapan motor itu akan diselenggarakan dalam Kejuaraan Provinsi di bulan September 2022.

“Kami bersyukur, bulan September, IMI akan gelar Kejurprov di stadion Trenggalek,” tandasnya.

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT