25.2 C
Trenggalek
Kamis, Desember 7, 2023

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Trenggalek Mulai Cair, Ini Kata Bupati

Kabar Trenggalek – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Bumi Menak Sopal Trenggalek mulai disalurkan kepada warga penerima manfaat, Rabu (09/03/2022).

Bantuan Langsung Tunai tersebut bersumber dari Peraturan Presiden (Perpres) 104 yang sempat menjadi kontroversi di kalangan Pemerintah Desa (Pemdes).

Kendati, dalam Perpres 104 itu tertuang penyaluran BLT dana desa itu dengan alokasi anggaran 40 persen dari jumlah dana desa yang dimiliki Pemdes.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin meminta untuk segera melaksanakan percepatan penyaluran BLT Dana Desa tersebut.

Baca JugaBuruh Pabrik Rokok Trenggalek Terima Bantuan Langsung Tunai Selama Empat Bulan

“Saya senang jika percepatan penyaluran BLT DD segera dilakukan, dan tentu acuannya sudah jelas di Perpres 104 tahun 2021,” kata Arifin saat meninjau penyaluran BLT DD di Desa Botoputih Kecamatan Bendungan.

Arifin saat peninjauan bantuan itu menemukan di Desa Botoputih yang melebihi ketentuan minimal dari Perpres 104, rincinya dengan total 590 juta untuk 166 penerima manfaat.

“Saya berterimakasih, bahwa dengan tersalurkan BLT DD yang lebih dari jumlah minimal 40%, karena benar-benar membantu masyarakat,” katanya.

Baca JugaCara Daftar dan Syarat Penerima BLT UMKM Rp. 600 ribu Tahun 2022

Camat Bendungan Jatmiko, menambahkan ada 2 desa di kecamatan yang menyalurkan BLT dana desa. Diantaranya Desa Boto Putih.

Sebanyak 166 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk data BLT DD. Setiap KPM mendapatkan uang sebesar Rp. 900 ribu, sehingga nilqi total BLT di desa ini sebesar Rp. 597.600.000.

“Selain Desa Boto Putih, Desa Srabah Kecamatan Bendungan juga menyalurkan bantuan yang sama dengan total BLT sebanyak 96 KPM dengan total nilai sebesar Rp. 345.600.000, tandas Jatmiko,” rinci Jatmiko.

ARTIKEL TERKAIT
MORE

POPULER