BerandaNewsTeknologiTidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi, Ini Cara Mengatasinya!

Tidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi, Ini Cara Mengatasinya!

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Berbagai sektor bisnis mulai beroperasi kembali ditengah pandemi yang belum selesai. Salah satunya bioskop Trenggalek yang mulai beroperasi kembali.

Namun bagi masyarakat yang ingin menikmati berpergian keluar rumah, seperti menonton film di bioskop atau berbelanja ke mall harus mengikuti syarat kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah.

advertisement

Syarat tersebut adalah harus menginstall aplikasi PeduliLindungi serta terdaftar sebagai pengguna yang telah memiliki sertifikat vaksin.

Nantinya setiap penduduk yang ingin menggunakan sarana publik seperti moda transportasi umum (angkutan umum, kereta api, pesawat, dll) atau memasuki mall haruslah melakukan scan barcode sebagai bukti bahwa telah divaksin.

Jika tidak bisa menunjukan sertifikat vaksin yang dikeluarkan aplikasi PeduliLindungi maka masyarakat tidak bisa menikmati sarana publik.

advertisement

Namun ada kalanya, aplikasi PeduliLindungi mengalami masalah hingga tak bisa digunakan dengan normal. Masalah yang sering muncul adalah tidak bisa scan barcode di PeduliLindungi, tidak bisa log in, hingga kesalahan data yang tercantum.

Untuk memperbaiki error di aplikasi peduliLinfungi, ada lima cara yang bisa Anda coba.

1. Pastikan koneksi internet stabil

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tidak bisa scan barcode PeduliLindungi  adalah dengan memastikan koneksi internat Anda stabil.

Apabila koneksi internet tidak stabil hal tersebut dapat mengganggu proses scanning barcode yang berjalan pada aplikasi tersebut.

advertisement

Gunakan WiFi atau ganti provider yang memiliki jaringan internet lebih stabil.

2. Menutup aplikasi di background

Terlalu banyak menjalankan aplikasi sehingga banyak aplikasi yang tidak tertutup sempurna dan masih berjalan di latar belakang. Hal ini juga bisa menjadi penyebab masalah yang timbil pada aplikasi PeduliLindungi.

Jadi sangat disarankan sebelum melakukan scan barcode PeduliLindungi, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background.

3. Memperbarui aplikasi

Masalah tidak bisa scan barcode PeduliLindungi juga bisa terjadi karena aplikasi tidak diperbaharui. Sehingga bug-bug yang ada pada aplikasi tersebut belum diperbaiki.

Oleh sebab itu, periksalah dan lakukan pembaharuan secara rutin pada aplikasi PeduliLindungi, supaya tidak terjadi error.

4. Membersihkan data cache

Banyaknya file dan aplikasi juga bisa menjadi penyebab aplikasi PeduliLindungi error, karena ruang penyimpanan ponsel juga semakin bertambah.

Untuk itu sangat disarankan, hapus aplikasi yang tidak penting, dan secara rutin membersihkan file cache yang menumpuk pada smartphone supaya smartphone lebih optimal menjalankan aplikasi PeduliLindungi.

Untuk menghapus data cache, Anda bisa buka menu pengaturan (Settings) pada smartphone. Tak perlu khawatir, menghapus data cache aman dilakukan karena data aplikasi, seperti data login, dan sebagainya tidak akan terhapus.

5. Log in secara berkala

Cara terakhir untuk mengatasi maslaah tidak bisa scan barcode peduli lindungi adalah dengan melakukan login (masuk) dan logout (keluar) di aplikasi PeduliLindungi secara berulang-ulang.

Hal ini untuk memancing aplikasi memberikan respons dengan cepat sehingga fungsi dapat berjalan normal kembali.

 

advertisement

Berita Baru

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Pernikahan Dini di Trenggalek Tinggi, Pemerintah Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek - Angka pernikahan dini di Trenggalek tak lain sama dengan jargon 'Meroket',...

Viral Hari ini

DPRD Palembang Pukul Wanita Karyawan SPBU: Saya Khilaf

Kabar Trenggalek - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang aniaya pegawai SPBU. Kegiatan keji...

Berita Terkait