BerandaNewsEkonomiSebanyak 17 Ribu Masyarakat Trenggalek Terima Bansos BLT Dana Desa 

Sebanyak 17 Ribu Masyarakat Trenggalek Terima Bansos BLT Dana Desa 

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT DD) di Trenggalek mulai disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Penyaluran Bansos BLT Dana Desa itu sudah masuk tahap pertama, Kamis (10/03/2022).

Merujuk pada data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Trenggalek, sebanyak 17.433 KPM tersebar di 14 Kecamatan dan 5 kelurahan serta 152 Desa.

advertisement

Bagi KPM di Trenggalek, setiap bulannya menerima Rp. 300 ribu, dan penyaluran tahap pertama ini disalurkan 3 bulan langsung. Mulai Januari, Februari, dan Maret. Sehingga, total setiap KPM menerima BLT DD sebesar Rp. 900 ribu.

Joko Susanto, Pelaksana Tugas (Plt) DPMD Trenggalek, mengatakan alokasi BLT DD secara keseluruhan sebesar Rp. 62.755.908.800. Jumlah tersebut adalah alokasi BLT DD tahun 2022.

“Jadi untuk Trenggalek sebanyak 17 ribu keluarga penerima manfaat, dan mulai bulan maret kemarin pihak desa menyalurkan bantuan tersebut,” kata Joko.

advertisement

Menurut Joko, landasan dasar penyaluran BLT DD adalah Peraturan Presiden (Perpres) 104 tahun 2021 tentang rincian belanja anggaran negara tahun anggaran 2022. Serta merujuk peraturan menteri keuangan PMK.07/ tahun 2021 tentang pengelolaan Dana Desa.

“Merujuk dua landasan dasar itu, pemerintah desa diwajibkan untuk mengalokasikan 40% Dana Desanya untuk BLT DD,” tegas Joko.

Joko berharap penyaluran BLT DD itu bisa cepat selesai. Dirinya menargetkan jika awal maret mulai disalurkan, dan akhir Maret 2022 semua sudah selesai dan diterima KPM.

“Kalau target kami satu bulan sudah tersalurkan, atau lebih cepat lebih baik, dan semoga dengan adanya BLT DD ini bisa membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

advertisement

Berita Baru

Sinopsis Jelangkung Sandekala dan Jadwal Tayang di Bioskop Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perasaan gembira saat berwisata tak selalu sesuai dengan realita. Ketika ingin...

Ramai Tolak Tambang Emas Trenggalek di Akun Twitter Emil Dardak, Ini Duduk Perkaranya

Kabar Trenggalek - Suara tolak tambang emas Trenggalek sempat ramai di twitter @EmilDardak, milik Emil...

Dituding Langgar Administrasi, KPU Trenggalek Tepis Gugatan Bawaslu 

Kabar Trenggalek - Cekcok pemahaman Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek Ke-828, Bupati Sebut Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Kabar Trenggalek - Peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Mochamad Nur Arifin, menyebut ada...

Berita Terkait