TRENDING

Mulai Hari Ini, Luhut Minta Masyarakat Beli Minyak Goreng Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Terbit:

Kabar Trenggalek Usai mengalami kelangkaan minyak goreng di kalangan masyarakat, kini ada permintaan baru dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (26/06/2022).

Luhut mengatakan, masyarakat boleh membeli minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) atau Rp. 15.500 per kilogram. Pembelian akan dibatasi maksimal 10 kilogram untuk satu Nomor Induk Kependudukan (NIK).

advertisement

“Jumlah tersebut kami anggap sudah mencukupi kebutuhan rumah tangga, bahkan pengusaha usaha kecil-kecil,” ujar Luhut dalam keterangan resmi, Jumat malam, 24 Juni 2022.

Semua penjualan minyak goreng curah akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat yang belum punya aplikasi tersebut, kata Luhut, tak perlu khawatir karena dapat menunjukkan NIK untuk mendapatkan minyak goreng sesuai dengan HET.

Minyak goreng kemasan botol
Minyak goreng kemasan botol/Foto: Dokumen istimewa

Adapun minyak goreng curah bisa diperoleh di penjual atau pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0 dan Pelaku Usaha Jasa Logistik Dan Eceran (PUJLE). Pengecer tersebut umumnya tergabung dalam kelompok warung pangan dan gurih.

“Saya ingin nantinya distribusi bisa dipastikan berjalan hingga ke level terbawaah,” ucap Luhut.

Semua transisi penjualan minyak goreng, ucap Luhut, akan dimulai dengan sosialisasi. Pemerintah bakal melakukan sosialisasi pada Senin, 27 Juni 2022.

Luhut mengatakan, pemerintah melaksanakan upaya perubahan sistem untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng.

“Penggunaan PeduliLindungi, berfungsi sebagai alat pemantau dan pengawasan di lapangan untuk mencegah munculnya penyelewengan yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng,” ujarnya.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT